Sistem Informasi

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Pusat Pendidikan Sistem Informasi Berbasis Riset dan Bereputasi Internasional

Departemen Sistem Informasi ITS mempelajari pengembangan dan manajemen suatu sistem informasi, pemodelan proses bisnis, hingga integrasi sistem informasi. Selain meningkatkan ilmu perihal sistem informasi, mahasiswa juga belajar untuk menjadi kreatif dan inovatif, memiliki sifat kepemimpinan, terintegrasi, serta dapat bekerja dengan baik dalam sebuah tim. Departemen Sistem Informasi memiliki misi untuk memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik dalam hal sistem informasi, mengembangkan dan menerapkan sistem informasi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan negara, serta memberikan kepuasan dan kesejahteraan kepada sivitas Sistem Informasi.

Hingga saat ini Departemen Sistem Informasi ITS telah menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai terkait pengajar, fasilitas di dalam gedung, dan relasi yang ditawarkan. Pengajar yang disediakan berjumlah 37 orang dengan rincian 9 pengajar sebagai Laboratory MSI, 8 orang Laboratory SE, 6 orang Laboratory IKTI, 8 orang Laboratory RDIB, dan 6 orang Laboratori ADDI. Dan dalam menuntut ilmu, mahasiswa dapat memanfaatkan 5 ruang laboratorium sesuai bidang mata kuliah.

Selain memiliki kualitas pengajar dan fasilitas yang memadai kebutuhan pembelajaran, Departemen Sistem Informasi juga memiliki mahasiswa yang terus berprestasi dan mengharumkan nama ITS. Prestasi tersebut diantaranya meraih juara poster terbaik dalam lomba ASEAN-EU STI Days, section : smart cities & ICT systems for rural areas di Hanoi-Vietnam tahun 2016, peserta terbaik dalam 20 peneliti junior ASEAN dari kursus intensif manajemen teknologi (didukung oleh AUN/SEED-Net JICA) di tahun 2016, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2009 Departemen Sistem Informasi meraih penghargaan sebagai jurusan yang memiliki kerja sama terbanyak. Hal tersebut akhirnya mempengaruhi lulusan Departemen Sistem Informasi yang mudah memperoleh pekerjaan maupun menjadi enterpreneur. Beberapa bidang pekerjaan yang dapat menjadi acuan mahasiswa Departemen Sistem Informasi diantaranya IT Operation Staff, Dosen, Business Analyst, System Analyst, Aplication Developer, dan masih banyak lagi.

Program Studi Sarjana (S1)

Program ini akan memberikan ilmu mengenai empat peran , yaitu pengembang sistem informasi (IS Developer), konsultan dan integrator sistem, spesialis database, dan akademisi sistem informasi. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali keterampilan dalam merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi untuk organisasi, merancang pengembangan proyek dalam konteks sistem informasi secara komprehensif menggabungkan aspek infrastruktur IT (teknologi informasi),  seperti hardware, sofware, jaringan, data, hirarki organisasi, proses dan prosedur, sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi.

Program Studi Magister (S2)

Program ini akan memberikan ilmu mengenai empat peran , yaitu pengembang sistem informasi (IS Developer), konsultan dan integrator sistem, spesialis database, dan akademisi sistem informasi. Mahasiswa pasca sarjana sistem informasi akan disiapkan sebagai pemimpin dan innovator dalam kompetisi global bidang sistem informasi. Ketrampilan lainnya juga akan diberikan pada program ini seperti berpikir kritis dan analitis, kepemimpinan , komunikasi, bekerja dalam tim serta kreatif dalam pengembangan dan penerapan solusi sistem informasi.

Departemen Sistem Informasi menyediakan laboratorium bukan hanya sebagai sarana pendukung riset namun juga untuk membagi topik penelitian  :

Laboratorium Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi : Terdapat tiga elemen penting yang menjadi topik utama penelitian di laboratorium ini , yaitu akuisisi data, paradigma pengolahan, dan diseminasi informasi. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.

Laboratorium Rekayasa Data dan Intelegensi Bisnis : Laboratorium ini memiliki tujuan untuk menjadi pusat penelitian terkait pemanfaatan data yang mendukung analisis bisnis dan organisasi untuk bisa ditransformasi menjadi informasi bermakna serta pengetahuan sehingga berguna dalam pengambilan keputusan. Bidang-bidang keilmuan yang dicakup meliputi Computerized Decision Support, Data Management, Business Analytic, Knowledge Management dan Intelligent Systems. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.

Laboratorium Infrastruktur Sistem dan Teknologi Informasi : basis dan fokus penelitian terkait dengan Infrastruktur Teknologi Informasi (Fokus pada Middle Layer ke Bawah dari OSI Layer), Energi, Military Defense, Transportasi dan Logistik, Efisiensi melalui Monitoring Konsumsi Pemakaian Listrik, Peningkatan Pemanfaatan Potensi Laut melalui Pengembangan Teknologi pada Bidang Kemaritiman, Desain Arsitektur Software : Resilent Information Systems. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.

 

Departemen sistem informasi ITS mempunyai kolaborasi dengan pemerintah serta institusi pendidikan melalui penelitian dan menjadi partisipan dalam seminar nasional atau internasional. Departemen ini juga akan terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di bidang sistem informasi untuk mendukung visi, misi dan sasaran departemen sistem informasi.

Sistem Informasi

Pelajari lebih lanjut semua tentang Sistem Informasi ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Sistem Informasi ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image