Informatika

Menjadi Inovator Bidang Informatika Bereputasi Internasional

Departemen Informatika ITS mencetak mahasiswa yang siap memenuhi kebutuhan akan ahli informatika, baik di Indonesia maupun di dunia internasional. Dalam perkuliahan, mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman terkait komputer, pemrograman terstruktur, dan dalam tahap sarjana mahasiswa berhak memilih program studi yang disediakan. Macam program studi yang dapat diambil oleh mahasiswa, diantaranya adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Komputing. Mahasiswa tak hanya mendapatkan pengetahuan, namun juga pengalaman kerja profesional lewat mata kuliah Kerja Praktek.

Departemen Informatika ITS memiliki 30 orang pengajar dengan kualifikasi enam dosen bergelar doktor dan sisanya bergelar magister. Selain mendapatkan pengajar yang berkualitas, mahasiswa juga disediakan lima laboratorium yang menunjang kegiatan pembelajaran. Laboratorium itu diantaranya adalah Laboratorium Pemrograman, Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer, Laboratorium Rekayasa dan Perangkat Lunak, Laboratorium Sistem Informasi, dan Laboratorium Komputing.

Informatika selalu menjadi departemen paling favorit di ITS. Setiap tahun, pendaftar pada departemen ini mencapai lebih dari 5000 siswa dari berbagai daerah dan memperebutkan sekitar 200 kuota. Sehingga, Departemen Informatika juga menjadi salah satu departemen dengan tingkat ketetatan paling tinggi, yaitu hanya 4 persen yang diterima. Karya-karya yang dihasilkan mahasiswanya seringkali meraih penghargaan di berbagai kompetisi, seperti Pagelaran Mahasiswa di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik), Imagine Cup, dan kompetisi pemrograman tingkat internasional. Pada 2015, salah satu mahasiswa Departemen Informatika ITS berhasil menjadi Juara 1 Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional.

Di era digital ini, Informatika menjadi bidang yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Lapangan pekerjaan yang bisa diisi oleh alumni Departemen Informatika ITS diantaranya adalah perekayasa software, konsultan IT, web engineer, perekayasa jaringan komputer, programmer, dan game developer. Selain di bidang profesional, alumni Departemen Informatika ITS juga bekerja di sektor pendidikan, kewirausahaan, dan menjadi peneliti di lembaga penelitian.

Program Studi Sarjana (S1)

Program ini dapat ditempuh selama empat (4) tahun dan beban 144 SKS. Mahasiswa akan diberikan pilihan mata kuliah pilihan pada semester untuk menentukan program peminatan. Departemen informatika ITS menawarkan delapan (8) bidang keahlian, yang terdiri dari Komputasi Cerdas dan Visi (KCV), Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Dasar dan Terapan Komputasi (DTK), Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK), Algoritma dan Pemrograman (AP), Interaksi, Grafika dan Seni (IGS), dan Manajemen Informasi (MI).

Program Double Degree Sarjana (S1)

Program ini disediakan bagi mahasiswa program studi sarjana (S1) Teknik Informatika. Departemen informatika ITS mengadakan kerjasama dengan tiga universitas yaitu The University of Queensland, University of Newcastle, dan Fontys University. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.

Program Studi Magister (S2)

Program ini menawarkan tiga (3) bidang keahlian , yang terdiri dari Komputasi Cerdas dan Visualisasi , Komputasi Berbasis Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak. Program ini dapat diselesaikan dalam kurun waktu dua (2) tahun. Memasuki semester ke-2, mahasiswa menyelesaikan tesis sebagai hasil penelitian mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan sesuai ilmu informatika dan bidang keahlian yang dipilih.

Program Studi Doktoral (S3)

Program doktoral telah mulai dibuka sejak tahun 2011/2012.

Sebagai upaya dalam meningkatkan peran dalam perkembangan bidang informatika, Departemen  Informatika ITS melakukan sejumlah penelitian dan publikasi di jurnal nasional dan internasional. Diharapkan dari program ini, Departemen Informatika ITS memberikan hasil yang inovatif, bermutu dan bermanfaat. Departemen juga memiliki fasilitas pendukung seperti laboratorium yang terdiri dari :

  1. Laboratorium Pemograman : Di laboratorium ini diselenggarakan praktikum Pemrograman Terstruktur, Algoritma dan Struktur Data, serta Basis Data. Workshop ini juga berfungsi sebagai common support bagi kebutuhan penggunaan komputer.
  2. Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK) : Pada laboratorium ini diselenggarakan praktikum Sistem Digital, Sistem Operasi, serta Jaringan Komputer. Pekerjaan tugas mata kuliah, tugas akhir, penelitian dalam bidang desain dan manajemen jaringan, Jaringan Nirkabel & Komputasi Bergerak, dan untuk kegiatan penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  3. Laboratorium Komputasi Berbasis Jaringan (Net Centric Computing) : Untuk kegiatan penelitian dalam bidang Sistem Terdistribusi, Teknologi antar Jaringan, Jaringan Multimedia, Komputasi Grid, dan Teknik Kompresi.
  4. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)  : Untuk kegiatan penelitian dalam bidang Animasi Komputer, Audit Perangkat Lunak, Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak, Evolusi Perangkat Lunak Pembuatan Game, Pemrograman Perangkat Mobile dan Realitas Virtual.
  5. Laboratorium Sistem Cerdas  : Kegiatan penelitian dalam bidang Sistem Temu Kembali Informasi, Pengenalan Pola, Data Mining, Data Warehousing, Kecerdasan Komputasional, Simulasi, Optimasi.
  6. Workshop Pascasarjana : Workshop ini digunakan untuk pengembangan aktivitas penelitian mahasiswa yang bersifat umum. Untuk aktivitas khusus diarahkan masuk ke dalam laboratorium pada masing-masing bidang minat terkait.
  7. Laboratorium Interaksi, Grafika, dan Seni (IGS) : Untuk kegiatan penelitian dalam bidang visi komputer dan pengolahan citra digital
  8. Laboratorium Otomasi dan Simulasi
  9. Laboratorium Rekayasa Sistem Berbasis Pengetahuan

Departemen Informatika ITS mengadakan program double degree dengan tiga universitas , yaitu  The University of Queensland, University of Newcastle, dan Fontys University. Skema pendidikan yang ditawarkan berbeda setiap universitas, mahasiswa dapat memilih sesuai minatnya. Hingga saat ini Departemen Teknik Informatika juga telah menjalin kerjasama dengan Kumamoto University – Jepang, Hiroshima University – Jepang, program S2 bersama Fontys University – The Netherland, InHolland University – The Netherland, NTUST – Taiwan; Kerjasama Penelitian bersama Nokia, dan Indosat.

Pendidikan Informatika dan Komputer Terapan (PIKTI)

Program ini menawarkan program pembelajaran selama satu tahun. PIKTI akan ditempuh selama 2 semester, dan mahasiswa akan mendapatkan bimbingan praktek melalui workshop. Fasilitas unggulan lain yang ada di PIKTI adalah setiap mahasiswa dapat mengikuti Program Sertifikasi Kompetensi secara gratis untuk suatu kompetensi tertentu , sertifikat akan diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini berguna bagi para lulusan PIKTI ITS untuk mendapat legalitas pengakuan kompetensi secara nasional sehingga mampu bersaing di dunia kerja. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Informatika melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Informatika.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image