Teknik Mesin

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mencetak Engineer Mesin Terbaik Masa Depan

Bidang Teknik Mesin beroperasi di batas pengetahuan tentang sains dan engineering, mengeksplorasi berbagai penerapan ilmu mulai dari konversi energi, desain, manufaktur hingga metalurgi. Teknik Mesin mempelajari prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Oleh karena itu, mahasiswa teknik mesin harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Kurikulum Departemen Teknik Mesin disusun untuk memberikan dasar yang kuat dengan ilmu sains dan teknik serta implementasinya dalam bidang keteknikan dan disusun dengan standar internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Departemen Teknik Mesin mencanangkan program pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan peran laboratorium sesuai dengan konsep lab-based education (LBE). Atmosfer akademis dan kepercayaan diri yang terbentuk setelah terpercaya mengelola Proyek Bank Dunia untuk pengembangan Program Studi (QUE Project) telah memotivasi Program Studi ini untuk terus berkembang secara berkelanjutan. Dengan pencapaian terdahulu dan  saat ini, departemen ini telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan akreditasi tertinggi, yakni A.

Departemen Teknik Mesin ITS berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi melalui kegiatan akademik intensif dan keterlibatan pengalaman industri. Dengan slogan uber alles, Mahasiswa Teknik Mesin ITS selalu terpacu untuk menjadi yang terbaik dalam semua bidang baik di ITS maupun tingkat internasional. Pelopor skuter listrik pertama di Indonesia, Dr Nur Yuniarto ST merupakan salah satu pelopor dan inovator yang lahir dari Teknik Mesin ITS.

Menjadi salah satu departemen tertua di ITS, tak heran apabila jaringan alumni teknik mesin ITS telah sangat kuat, dengan alumni tersebar di berbagai sektor mulai dari industri, pertambangan, otomotif hingga pemerintahan. Misalnya Arif Wibowo yang menjabat Presiden Direktur dan CEO Citilink, salah satu maskapai penerbangan ternama di Indonesia. Juga Siswanto Prawiroatmojo, Presiden Direktur dan CEO PT Astra Otoparts, atau Ibnu Susilo, sang CEO PT Fin Komodo yang mendesain dan memproduksi Komodo, mobil off-road seratus persen buatan Indonesia.

Sebagai salah satu departemen paling tua di ITS, Teknik Mesin ITS telah mengembangkan departemennya menjadi berbagai program studi. Di Departemen Teknik Mesin, terdapat program studi sarjana dan pascasarjana yang terdiri atas program master dan doktor.

Program Studi Sarjana (S1)

Program sarjana Teknik Mesin ITS merupakan salah satu program teknik mesin terbaik dalam negeri. Dengan sistem pendidikan berstandar internasional, Teknik Mesin ITS mencetak lulusan yang kompeten dalam ilmu pengetahuan, teknologi serta memiliki moral dan etika yang baik. Selain itu, mahasiswa Departemen Teknik Mesin ITS juga digembleng agar memiliki hasil penelitian berkualitas yang mampu membantu masalah riil dalam industri dan masyarakat dan menembus berbagai publikasi ilmiah baik regional maupun internasional.

Program Studi Magister (S2)

Sejak tahun 1993, program master Teknik Mesin telah hadir di ITS. Pendidikan Program Magister Teknik Mesin bertujuan untuk menghasilkan tenaga akademik dan tenaga profesional yang mempunyai latar belakang ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat dengan kemampuan analisis yang tajam. Lulusan program pendidikan Magister diharapkan mempunyai kemampuan yang lebih saintifik pada bidang keahliannya, dalam menjalankan profesinya, untuk penelitian dan pengembangan, maupun untuk pendidikan lebih lanjut.

Mahasiswa pascasarjana Teknik Mesin ITS dibimbing oleh 34 staf pengajar dengan kualifikasi 4 orang Profesor, 19 orang Doktor,serta 11 Master. Kegaiatan riset untuk mahasiswa master didukung oleh 9 laboratorium dan bengkel, ruang baca dengan lebih dari 5000 bahan pustaka, 10 jurnal ilmiah internasional, 10 jurnal ilmiah nasional, termasuk sambungan Internet serta fasilitas lain.

Program Studi Doktoral (S3)

Selama 53 tahun berdiri, Departemen Teknik Mesin ITS yang terdiri dari bidang studi: konversi energi, desain, teknik manufaktur dan metalurgi, telah tumbuh dipercaya mengelola berbagai proyek berkelas dunia. Dengan prestasi tersebut, Departemen Teknik Mesin ikut berperan serta dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu dengan melaksanakan Program Doktor. Program ini terdiri atas pendidikan kemampuan pokok, pendidikan kompetensi khusus dan penelitian. Program ini dirancang untuk menghasilkan publikasi ilmiah berkualitas, orisinil, melalui penelitian yang memberikan kontribusi signifikan terhadap permasalahan teknik mesin. Program Doktor Teknik Mesin hadir sebagai pusat pendidikan, penelitian, pengembangan, dan informasi iptek bidang teknik mesin yang berkualitas dan berprestasi internasional. Lulusan program doktor Teknik Mesin juga digembleng untuk memiliki kemampuan analisis yang tajam, mampu menghasilkan produk ilmiah yang berkualitas dan bereputasi internasional.

Riset di Departemen Teknik Mesin telah diakui kualitasnya baik dalam negeri maupun luar negeri. Dosen dan mahasiswa Teknik Mesin didorong untuk selalu membuat riset yang aplikatif dan bermanfaat dalam kehidupan manusia. Dari Departemen Teknik Mesin, lahir dua Pusat Unggulan Inovasi (PUI) yakni PUI Sistem Kerja Otomasi dan PUI Mekatronika dan Automasi Industri yang menjadi unggulan Kemenristekdikti Indonesia.

Selama periode 2015 – 2016 Teknik Mesin telah menjalin 22 kerjasama dengan industri untuk menghilirisasi penelitian di Teknik Mesin menjadi produk industri. Lewat penelitian Teknik Mesin yang sudah maju, Teknik Mesin telah menjalin kerjasama bersama berbagai instutusi pendidikan dan perusahaan seperti PT Garasindo, WIKA, NTUST dan berbagai institusi lainnya. Untuk kolaborasi teknik mesin selengkapnya bisa dilihat disini.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Mesin ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Mesin ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image