Teknik Komputer

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Menyiapkan Perekayasa Komputer yang Unggul

Teknik komputer adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) dari sistem komputasi modern, peralatan yang dikontrol komputer, dan jaringan perangkat cerdas. Ilmu ini mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Di Departemen Teknik Komputer ITS, mahasiswa dilatih untuk menyelesaikan persoalan di sekitar menggunakan pendekatan komputer. Adapun peminatan pada departemen ini adalah telematika, teknologi permainan (game technology), sistem real time, dan rekayasa jaringan.

Departemen Teknik Komputer ITS memiliki 18 tenaga pengajar tetap. Terdiri dari satu orang bergelar profesor, tujuh orang bergelar doktor, dan sisanya bergelar magister. Para dosen mengembangkan penelitian mutakhir untuk menjawab permasalahan dari pendekatan komputer. Di antara penelitian unggulan yang dimiliki dosen Teknik Komputer adalah menciptakan game Gatoel (gamelan totoel). Permainan ini memungkinkan gamelan sebagai alat musik tradisional Indonesia, dapat dinikmati secara virtual. Selain itu, terdapat juga penelitian mengenai augmented reality yang diaplikasikan dalam dunia pendidikan, industri, dan kebudayaan. Pada 2017, salah satu dosen Teknik Komputer juga menjadi dosen dengan publikasi ilmiah terbanyak yang terindeks Scopus di ITS dan berada pada lima besar di Indonesia.

Teknik Komputer hampir selalu menjadi departemen dengan tingkat seleksi paling ketat di ITS. Rata-rata, hanya 5 persen mahasiswa yang diterima di departemen ini setiap tahunnya. Mahasiswa Departemen Teknik Komputer juga banyak berkiprah mengharumkan nama ITS di kancah nasional maupun internasional. Di antaranya adalah terlibat menjadi periset dan meraih juara tiga dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia, juara satu Kontes Robot Seni Indonesia, dan juara satu kompetisi hacking server SNMPTN. Di kancah internasional, mahasiswa Departemen Komputer juga berperan dalam kemenangan Tim Robot Ichiro ITS dalam kompetisi bergengsi Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) di Beijing, China pada 2016.

Pekerjaan yang berhubungan dengan komputer semakin berkembang di era internet of things. Berbagai ide inovatif untuk membantu memudahkan manusia dan memecahkan permasalahan kompleks semakin bermunculan. Menjamurnya startup yang bergerak di bidang teknologi informasi menjadi ladang karir yang menjanjikan bagi lulusan teknik komputer. Departemen Teknik Komputer ITS memiliki prospek karir yang luas, mulai dari menjadi pengembang software, analis, konsultan IT, ahli jaringan, robotic engineer, hingga keamanan sistem.

Program Studi Sarjana (S1)

Mahasiswa program ini akan mendapatkan mata kuliah yang sama pada tahun pertama , sedangkan tahun kedua sampai tahun keempat mahasiswa akan difokuskan pada mata kuliah sesuai bidang minat yang dipilih. Bidang minat yang disediakan oleh Departemen Teknik Komputer adalah :

  1. Telematika, bidang ini fokus pada sinyal, gambar dan proses video.
  2. Teknologi Permainan (Games), bidang ini fokus pada teknologi permainan dan aplikasinya
  3. Real Time System, bidang ini fokus pada real time system dan aplikasinya
  4. Rekayasa Jaringan, bidang ini fokus pada teknologi jaringan dan internet.

Bidang penelitian di Departemen Teknik Komputer didukung oleh sarana laboratorium yang dilengkapi dengan pendingin, televisi, dan wifi sehingga mahasiswa dapat dengan bebas melakukan improvisasi kompetensi yang dimilikinya. Laboratorium yang disediakan terdiri dari :

  1. Laboratorium Telematika , mempunyai bidang penelitian tentang Pengembangan games dan aplikasi, Embedded System and Mobile Development, Pengembangan Jaringan dan Keamanan, Pengembangan Multimedia
  2. Laboratorium Proses Sinyal Digital
  3. Laboratorium Komputasi Multimedia

Kolaborasi yang telah dilakukan dengan industri seperti PT. Telkom Indonesia, Kampung Animasi Malang, PT. Duta Data, Parahita dan PT Solusi 24/7 serta pemerintahan seperti SEAMOLEC, BPPTP Malang dan Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Komputer ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Komputer ITS.

Memajukan IPTEKS di Bidang Teknik Komputer

Departemen Teknik Komputer memiliki visi untuk menjadi institusi pencetak lulusan yang unggul dan inovatif pada bidang teknik komputer serta menjadi pusat pengembangan IPTEK yang diakui secara global.

Image
Image
Image
Image