Teknik Elektro

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Kontribusi yang Tinggi dalam Pengimplementasian Teknologi

Teknik Elektro adalah bidang ilmu profesional yang mempelajari aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet. Di Departemen Teknik Elektro ITS, dosen dan mahasiswa ditantang untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan kedokteran, energi, dan lingkungan. Departemen Teknik Elektro ITS juga berkomitmen mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional unggul dan memfasilitasi mahasiswa untuk meraih tujuan sebagai ahli teknik elektro. Mahasiswa diarahkan untuk menekuni satu dari empat bidang yang dimiliki Departemen Teknik Elektro ITS. Di antaranya adalah teknik sistem tenaga, telekomunikasi multimedia, elektronika, dan teknik sistem pengaturan.

Sebanyak 83 ilmuwan dan perekayasa menjadi dosen di Departemen Teknik Elektro ITS. Sembilan di antaranya bergelar professor, 33 bergelar doktor, dan sisanya bergelar magister. Dosen Departemen Teknik Elektro juga sangat produktif menghasilkan riset dan publikasi. Data yang diperbaharui secara real time di Scopus, menempatkan tiga dosen Teknik Elektro ITS dalam lima besar dosen ITS dengan publikasi terbanyak dan h-indeks tertinggi. Salah satu dosen Teknik Elektro ITS juga pernah dinobatkan menjadi juara pertama dosen berprestasi tingkat nasional. Teknik Elektro juga menjadi departemen yang paling banyak melahirkan doktor di ITS.

Departemen Teknik Elektro adalah salah satu departemen terbesar di ITS. Setiap tahunnya, departemen ini menerima sekitar 160 mahasiswa program sarjana. Mahasiswa yang diterima di Departemen Teknik Elektro telah bersaing dengan lebih dari 5000 calon mahasiswa dari seluruh tanah air. Sehingga Teknik Elektro menjadi salah satu departemen favorit dengan keketatan tertinggi di ITS. Berdasarkan statistik pendaftar dan kuota yang dimiliki, hanya 4 persen saja dari pendaftar yang diterima di Teknik Elektro ITS. Departemen Teknik Elektro juga menjadi rumah bagi mahasiswa-mahasiswi cemerlang di ITS. Setiap tahun, gelar mahasiswa berprestasi ITS selalu didominasi dari departemen ini.

Alumni Departemen Teknik Elektro banyak berkiprah menyelesaikan persoalan di tanah air. Di antara mereka banyak yang mendudukui jabatan penting sebagai perekayasa profesional, pemimpin industri, politik dan pelayanan publik, akademisi, peneliti, dan birokrasi pendidikan. Beberapa perusahaan yang dipimpin oleh alumni Teknik Elektro ITS di antaranya adalah PT Semen Baturaja, PT Semen Padang, PT Pertamina, Telkom, Indosat, SAP Indonesia, dan Serambi Ilmu Semesta. Selain tu, di bidang pendidikan, alumni Teknik Elektro ITS, Prof Dr Mohammad Nuh, DEA juga pernah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Program Studi Sarjana (S1)

Program studi sarjana di Departemen Teknik Elektro ITS ditempuh dalam waktu delapan semester atau empat tahun. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa Departemen Fisika ITS perlu menyelesaikan 144 Satuan Kredit Semester (SKS) selama kuliah dan mengikuti ujian TOEFL dengan nilai minimum 477. Pada semester empat, mahasiswa diwajibkan memilih salah satu bidang studi di Departemen Teknik Elektro, yaitu teknik sistem tenaga, telekomunikasi multimedia, elektronika, studi teknik sistem pengaturan. Informasi lebih lanjut dapat diakses di sini.

Program Studi Magister (S2)

Program studi magister di Departemen Teknik Elektro ITS ditempuh dalam waktu empat semester atau dua tahun dengan beban studi 36 Satuan Kredit Semester (SKS). Program magister Teknik Elektro ITS bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan para pesertanya dalam bidang Teknik Elektro. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat dimanfaatkan secara mandiri dalam mengembangkan ilmu dan teknologi elektro di bidang pendidikan, penelitian, dan industri. Program magister di Departemen Teknik Elektro memiliki tujuh peminatan, yaitu teknik sistem tenaga, telekomunikasi multimedia, elektronika, sistem pengaturan, jaringan cerdas multimedia, telematika, dan telematika untuk pengelola TIK. Bidang minat terakhir dikhususkan bagi mahasiswa program kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Informasi lebih lanjut bisa diakses di sini.

Program Studi Doktoral (S3)

Bagian pokok program studi doktoral di Departemen Teknik Elektro ITS pada dasarnya adalah kegiatan penelitian, yang memberikan sumbangan baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang elektro. Lama pendidikan adalah tiga tahun dengan bobot mata kuliah total 40 SKS, terdiri dari 28 SKS mata kuliah kompetensi utama dan 12 SKS kompetensi pendukung. Mata kuliah kompetensi utama meliputi aktivitas disertasi yang mencakup penelitian dan publikasi paling sedikit pada satu jurnal nasional terkreditasi dan satu publikasi pada jurnal internasional. Di akhir masa studi, terdapat ujian akhir dalam bentuk seminar dengan mempertahankan disertasi di hadapan dewan penguji. Informasi lebih lanjut dapat diakses di sini.

Riset pada bidang ini diarahkan pada teknik konversi energi, teknik transmisi dan distribusi tenaga listrik, sistem interkoneksi, teknik pengaturan dan pengaman, serta penggunaan komputer untuk penghitungan perencanaan. Terdapat lima laboratorium yang melakukan riset bidang teknik sistem tenaga, yaitu:

  • Laboratorium Listrik Dasar
  • Laboratorium Simulasi Sistem Tenaga Listrik
  • Laboratorium Instrumentasi Pengukuran dan Identifikasi Sistem Tenaga
  • Laboratorium Tegangan Tinggi
  • Laboratorium Konversi Energi Listrik.

Komunikasi Multimedia

Di bidang ini, para peneliti memfokuskan riset pada sistem komunikasi, teknik pengiriman dan penerimaan sinyal informasi, transmisi dan propagasi gelombang elektromagnetik, perencanaan pemancar dan penerima, serta penggunaan mikroprosessor dalam pengolahan sinyal informasi. Laboratorium yang mendukung riset bidang komunikasi multimedia adalah:

  • Laboratorium Jaringan Telekomunikasi
  • Laboratorium Komunikasi Multimedia
  • Laboratorium Antena dan Propagasi

Elektronika

Bidang elektronika diarahkan untuk meneliti rangkaian dan komponen elektronika, rangkaian integrasi, perencanaan peralatan elektronika, teknik pembuatan komponen, serta penggunaan elektronik dalam industri dan biomedika. Empat laboratorium yang menunjang riset ini adalah:

  • Laboratorium Elektronika Terapan
  • Laboratorium Elektronika Industri
  • Laboratorium Elektronika Biomedika
  • Laboratorium Elektronika Dasar

Teknik Sistem Pengaturan

Di bidang ini, para peneliti ITS melakukan riset tentang model matematika, dinamika sistem, komponen dan peralatan pengatur, pengaturan dengan komputer, perencanaan dan analisis model sistem, teknik pengaturan optimal, teknik pengaturan digital, dan teknik robot. Adapun laboratorium pada bidang ini berjumlah empat, yaitu:

  • Laboratorium Teknik Sistem dan Cybernetics
  • Laboratorium Otomasi dan Informatika Industri
  • Laboratorium Programmable Logic Controller
  • Laboratorium Teknik Pengaturan

Teknik Komputer dan Telematika

Di bidang komputer dan telematika, penelitian diarahkan untuk mempelajari perangkat lunak dan perangkat keras komputer, sistem logika, penggunaan logika dalam rancang bangun komputer, pemakaian komputer sebagai alat pemroses data dan pembuatan program, dan analisis hasil program. Empat laboratorium yang menunjang riset ini adalah:

  • Laboratorium Komputer dan Otomasi
  • Laboratorium Telematika
  • Laboratorium Komputasi Multimedia
  • Laboratorium Pengolahan Sinyal Digital

Sebagai salah satu departemen tertua di ITS, Teknik Elektro telah menjalin kerja sama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun luar negeri. Di bidang pendidikan, Departemen Teknik Elektro menjalin kerja sama program gelar ganda (double degree), baik untuk sarjana, magister, maupun doktoral. Beberapa institusi mitra untuk double degree di antaranya adalah Fontys University di Belanda, Hochschule Darmstadt University of Applied Sciences di Jerman, Kumamoto University di Jepang, INSA Rennes di Perancis, Polytechnic Nantes di Perancis, dan Bourgogne University di Perancis. Selain program double degree, kerja sama juga dilakukan melalui joint research, magang, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta konferensi internasional bersama.

Selain double degree, kerja sama bidang pendidikan juga dilakukan dengan berbagai mitra, seperti program beasiswa sarjana kerja sama dengan Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan serta Kementerian Agama. Selain itu juga terdapat program beasiswa magister bidang game technology dengan Pinjaman Komersial Luar Negeri dan program magister dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di bidang industri, Departemen Teknik Elektro ITS juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti PT Semen Gresik, Pertamina, PT Conoco Phillips, PT Chevron Pasific Indonesia, PT Kaltim Daya Mandiri, dan PT Pusri. Sedangkan dengan pemerintahan, institusi yang telah menjalin kerja sama di antaranya adalah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Riau.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Elektro ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Elektro ITS.

Mencetak SDM yang Berkompeten di Bidang Teknik Elektro

Departemen Teknik Elektro memiliki visi untuk mengembangkan pendidikan, penelitian, dan implementasi IPTEK di bidang: Teknik Sistem Tenaga, Telekomunikasi Multimedia, Elektronika, Teknik Sistem Pengaturan, Teknik Sistem Komputer dan Telematika.

Image
Image
Image
Image