Teknik Biomedik

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mencetak Inovator Ilmu dan Teknologi Biomedis

Teknik Biomedik adalah ilmu yang mempelajari prinsip rekayasa yang diaplikasikan pada biologi dan kedokteran untuk tujuan pelayanan kesehatan. Departemen Teknik Biomedik ITS dibentuk untuk mencetak generasi penerus yang memiliki kemampuan analisis dan sintesis yang kuat dalam bidang spesialisasi instrumentasi biomedik, pengolahan sinyal biomedik, biomekanika, kontrol biomedik, dan biomaterial. Dengan kemampuan tersebut, lulusan Teknik Biomedik ITS diharapkan mampu memenuhi tantangan dunia kerja di bidang desain peralatan medis, pengolahan sinyal dan citra medis, teknik klinis, rehabilitasi medis, serta teknologi bantuan untuk individu yang berkebutuhan khusus.

Departemen Teknik Biomedik ITS ditunjuk oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menjadi pusat keunggulan penelitian biomedik di Indonesia bersama ITB, UGM, dan UI. Dengan demikian, departemen ini memiliki tenaga pengajar unggul yang berkompeten di bidangnya, yang terdiri dari 11 dosen. Satu dosen bergelar profesor, dua dosen bergelar doktor, dan sisanya bergelar magister. Beberapa di antaranya adalah guru besar peraih penghargaan dan berpengalaman berkecimpung dalam pemerintahan dan industri. Para dosen juga aktif melakukan penelitian, yang dipusatkan pada mekanisme komputasi, komunikasi dan sistem kontrol pada sistem biologis, dan aplikasinya pada bidang biologi, elektronika dan mekanika.

Teknik Biomedik adalah salah satu departemen dengan persaingan masuk paling ketat di ITS. Setiap tahun, departemen ini hanya menerima 3 persen dari pendaftar. Mahasiswa Teknik Biomedik juga memiliki kualifikasi yang unggul. Dengan pendidikan yang mereka terima, para mahasiswa ditantang untuk menyelesaikan problem kesehatan di tanah air, seperti menciptakan organ buatan dan alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Meskipun relatif baru, Departemen Teknik Biomedik memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Sebagai negara berkembang, Indonesia membutuhkan lebih banyak pakar di bidang ilmu dan teknologi kesehatan. Beberapa instansi yang dapat menjadi peluang karir bagi lulusan Teknik Biomedik adalah rumah sakit, laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan obat atau farmasi, lembaga penelitian, pengembang perangkat lunak untuk kesehatan, dan tenaga pengajar di universitas.

Program Studi Sarjana (S1)

Program Studi Sarjana Teknik Biomedik ITS memiliki kapasitas 50 mahasiswa. Mahasiswa program ini akan dibeirkan kemampuan dalam bidang Instrumentasi Biomedik, Pengolahan Sinyal Biomedik, Biomekanika, Kontrol Biomedik, Biomaterial, dan lainnya.

Kegiatan penelitian pada program studi ini memusatkan perhatian pada mekanisme komputasi, komunikasi dan sistem kontrol pada sistem biologis, dan aplikasinya pada bidang biologi, elektronik dan mekanika. Departemen Teknik Biomedik memiliki berbagai penelitian yang dipublikasikan di berbagai seminar dan jurnal berreputasi antara lain ICSSE, CSAE, IEICE, MEDICON, SENTIA, IREE dan iSITIA. Departemen Teknik Biomedik juga menyediakan laboratorium sebagai sarana pendukung kegiatan penelitian , yaitu :

  1. Laboratorium Elektronika Biomedika (B205), memiki fasilitas untuk mengembangkan sistem instrumentasi dan pengolahan sinyal biomedWika.
  2. Laboratorium Biocybernetics (AJ203), memiliki fasilitas untuk mengembangkan sistem rehabilitasi medis dan biocybernetics.

Departemen Teknik Biomedik memiliki kerjasama dengan berbagai universitas di dalam dan luar negeri meliputi Universitas Padjajaran Bandung, Groningen University dan Tohoku University. Departemen Teknik Biomedik menerima internship student, maupun kunjungan dan inisiasi kerjasama dari universitas di dalam dan luar negeri.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Biomedik ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Biomedik ITS.

Aktif Memajukan Bidang Ilmu Teknik Biomedik

Departemen Teknik Biomedik ITS memiliki visi untuk menjadi unggul dan berkelas dunia dalam pendidikan dan penelitian Teknik Biomedik

Image
Image
Image
Image