Teknik Sipil

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Menjadi Pusat Sumber Daya Teknik Sipil di Indonesia

Departemen Teknik Sipil ITS mengusung visi untuk menjadi pusat rujukan bidang Teknik Sipil di Indonesia yang menunjang pembangunan infrastruktur yang inovatif dan bereputasi internasional. Departemen ini memiliki enam fokus bidang keahlian yang dapat dipilih sesuai minat dan kemampuan mahasiswa, yaitu Geoteknik, Struktur, Manajemen Proyek Konstruksi (MP), Manajemen dan Rekayasa Sumber Air (MRSA), Manajemen dan Rekayasa Transportasi (MRT), dan Manajemen Aset (khusus kerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum). Mahasiswa akan dididik menjadi lulusan teknik yang mampu bekerja sama dalam kelompok untuk merancang infrastruktur yang ramah lingkungan, mempunyai keterampilan kewirausahaan, dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk memperbaiki diri berdasarkan filosofi pembelajaran seumur hidup.

Departemen Teknik Sipil ITS didukung oleh 92 staf pengajar dengan kualifikasi: 9 orang Profesor, 15 orang Doktor,serta 68 Master. Sarana penunjang yang tersedia di gedung departemen terdiri dari ruang kuliah, 6 Laboratorium, ruang baca dengan lebih dari 6000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional, sambungan internet serta fasilitas penunjang lain.

Mahasiswa departemen ini mampu bekerja dalam kelompok untuk melakukan desain teknik sipil dengan perencanaan berkelanjutan dari subjek yang berhubungan seperti bangunan umum, bangunan industri, dan struktur jembatan; pasokan air dan struktur hidrolik, sarana transportasi dan sarana pendukung, struktur geoteknik, dan sistem manajemen proyek. Mereka dibimbing untuk memiliki kompetensi sebagai insinyur sipil profesional masa depan.

Alumni departemen teknik sipil dapat bekerja sebagai kontraktor, konsultan yang berkaitan dengan perencanaan lengkap konstruksi bangunan sipil, tenaga pengajar dan kependidikan di perguruan tinggi negeri dan swasta. Beberapa alumni dari departemen ini diantaranya Kiswo Darmawan (Presiden Direktur dan CEO Adhi Karya), Hanif (Desainer struktur gedung di Sharjah-Dubai, Uni Emirat Arab), M. Choliq (Presiden Direktur dan CEO Waskita Karya), dan Danet Suryatama (CEO ElektrikCar).

Program Studi Sarjana (S1)

Program studi sarjana di Departemen Teknik Sipil ITS ditempuh dalam waktu delapan semester atau empat tahun. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa Departemen Teknik Sipil ITS perlu menyelesaikan 144 Satuan Kredit Semester (SKS) selama kuliah dan mengikuti ujian TOEFL dengan nilai minimum 477.

 

Program Studi Magister (S2)

Program studi magister di Departemen Teknik Sipil ITS ditempuh dalam waktu empat semester atau dua tahun dengan beban studi 36 Satuan Kredit Semester (SKS). Kegiatan akademik untuk program magister di Departemen Teknik Sipil ITS meliputi perkuliahan, kegiatan riset di laboratorium, diskusi dan seminar, serta penelitian tesis.

 

Program Studi Doktoral (S3)

Bagian pokok program studi doktoral di Departemen Teknik Sipil ITS pada dasarnya adalah kegiatan penelitian yang memberikan sumbangan baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pendidikan program doktor diawali dengan kegiatan perkuliahan, kemudian dilanjutkan dengan ujian kualifikasi sebelum penelitian untuk disertasi dilakukan.

Riset di Departemen Teknik Sipil ITS didukung oleh laboratorium dan peralatan yang memadai untuk menunjang aktivitas pembelajaran mahasiswa, memfasilitasi penelitian staf akademik, maupun memperkuat peran sebagai konsultan dalam industri. Fasilitas yang dimiliki Departemen Teknik Sipil ITS untuk mendukung riset diantaranya:

  • Laboratorium Hidroteknik dan Pantai
    Laboratorium ini melakukan riset di bidang:

      1. Analisis Sedimen, Suspended untuk sungai/laut, Suspended Load, Bed Load
      2. Sabo dam, pengendalian banjir, pengamanan pantai, model fisik sungai/waduk, model matematika, jaringan irigasi beserta bangunannya
      3. Studi-studi yang berhubungan dengan pantai, sungai, waduk, dan amdal

 

  • Laboratorium Perhubungan dan Bahan Konstruksi Jalan
    Laboratorium ini menyediakan pelayanan penelitian untuk/sebagai:

      1. Konsultan perencanaan dan pengawasan perhubungan darat, laut, dan udara
      2. Pengetesan bahan (lengkap sesuai ASTM, AASHTO, Asphalt Institute, Bina Marga)
      3. Penelitian traffic engineering, manajemen transportasi, geometrik jalan, mix design struktur perkerasan jalan, model transportasi laut, penelitian material untuk struktur jalan, daya dukung untuk struktur jalan, fasilitas bangunan laut

 

  • Laboratorium Beton dan Bahan Bangunan
    Laboratorium ini bisa digunakan untuk meriset:

      1. Kontrol kualitas dan Analisa Bahan.
      2. Quality Assurance meliputi tarik, geser, tes pembebanan, NDT, test tekan, splitting silinder, balok/lentur, core drill beton, tarik besi/baja profill
      3. Mix Design
      4. Perbaikan beton
      5. Pembongkaran
      6. Kalibrasi, hammer test dan manometer

 

  • Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan
    Di laboratorium ini riset yang bisa dilakukan mencakup:

      1. Pekerjaan Lapangan yaitu sondir berat & ringan, bor dangkal dan dalam, sampling undisturbed, penetro meter test, CBR lapangan, kepadatan lapangan, vane test lapangan, SPT, Pile Loading Test, LCN test, Geolistrik, vibration test (getaran)
      2. Pekerjaan laboratorium yaitu volume gravimetri, triaxial test U, direct shear test, Atterberg limit test, analisis saringan, tes konsolidasi, hidrometer test,  unconfined test, standard proctor test, modified proctor test, CBR test, permeability test, vane laboratorium test, compression test

 

  • Laboratorium Struktur
    Laboratorium satu ini menyediakan pelayanan riset untuk:

      1. Konsultan perencana dan pengawas, value engineering dan review design
      2. Kerjasama bidang teknis struktur untuk pembuatan manual design standart
      3. Pengetesan bahan
      4. Penelitian kerusakan struktur bangunan

 

  • Laboratorium Manajemen Konstruksi
    Laboratorium satu ini menyediakan pelayanan untuk

    1. Rekayasa dan Manajemen Konstruksi
    2. Ekonomi Properti dan Konstruksi

 

  • Studio Gambar Teknik Sipil
    Studio gambar berupa ruangan luas dengan 60 meja gambar yang digunakan sebagai tempat menggambar bagi mahasiswa

Departemen Teknik Sipil ITS memiliki kerjasama dengan:

  • Instansi dan lembaga pemerintah seperti Dinas Pengairan, Pekerjaan Umum dan Perhubungan Jawa Timur, Bapenas, BPPT
  • Perguruan Tinggi Luar Negeri seperti NTU Singapore, University of Newcastle upon Tyne, University of Manchester, UCL London, L’Universite des Reseaux d’Expression Francaise (UREF), Hannover University, Deutsche Geselchaf fur Photogrammetri & Femerkundung-Germany, University Paul Sabatier Toulouse

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Sipil ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Sipil ITS.

Pelopor Pengembangan Teknik Sipil di Indonesia

Departemen Teknik Sipil ITS memiliki visi untuk menjadi pusat pembelajaran teknik sipil di Indonesia yang mendukung pengembangan infrastruktur berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Image
Image
Image
Image