Teknik Lingkungan

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Eksplorasi Bidang Rekayasa dan Manajemen Lingkungan

Departemen Teknik Lingkungan ITS mempelajari dan mengeksplorasi bidang rekayasa dan manajemen lingkungan, seperti misalnya Teknologi Penyediaan dan Pengolahan Air Minum, Penyaluran dan Pengolahan Air Limbah, Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Pengelolaan Sampah, Pencemaran Lingkungan, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Salah satu misi departemen ini adalah untuk mengembangkan IPTEK di bidang rekayasa dan manjemen lingkungan yang mengutamakan kualitas lingkungan hidup, termasuk wilayah pesisir.

Departemen Teknik Lingkungan didukung oleh 29 orang staf pengajar profesional dengan kualifikasi 1 Profesor, 4 Doktor, 15 Master (3 diantaranya sedang menempuh program doktoral), dan 10 Sarjana (5 orang sedang mengikuti program magister). Selain ruang perkuliahan, departemen menyediakan ruang seminar, ruang baca, dan berbagai macam laboratorium untuk menunjang perkuliahan mahasiswa, seperti Laboratorium Teknologi Lingkungan dan Laboratorium Rekayasa Proses.

Selain memiliki kualitas akademik dan pengajar yang unggul, Departemen Teknik Lingkungan ITS juga memiliki mahasiswa yang dibimbing untuk mengaplikasikan secara aktif karya inovasi teknologi dan metode dalam penyelesaian permasalahan kualitas lingkungan hidup di masyarakat serta menumbuhkankembangkan nilai etika, moral, sikap, dan kemampuannya.

Alumni Departemen Teknik Lingkungan dapat bekerja di Instansi Pemerintah seperti Departemen Kesehatan, Lingkungan Hidup, BPPT, Dinas Kebersihan, BAPEDAL, Dinas Pekerjaan Umum, LIPI, Departemen Dalam Negeri, PDAM, BAPPEDA, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan sektor swasta seperti Perguruan Tinggi Swasta (PTS), konsultan, kontraktor, industri, LSM.

Program Studi Sarjana (S1)

Program studi sarjana di Departemen Teknik Lingkungan ITS ditempuh dalam waktu delapan semester atau empat tahun. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan ITS perlu menyelesaikan 144 Satuan Kredit Semester (SKS) selama kuliah dan mengikuti ujian TOEFL dengan nilai minimum 477.

 

Program Studi Magister (S2)

Program studi magister di Departemen Teknik Lingkungan ITS ditempuh dalam waktu empat semester atau dua tahun dengan beban studi 36 Satuan Kredit Semester (SKS). Kegiatan akademik untuk program magister di Departemen Teknik Lingkungan ITS meliputi perkuliahan, kegiatan riset di laboratorium, diskusi dan seminar, serta penelitian tesis.

 

Program Studi Doktoral (S3)

Bagian pokok program studi doktoral di Departemen Teknik Lingkungan ITS pada dasarnya adalah kegiatan penelitian yang memberikan sumbangan baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pendidikan program doktor diawali dengan kegiatan perkuliahan, kemudian dilanjutkan dengan ujian kualifikasi sebelum penelitian untuk disertasi dilakukan.

Riset di Departemen Teknik Lingkungan ITS didukung oleh laboran-laboran yang berpengalaman di bidangnya dan dikepalai oleh pakar keahlian dibidang lingkungan. Laboratorium Teknik Lingkungan ITS melayani kegiatan analisis, praktikum maupun penelitian. Beberapa laboratorium yang ada di departemen ini diantaranya:

  • Laboratorium Teknologi Pengolahan Air

Laboratorium ini berfokus pada analisis air minum, monitoring kualitas dan pengelolaan air minum. Dengan fasilitas alat-alat laboratorium yang lengkap dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT, siap melayani penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium ini memfasilitasi mata kuliah Teknik Analisis Pencemar Lingkungan, dan Kimia Lingkungan 1 dan Kimia Lingkungan 2.

 

  • Laboratorium Pengelolaan Limbah Padat dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Laboratorium ini memfasilitasi praktikum mata kuliah Kimia Lingkungan dan Mikrobiologi Lingkungan. Melayani: uji limbah padat dan pengolahan Bahan beracun dan Berbahaya

 

  • Laboratorium Manajemen Kualitas Lingkungan

Melayani analisa dan manajemen kualitas lingkungan

 

  • Laboratorium Pengendalian Pencemaran Udara dan Perubahan Iklim

Melayani: analisis pengendalian pencemaran udara, dan dampaknya terhadap lingkungan, serta efek rumah kaca terhadap perubahan iklim global

 

  • Laboratorium Remediasi Lingkungan

Laboratorium ini memfasilitasi mata kuliah Remediasi Badan Air dan Pesisir, dimana pada Capaian Pembelajarannya disebutkan Tujuan Utama perkuliahan ini adalah agar dapat mengidentifikasi penyebab adanya pencemaran badan air dan mendesain sistem pengendaliannya serta upaya pemulihannya. Dilengkapi dengan fasilitas ruang workshop dan koneksi internet melalui wifi.

Departemen Teknik Lingkungan ITS mempunyai kerjasama yang dirintis para guru besar ditindaklanjuti oleh jurusan dibidang riset dan pendidikan (seperti kerjasama dengan NTU, NTUST, Soka-University, UTM, UKM dsb), dan dengan proaktif jurusan menindaklanjuti dengan pengiriman dosen tugas belajar S-2/S-3, program penelitian bersama, post doc, dsb.

Dosen-dosen yang sering mengaplikasikan ilmu di luar kampus dan bekerjasama dengan berbagai institusi juga sangat berperan dalam pengembangan kerjasama kemitraan, beberapa contoh untuk ini adalah penelitian bersama Program Studi Teknik Lingkungan ITS dengan beberapa departemen dan dinas (seperti PU, permukiman, Badan Lingkungan hidup) industri (PDAM, industri-industri lain), dsb.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Lingkungan ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Lingkungan ITS.

Pendidikan di Bidang Rekayasa dan Manajemen Lingkungan

Departemen Teknik Lingkungan ITS memiliki visi untuk menjadi acuan di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan yang bereputasi internasional dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup masyarakat.

Image
Image
Image
Image