Teknik Geomatika

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Teknik Geomatika

Program Studi Teknik Geomatika ITS mengusung visi menjadi institusi bertaraf internasional dalam pemanfaatan dan pengembangan ilmu dan teknologi survei pemetaan untuk menunjang industri informasi geospasial dan pengelolaan Sumber Daya Alam. Bidang minat di Departemen Teknik Geomatika ITS secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu Bidang Geodesi, Geomatika, Pertanahan, dan Hidrografi.

Departemen ini didukung oleh staf pengajar yang menyelenggarakan proses pengajaran dan pendidikan berbasis kompetensi bidang geomatika. Setidaknya sejumlah 22 orang staf pengajar dengan kualifikasi 6 orang Doktor, 3 orang dalam pendidikan doktoral, dan 13 orang master. Teknik Geomatika ITS juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium untuk menunjang perkuliahan mahasiswa seperti Laboratorium Geodesi dan Surveying, Laboratorium Geospasial, Laboratorium Geo-Marin, Laboratorium Geodinamik dan Lingkungan, dan Laboratorium Kadaster.

Mahasiswa Teknik Geomatika ITS dididik untuk menguasai dan menerapkan dasar-dasar survei dan pemetaan serta teknologi sistem informasi spasial beserta berbagai aplikasi praktisnya. Mahasiswa dibimbing agar bisa menggunakan peralatan dan teknologi mutakhir dalam pekerjaan survei dan pemetaan serta teknologi sistem informasi spasial. Mereka juga diarahkan untuk memiliki kompetensi dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan persolaan-persoalan pada lingkup survei dan pemetaan serta mempunyai wawasan kewirausahaan dan mampu berinovasi pada proses sebuah sistem kerja.

Dalam perkembangannya, alumni Teknik Geomatika ITS banyak dibutuhkan oleh pihak-pihak, lembaga, dan badan yang membutuhkan informasi spasial (keruangan) seperti BAPPEDA, BAKOSURTANAL, LAPAN, Departemen Transmigrasi, Departemen Pekerjaan Umum, dan Konsultan Teknik.

Program Studi Sarjana (S1)

Program studi sarjana di Departemen Teknik Geomatika ITS ditempuh dalam waktu delapan semester atau empat tahun. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa Departemen Teknik Geomatika ITS perlu menyelesaikan 144 Satuan Kredit Semester (SKS) selama kuliah dan mengikuti ujian TOEFL dengan nilai minimum 477.

 

Program Studi Magister (S2)

Program studi magister di Departemen Teknik Geomatika ITS ditempuh dalam waktu empat semester atau dua tahun dengan beban studi 36 Satuan Kredit Semester (SKS). Kegiatan akademik untuk program magister di Departemen Teknik Geomatika ITS meliputi perkuliahan, kegiatan riset di laboratorium, diskusi dan seminar, serta penelitian tesis.

Penelitian di Departemen Teknik Geomatika mencakup keseluruhan bidang geodesi dan geomatika. Sebagian besar penelitian berpusat pada empat kelompok penelitian yaitu di : Laboratorium Geodesi dan Surveying, Laboratorium Geospasial, Laboratorium Geo-Marin, Laboratorium Geodinamik & Lingkungan dan Laboratorium Kadaster dan Kebijakan Pertanahan serta didukung Pusat Studi Kebumian Bencana dan Perubahan Iklim (PSKBPI)-ITS. Selengkapnya.

Kerjasama yang dijalin antara Departemen Teknik Geomatika FTSLK ITS dengan instansi terkait, baik di dalam maupun luar negeri, diantaranya adalah:

  • Lembaga Profesi, seperti Ikatan Surveyor Indonesia (ISI), Dewan Geomatika Indonesia (DGI), Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN), Asosiasi Perusahaan Survei Pemetaan dan Informasi Geospasial (APSPIG)
  • Dalam Negeri, seperti Departemen Teknik Geodesi/Geomatika FITB – ITB Bandung dan
    Teknik Geodesi/Geomatika – FT. UGM, Yogyakarta
  • Luar Negeri, seperti Universite de La Rochelle – France (program Kangean), Chiba University – Jepang, National Cheng Kung University, University of Warsaw – Polandia (Erasmus Programme)
  • Instansi Pemerintah, seperti Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Dinas Tata Kota Surabaya, Pemda Kabupaten Madiun
  • Instansi Swasta, seperti PT Exsol Innovindo, PT. Exxon Mobil Cepu, PT. GeoMosaic Indonesia, PT.WALS & REKAN – Jakarta, ESRI Indonesia, PT. GPS Land Indosolutions, PT. PAGEO UTAMA, PT. ASABA, PT. Datascrip, Here Maps – Indonesia, PT Leica Geosystems Indonesia, PT Geo Spasial Indonesia, PT. Geotronix Pratama Indonesia

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Geomatika ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Geomatika ITS.

Menunjang Penyebarluasan Informasi Geospasial

Departemen Geomatika ITS memiliki visi untuk menjadi program pendidikan bertaraf internasional dalam pemanfaatan dan pengembangan ilmu dan teknologi survei pemetaan untuk menunjang industri informasi geospasial dan pengelolaan SDA.

Image
Image
Image
Image