Teknik Geofisika

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Pelajari Struktur di Bawah Permukaan Bumi

Teknik Geofisika merupakan ilmu teknik yang mempelajari  bagaimana struktur di bawah permukaan bumi. Bidang Geofisika merupakan  perpaduan dari ilmu dasar Fisika, Matematika, Geologi, dan Instrumentasi.  Teknik Geofisika ini berbeda dengan Prodi Fisika dan Teknik Geomatika. Geofisika di dalam Fisika tetap dikembangkan karena ranahnya sebagai ilmu pengetahuan, sedangkan Teknik Geofisika sendiri dibangun lebih kepada aplikasinya sebagai ilmu teknik. Lain halnya dengan Teknik Geomatika yang lebih mempelajari tentang bentuk permukaan bumi, Geofisika ini lebih mempelajari  bagian dalam bumi. Meskipun objeknya sama, tetapi metode pendekatan yang digunakan berbeda. Departemen Teknik Geofisika ITS mempunyai bidang penelitian yang digeluti diantaranya Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi, Geothermal, Bahan Tambang atau Mineral Ekonomis, dan Mitigasi Bencana Alam.

Terdapat setidaknya delapan belas dosen yang ahli dan berpengalaman untuk mendukung proses perkuliahan di Teknik Geofisika ITS. Beberapa diantaranya sedang/telah menempuh studi di luar negeri seperti Austria dan Prancis untuk mendalami bidang keahlian masing-masing. Salah satu inisiator berdirinya departemen ini pernah meraih penghargaan tertinggi tingkat dunia di bidang geofisika, yaitu sebagai Faculty Advisor dari Society of Exploration Geophysicist (SEG) dari Summit Award yang bermarkas di Oklahoma, Amerika Serikat.

Meski terhitung sebagai salah satu departemen termuda di ITS, mahasiswa departemen ini sudah mulai menoreh berbagai jenis prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional seperti Juara 1 Geophotography Challenge Competition “Explore Geophysics” (2015) dan Best Poster IPA Convex 2015 Tingkat Nasional.

Lulusan Teknik Geofisika memegang peranan sangat penting dalam hal eksplorasi sumber daya alam untuk menentukan lokasi, jumlah cadangan, serta jenis mineral ekonomis termasuk minyak dan gas di dalam bumi. Lulusan departemen ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan nasional dan internasional yang bergerak di bidang perminyakan, pertambangan, geothermal, seismologi, lingkungan, dan mitigasi bencana seperti Pertamina, Chevron, Total E&P Indonesia, dll.

Program Studi Sarjana (S1)

Program studi sarjana di Departemen Teknik Geomatika ITS ditempuh dalam waktu delapan semester atau empat tahun. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa Departemen Teknik Geomatika ITS perlu menyelesaikan 144 Satuan Kredit Semester (SKS) selama kuliah dan mengikuti ujian TOEFL dengan nilai minimum 477.

Riset di Departemen Teknik Geofisika ITS mempelajari teori-teori serta cara-cara untuk mengidentifikasi jenis mineral dan bebatuan yang ada di Bumi. Diantaranya adalah 4 teknik metode dasar eksplorasi yaitu, Gravity, Magnetics, Sound Wave (Seismic), dan Electric Exploration. Eksperimen-eksperimen sederhana yang para mahasiswa baru dapat lakukan di lab-lab fisika dasar, seperti menginjeksi arus listrik ke batu pasir dan batuan pirit, penggunaan gravimeter untuk mengidentifikasi jenis bebatuan dll. Beberapa laboratorium di Departemen Geomatika ITS juga bisa digunakan oleh mahasiswa Departemen Geofisika ITS untuk keperluan riset.

Departemen Teknik Geofisika ITS memiliki kerjasama dalam bidang penelitian dan kerja praktik. Beberapa instansi/perusahaan yang bekerja sama dengan departemen ini adalah sebagai berikut:

  • Bidang Penelitian

Pertamina Geothermal Energi Indonesia, Bapeko Surabaya, Chevron Pacific Indonesia, ESDM Jawa Timur, PT. AJBS Group, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintahan Kabupaten Gresik, dll.

  • Bidang Kerja Praktik

Pertamina, PT. Elnusa, Pusat Sumber Daya Geologi, PT. Jaya Energi Buana, Petronas Carigali Muriah Limited, BMKG, dll.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Teknik Geofisika ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Teknik Geofisika ITS.

Riset yang Akuntabel di Bidang Kebumian

Departemen Teknik Geofisika ITS memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan tinggi berbasis riset dalam ilmu pengetahuan dan teknologi kebumian, terutama untuk menunjang industri bidang energi dan sumber daya alam serta rekayasa kelautan dan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Image
Image
Image
Image