Kimia

Kimia

Kimia adalah ilmu dasar yang mempelajari materi pada skala atom dan molekuler. Ilmu ini mengajak Anda menguak lebih detil mengenai mekanisme molekuler yang mendasari aktivitas pada organisme hidup. Di abad ke-21, kimia menjadi jantung bagi kebanyakan industri. Di Departemen Kimia ITS, Anda akan diajarkan untuk memahami konsep-konsep dasar ilmu kimia melalui perkuliahan dan pengalaman di laboratorium. Mahasiswa dibimbing untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang metodologi-metodologi yang diperlukan dalam memecahkan permasalahan yang kompleks dan kemampuan mengartikulasi gagasan secara efektif kepada masyarakat ilmiah. Departemen Kimia ITS memiliki lima bidang unggulan yang menjadi dasar bagi pengembangan kurikulumnya, yang meliputi kimia anorganik, kimia organik, kimia fisik, kimia analitik, dan biokimia.

Saat ini, sebanyak dua puluh satu dari 35 dosen di Departemen Kimia ITS telah bergelar S3, dengan tujuh diantaranya adalah Profesor. Lalu empat belas dosen lainnya memiliki gelar S2. Komponen tenaga pengajar di Departemen Kimia ITS merupakan ilmuwan terkemuka di bidang Kimia, baik di tanah air maupun dunia internasional seperti contohnya Dr. Sri Fatmawati yang memenangkan penghargaan dari L’Oreal-UNESCO For Women in Science Awards 2013 di Pavillion Gabriel, Champs d’Elysees di Paris, Prancis. Pada 2016, Dosen Adi Setyo Purnomo, Ph.D. meraih prestasi sebagai Dosen Berprestasi 2 Tingkat ITS dan Ratna Ediati, Ph.D. sebagai Ketua Program Studi Berprestasi 3 tingkat ITS.

Selain memiliki kualitas akademik dan pengajar yang unggul, Departemen Kimia ITS juga memiliki mahasiswa yang mendedikasikan diri untuk kepentingan riset dan beberapa kali mengharumkan nama ITS, diantaranya Tim PKM Departemen Kimia yang berhasil meraih dua medali perunggu dalam PIMNAS 2017 serta penelitian-penelitian mahasiswa lainnya yang memenangkan bermacam-macam lomba karya tulis ilmiah di tingkat nasional.

Para alumni Departemen Kimia ITS tidak hanya berkiprah sebagai Kimiawan di lembaga penelitian, melainkan juga bidang karir sebagai Wirausahawan, Peneliti, Akademisi (Guru dan Dosen), Konsultan, Birokrat, Analis Kimia, dan Marketing (Pemasaran) baik pada instansi pemerintah, swasta, maupun usaha mandiri. dll. Menurut data terakhir, masa tunggu lulusan Kimia ITS cukup singkat, 62% lulusan mendapat pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah mereka lulus/wisuda. Tak jarang, calon lulusan telah mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum mereka diwisuda.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Kimia ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Kimia ITS.

Penelitian yang Inovatif dan Kreatif untuk Pengembangan Kimia

Departemen Kimia ITS memiliki visi untuk menjadi pusat pembelajaran kimia yang menghasilkan lulusan berkualifikasi internasional sebagai agen pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Image
Image
Image
Image