Fisika

Menguak Hukum Dasar yang Mengendalikan Alam Semesta

Departemen Fisika adalah tempat yang akan mengakomodasi rasa ingin tahu Anda terhadap hukum dasar yang mengendalikan alam semesta. Anda akan belajar mengenai hukum dasar tersebut dan penerapannya dalam teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Anda akan diajak untuk mengembangkan skill matematis, analitis, eksperimen di laboratorium, dan mengkomunikasikan penelitian ilmiah secara tertulis. Di departemen ini, Anda akan memperoleh pemahaman secara kuantitatif dan konseptual dalam lima bidang utama yang menjadi keunggulan Fisika ITS, yaitu fisika material, geofisika, optoelektronika, fisika teori, dan instrumentasi.

Saat ini, Departemen Fisika ITS memiliki 36 pengajar tetap. Sebanyak enam diantaranya bergelar profesor dan sepuluh bergelar doktor. Pada 2012, sebanyak 13 dosen di Departemen Fisika ITS telah mengantongi sertifikasi tenaga pendidik dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dosen-dosen di Departemen Fisika ITS juga banyak dipercaya menjadi konsultan di perusahaan atau lembaga pemerintahan dan pembicara tamu di berbagai perguruan tinggi. Salah satu guru besar di departemen ini pernah menjabat sebagai Rektor ITS ke-4 pada 1973-1982.

Selain memiliki kualitas akademik dan pengajar yang unggul, Departemen Fisika ITS juga memiliki mahasiswa yang mendedikasikan diri untuk kepentingan riset dan beberapa kali mengharumkan nama ITS, diantaranya meraih medali perak dan perunggu dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) serta kompetisi penelitian, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mahasiswa Fisika ITS juga memelopori berdirinya ITS Astronomy Club, sebuah komunitas yang mewadahi riset bagi pemerhati astronomi di ITS.

Para alumni Departemen Fisika ITS tidak hanya berkiprah menjadi fisikawan di lembaga penelitian, melainkan juga bidang karir yang memanfaatkan kemampuan berpikir kuantitatif dan analitis. Di antaranya adalah bidang teknik, pendidikan, kesehatan, dan kebijakan sains, baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Berbagai keunggulan di atas menempatkan ITS menjadi lima besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia bidang Fisika dan Astronomi berdasarkan pemeringkatan QS World University Ranking by Subject 2016.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Fisika ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Fisika ITS.

Mengakomodasi Perkembangan Fisika dan Penerapannya

Departemen Fisika ITS memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan Fisika serta penerapannya dalam teknologi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Image
Image
Image
Image