Biologi

Biologi

Departemen Biologi merupakan salah satu Departemen di Fakultas Ilmu Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang didirikan sejak tahun 1998. Di departemen ini, mahasiswa akan belajar dan menguasai dasar-dasar biologi, dapat trampil di lapangan dan laboratorium, bertanggung jawab, berbudi luhur, dan mampu mengembangkan diri mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Departemen Biologi ITS terdiri dari empat bidang studi, yaitu Botani, Zoologi, Mikrobiologi dan Bioteknologi, serta Ekologi. Mengingat orientasi Biologi ITS ke arah kelautan atau maritim, maka roadmap kelompok keilmuan botani Biologi ITS ini nantinya akan dibawa lebih mengerucut ke arah tanaman laut.

Sekarang ini terdapat 23 staf pengajar di Departemen Biologi ITS. Delapan dosen telah memiliki gelar S3 dan lima belas lainnya memiliki gelar S2. Masing-masing dosen di departemen ini memiliki bidang keahliannya sendiri, seperti Dr. Awik Puji Dyah Nurhayati, S.Si., M.Si. yang fokus penelitiannya pada Sruktur dan Perkembangan Hewan, Imunologi, Parasitologi. Lalu ada juga Ir. Sri Nurhatika, M.P. yang fokusnya di bidang Mikrobiologi, dll.

Selain memiliki kualitas akademik dan pengajar yang unggul, Departemen Biologi ITS juga mempunyai mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Di bidang akademik, perwakilan departemen beberapa kali menjuarai OSN Biologi, PIMNAS, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Di bidang non-akademik, terdapat mahasiswa yang sukses menyabet juara di bidang karate dan birding competition tingkat nasional.

Lulusan Biologi ITS mempunyai kesempatan berkarir di segala sektor yang berkaitan langsung dan tidak langsung dengan biologi. Antara lain di bidang perikanan, pertanian, perkebunan, industri pangan, industri pakan ternak, kimia dan kosmetika, industri makanan dan minuman, properti, pendidikan pemerintahan, perbankan, dan energi.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Biologi ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Biologi ITS.

Menyelenggarakan Pengajaran dan Pendidikan Tinggi Biologi yang Unggul

Departemen Biologi ITS memiliki visi untuk menjadi institusi pendidikan Biologi yang unggul dan inovatif untuk menunjang pembangunan nasional Indonesia di bidang kelautan, lingkungan serta ketahanan pangan dan energi  yang diakui secara internasional.

Image
Image
Image
Image