Statistika

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Statistika

Departemen Statistika ITS bertujuan untuk mengembangkan statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, departemen ini mendirikan lima laboratorium sebagai pusat pengembangan dan penerapan statistika dan pusat pengembangan kurikulum. Kelima laboratorium tersebut adalah Laboratorium Statistika Industri dan Bisnis, Laboratorium Statistika Komputasi, Laboratorium Statistika Ekonomi Finansial dan Aktuaria, Laboratorium Statistika Sosial dan Kependudukan, serta Laboratorium Statistika Lingkungan dan Kesehatan.

Pada tahun 2015, Departemen Statistika ITS memiliki 45 orang dosen dengan kualifikasi pendidikan: 22 orang Doktor (2 diantaranya adalah Profesor), dan 23 orang Magister (dimana 5 orang sedang menempuh pendidikan Doktor di dalam dan diluar negeri). Untuk mendukung kegiatan administrasi, Jurusan Statistikia memiliki 17 tenaga kependidikan, yang terdiri dari: seorang Kepala Sub Bagian sebagai koordinator, 3 orang untuk urusan akademik, 1 orang untuk urusan keuangan, 1 orang petugas inventaris, 3 orang untuk urusan umum dan perlengkapan, 2 orang teknisi, 2 orang petugas ruang baca dan 4 orang tenaga kebersihan.

Mahasiswa Departemen Statistika ITS dididik untuk menjadi lulusan yang berkualitas di bidang statistika, memiliki potensi untuk mengembangkan statistika, dan mampu menerapkannya dalam bidang industri, komputasi, bisnis – ekonomi, sosial – pemerintahan, dan lingkungan – kesehatan serta mampu mengkomunikasikan ilmunya baik secara tertulis maupun lisan. Mahasiswa juga dibimbing untuk menghasilkan penelitian statistika di bidang industri, komputasi, bisnis – ekonomi, sosial – pemerintahan, dan lingkungan – kesehatan yang dapat berkontribusi pada penyelesaian masalah riil di masyarakat.

Peluang kerja lulusan Statistika di antaranya di instansi bidang konsultan riset, quality assurance, riset dan perkembangan, analisis data, bank pemerintah dan swasta, riset pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah daerah, industri (PT. Philips, JVC, Astra, Petrokimia, Djarum), dan lain-lain. Kerjasama Pendidikan yang sudah dilakukan antara lain Program S3 Ilmu Statistika dan Program S2 Statistika dengan Badan Pusat Statistika, Student Exchange Programme dengan Universiti Teknologi Malaysia, Program penyetaraan beberapa mata kuliah di jurusan Statistika dengan Ujia Aktuaris, Persatuan Aktuaris Indonesia.

Program Studi Sarjana (S1)

Program studi sarjana (S1) Bidang Studi Statistika berkontribusi pada bidang industri, komputasi, bisnis dan ekonomi, sosial dan pemerintahan, serta lingkungan dan kesehatan. Mahasiswa akan diberikan ilmu dan metode statistika secara analitis dan atau pendekatan analitis, konsep statistika (teori, metode dan aplikasi) sehingga dapat memformulasikan dan menyelesaikan permasalahan. Program ini memberikan 144 sks yang terdiri dari mata kuliah wajib, pilihan dan umum.

Program Studi Magister (S2)

Dalam Kurikulum Program Magíster Statistika tahun 2009-2014 yang berbasis kompotensi, setiap mata kuliah dikelompokan kedalam tiga kelompok kompetensi, yaitu Utama, Pendukung dan  Lainnya. Kompetensi Utama memuat mata kuliah Wajib dan Tesis. Kompetensi Pendukung memuat mata kuliah pilihan yang mendukung Kompetensi Utama. Sedangkan kompetensi lainnya memuat mata kuliah pilihan yang menambah wawasan utama.

Program Studi Doktoral (S3)

Kurikulum Pendidikan Program Doktor Statistika-ITS yang berbasis kompetensi memiliki beban total minimum 40 sks, yang dijadwalkan dalam 6 semester. Setiap mata kuliah dikelompokkan dalam dua kelompok kompetensi yaitu utama dan pendukung. Kompetensi utama memuat Disertasi dengan beban studi 28 sks. Kompetensi pendukung memuat mata kuliah pilihan yang mendukung kompetensi utama dengan beban studi 12 sks.

Salah satu tujuan Departemen Statistika adalah menghasilkan penelitian dan pengembangan statistika yang berkualitas tinggi. Fokus riset departemen statistika pada bidang  industri dan bisnis, komputasi, ekonomi, finansial, aktuaria, sosial, kependudukan , lingkungan dan kesehatan. Departemen Statistika juga mempunyai sarana laboratorium untuk mendukung penelitian, yaitu :

  1. Laboratorium Statistika Industri-Bisnis : Pengembangan ilmu statistika untuk bidang industri dan bisnis. Keahlian yang dilakukan di laboratorium ini adalah Control Chart, Reliabilty Optimization, Quality by Design & Robust Design, Quality Improvement Method based on Six Sigma Quality (single & multiple-response) by Taguchi, Fuzzy Logic, Wavelet, Stochastic Model, Structural Equation Modeling (SEM), Calibration Model, Risk Theory and Financial Engineering, Analytical Hierarchy Process (AHP), Market Mapping Analysis, Non-Destructive Evaluation. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  2. Laboratorium Statistika Komputasi : Pengembangan metode statistika komputasi dan aplikasi berdasarkan sains dan teknologi yang dapat digunakan untuk pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  3. Laboratorium Statistika Ekonomi Finansial dan Aktuaria : Pengembangan statistika bidang ekonomi, finansial dan aktuaria yang dapat digunakan untuk pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  4. Laboratorium Statistika Sosial Kependudukan : Pengembangan statistika bidang regresi nonparametik, demografi dan data kualitatif, untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan masalah sosial, studi kependudukan dan pemerintahan. Fokus riset pada bidang ini adalah ketahanan pangan nasional, kemiskinan dan masalah sosial di Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  5. Laboratorium Statistika Lingkungan – Kesehatan : Pengembangan statistika bidang lingkungan – kesehatan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.

Komitmen untuk mengembangkan jaringan dengan perguruan tinggi lain, masyarakat, industri, lembaga pemerintah dan lembaga lain baik di tingkat nasional dan internasional, tertuang pada salah satu tujuan Departemen Statitika. Kolaborasi bidang penelitian industri dan bisnis juga dilakukan dengan PT. PHILIPS, PT. UBS, PT Pertamina (Kepuasan Konsumen), JTV (Loyalty Survey), Jawa Pos (Survei elektabilitas), PT. ALSTOM (Pelatihan dan Penelitian), PDAM (Pelatihan dan Penelitian).

Statistika

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Statistika ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Statistika ITS.

Pengembangan dan Penerapan Statistika yang Berkontribusi

Departemen Statistika ITS memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan dan pengembangan statistika bertaraf internasional yang berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang komputasi; ekonomi, finansial dan aktuaria; sosial dan kependudukan; lingkungan dan kesehatan; serta industri dan bisnis.

Image
Image
Image
Image