Matematika

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Matematika

Matematika adalah ilmu murni yang menjadi ibu bagi semua ilmu pengetahuan. Ilmu ini memiliki logika inheren dan keindahan yang bisa dikuak. Matematika menjadi ilmu dasar bagi ilmuwan alam, perekayasa, dan ilmuwan sosial untuk membangun pemahaman terhadap dunia dan menciptakan tools untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Di Departemen Matematika ITS, kegiatan pendidikan dan penelitian diarahkan mulai dari matematika murni hingga aplikasinya ke berbagai bidang. Terdapat lima bidang peminatan pada Departemen Matematika ITS. Di antaranya adalah ilmu komputer, pemodelan dan simulasi sistem, riset operasi dan pengolahan data, matematika komputasi, serta analisis, aljabar, dan pembelajaran matematika.

Departemen Matematika ITS memiliki tenaga pengajar dengan beragam latar belakang keahlian, baik yang berhubungan dengan matematika murni maupun aplikasinya. Oleh karena itu, selain mengajar mahasiswa dan melakukan riset, dosen Matematika ITS juga dipercaya membimbing siswa di Jawa Timur yang dipersiapkan untuk berlaga di Olimpiade Sains Nasional (OSN). Selain itu, Departemen Matematika ITS juga menyediakan kuliah singkat satu tahun untuk mendidik tenaga terampil dalam bidang pemrograman sistem informasi bernama Pendidikan Ahli Pemrograman Sistem Informasi (PAPSI).

Mahasiswa Departemen Matematika ITS banyak berkiprah dalam berbagai kompetisi matematika tingkat nasional dan internasional. Salah satu mahasiswa Departemen Matematika ITS pernah dua kali meraih medali perunggu dalam International Mathematics Competition for University Student (IMC), kompetisi matematika tahunan yang digelar di Blageovgrad, Bulgaria. Mahasiswa Departemen Matematika ITS juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial mengenalkan ilmu matematika kepada siswa Indonesia. Salah satu program unggulan yang dimiliki adalah Olimpiade Matematika ITS (OMITS), yang menjadi salah satu kompetisi matematika paling bergengsi bagi siswa SD, SMP, dan SMA di Indonesia.

Alumni Departemen Matematika ITS banyak berkiprah baik di sektor akademik, publik, maupun swasta. Beberapa bidang yang menjadi ladang karir bagi alumni Matematika ITS di antaranya adalah industri, teknologi informasi dan komunikasi, penelitian, asuransi, perbankan, dan pendidikan. Selain berkarir di perusahaan, pascalulus, mahasiswa Departemen Matematika ITS juga berkesempatan melanjutkan pendidikan tingkat lanjut. Salah satu alumnus Matematika ITS berhasil diterima melanjutkan pendidikan doktoral di University of Oxford dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program Studi Sarjana (S1)

Program Studi Sarjana (S1) bidang matematikan bertujuan untuk menyediakan kesempatan proses belajar bermutu tinggi bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan kemampuan, motivasi dan perilaku belajar serta etos kerja yang tinggi. Mahasiswa akan diberikan pemahaman dan pengembangan dasar-dasar matematika , yang terbagi dalam tiga rumpun mata kuliah yaitu analisis dan aljabar, matematika terapan (pemodelan sistem dan simulasi, masalah optimasi, pengolahan data) dan ilmu komputer (ilmu komputasi dan sistem informasi).

Program Studi Pascasarjana (S2)

Program pascasarjana bidang matematika akan memberikan mahasiswa pemahaman dan pengembangan dasar-dasar matematika , yang terbagi dalam tiga rumpun mata kuliah yaitu analisis dan aljabar, matematika terapan (pemodelan sistem dan simulasi, masalah optimasi, pengolahan data) dan ilmu komputer (ilmu komputasi dan sistem informasi). Mahasiswa diharapkan mampu untuk mengikuti dan mengembangkan teori matematika, menerapkan teori dalam permasalahan nyata, membangun dan mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan ilmu dasar matematika.

Salah satu misi Departemen Matematika adalah menyebarluaskan hasil penelitian matematika sebagai alternatif penyelesaian permasalahan di masyarakat, misi tersebut diwujudkan melalui penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat. Penelitian dan publikasi telah dilakukan di tingkat lokal, nasional dan internasional. Pengabdian masyarakat dilakukan di tingkat lokal dan nasional melalui kegiatan pelatihan, pembelajaran, pembuatan perangkat lunak, pengembangan dan penerapan sains dan teknologi matematika untuk membantu masyarakat, instansi maupun industri meningkatkan kinerjanya. Sarana pendukung untuk kegiatan penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat, Departemen Matematika menyediakan laboratorium yang terdiri dari Laboratorium Ilmu Komputer, Laboratorium Pemodelan dan Simulasi Sistem, Laboratorium Riset Operasi dan Pengolahan Data, Laboratorium Komputasi Matematika, Laboratorium Analisis, Aljabar, dan Pembelajaran Matematika.

Pengembangan kerjasama sampai ke dunia internasional dalam bidang matematika berbasis sains dan teknologi , menjadi salah satu misi Departemen Matematika. Perwujudan misi ini dilakukan melalui kolaborasi dengan institusi lokal, nasional dan internasional. Dalam menyusun kurikulum pembelajaran mahasiswa, peningkatan sarana dan prasarana, pelatihan bagi dosen , pengiriman dosen untuk studi lebih lanjut , Departemen Matematika bekerjasama dengan Fakultas Matematika Teknik dan Informatika , Delft University of Technology (DUT) Belanda. Selain itu, Departemen Matematika juga menjalin kerjasama dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan pengrajin batik, SMAN 2 Lamongan, Institusi Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Puskesmas Kabupaten Ponorogo, Guru di Kabupaten Lamongan, Industri Tahu, Industri Jamur, Guru di Kabupaten Lumajang,  Lamongan, dan Surabaya, PT. Pindad.

Matematika

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Matematika ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Matematika ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image