Aktuaria

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Pusat Pendidikan Sains Aktuaria Bertaraf Internasional

Berdasarkan kebutuhan aktuaris pada tahun 2017 yang mencapai lebih dari 140% dari aktuaris yagn tersedia , maka ITS membuka Departemen Aktuaria dibawah Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data. Aktuaria merupakan ilmu perhitungan analisa resiko serta analisa data finansial menggunakan konsep statistika dan matematika. Departemen Aktuaria mempunyai visi sebagai program pendidikan, penelitian, pengembangan dan penerapan aktuaria di bidang asuransi bencana, asuransi kelautan dan asuransi syariah yang bereputasi internasional dan berkontribusi pada pembangunan nasional.

Sumber daya tim pengajar Departemen Aktuaria saat ini terdiri dari 7 orang dengan kualifikasi minimal pendidikan magister. Pengembangan tim pengajar juga akan dilakukan mulai tahun 2018 secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan di Departemen Aktuaria. Selain sarana pengajar, Departemen Aktuaria juga menyediakan perpustakaan, ruang akademik, ruang laboratorium, sistem informasi pembelajaran dan lainnya sebagai prasaran untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

Mahasiswa Departemen Akuaria akan mendapatkan kurikulum yang telah dibentuk berdasarkan pengembangan keilmuan dan serapan pasar kerja serta benchmarking di berbagai instansi. Mahasiswa akan mendapatkan konsep akturia, matematika, pemograman komputer, teori peluang dan statistika serta aljabar linear, metode dan pemodelan aktuaria, perangkat lunak aktuaria, keterampilan umum dan khusus. Tidak hanya pembelajaran di kelas, namun mahasiswa juga akan melakukan praktikum.

Peluang kerja lulusan Departemen Aktuaria sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga. Seorang aktuaris dibutuhkan di perusahaan konsultan keuangan, asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi kesehatan serta dapat menjadi konsultan di manajemen investasi, keuangan, perbankan dan Government Actuary’s Department (GAD).

Program Studi Sarjana (S1) Bidang Sains Aktuaria

Program studi sarjana bidang sains aktuaria ini memiliki fokus bidang asuransi bencana, asuransi kelautan dan asuransi syariah. Pembelajaran tidak hanya dilakukan di kelas, namun juga terdapat program praktikum dan magang. Pada semester akhir perkuliahan, mahasiswa wajib menyelesaikan tugas akhir.

Pedoman penelitian yang dilakukan di Departemen Akturia berdasarkan Rencana Induk Penelitian ITS 2012-2015 , SK Rektor tentang wajib simpan karya ilmiah No. 5455.5/12/LL/2008, dan Panduan Penelitian yang disusun oleh DIKTI. Pengembangan laboratorium di Departemen Akturia juga akan dilakukan dengan pembagian menjadi insurance laboratory (terdiri dari life dan non life insurance) dan non-insurance laboratory (terdiri dari perbankan, keuangan dan lainnya). Program penelitian ini akan dipublikasikan juga dalam bentuk produkmaupun jurnal ilmiah.

Kolaborasi Departemen Aktuaria akan dilakukan berdasarkan Peraturan Rektor ITS Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pelaksana Kerjasama di Lingkungan ITS. Komitmen kolaborasi Departemen Aktuaria tertuang dalam salah satu misi yaitu untuk membentuk jejaring, dengan lembaga pendidikan, lembaga pemerintah dan non pemerintah, dunia industri dan bisnis berskala nasional dan internasional dalam bidang asuransi bencana, asuransi kelautan dan asuransi syariah.

Aktuaria

Pelajari lebih lanjut semua tentang Aktuaria ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Aktuaria ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image