Perencanaan Wilayah Dan Kota

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Berintegritas dan inovatif dalam bidang perencanaan wilayah dan kota

Embrio Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS adalah Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota Jurusan Arsitektur ITS, yang merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Arsitektur ITS. Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS didirikan pada tahun 2001 dengan membuka penerimaan mahasiswa pertama di tahun 2002. PWK ITS telah terakreditasi A oleh BAN-PT di tahun 2015 dan saat ini sedang berproses ke sertifikasi Asean University Network (AUN).

Saat ini , PWK ITS mempunyai dosen sebanyak 23 dosen , dengan 4 doktoral, 14 master dan 5 sarjana.  Kurikulum yang ditawarkan di PWK ITS difokuskan pada perencanaan wilayah, kota, dan kawasan pesisir dengan serangkaian mata kuliah penunjang dan pilihan. Melalui kegiatan pengajaran, studio, dan riset, mahasiswa difasilitasi untuk mencapai kemampuan tertentu dan menerapkannya dalam bidang keilmuan perencanaan wilayah, kota, dan kawasan pesisir. Terdapat pula kelas berbahasa inggris untuk beberapa mata kuliah yang diselenggarakan di setiap semester.

Mahasiswa PWK ITS akan belajar mengenai kependudukan, lingkungan,kondisi politik, hingga kondisi sosial penduduk. Dalam masa perkuliahan mahasiswa dapat memilih keilmuan sesuai dengan minat dan bakat, diantaranya ekonomi wilayah dan kota, manajemen resiko dan bencana, daya tampung ekologi, perubahan iklim perkotaan, perancangan kota, pemodelan spasial, sistem informasi geografis/GIS, perencanaan dan manajemen transportasi, kebijakan perencanaan, perencanaan partisipatif dan pengembangan komunitas.

Jumlah alumni yang telah dihasilkan PWK ITS adalah 636 sarjana dan tersebar di berbagai bidang pekerjaan. Jenis pekerjaan yang dapat diperoleh lulusan PWK ITS antara lain perencana dan pengelola di sektor publik, baik instansi pemerintah, pengembang, konsultan, institusi riset, maupun organisasi masyarakat.

Program Studi Sarjana (S1)

Mahasiswa program studi ini wajib menyelesaikan 144 sks, yang terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu mengenai faktor-faktor yang dapat mewujudkan wilayah yang baik. Mahasiswa juga akan diasah menjadi profesional sesuai dengan bidang yang akan dipilih. Bidang minat yang dapat dipilih oleh mahasiswa antara lain ekonomi wilayah dan kota, manajemen resiko dan bencana, daya tampung ekologi, perubahan iklim perkotaan, perancangan kota, pemodelan spasial, sistem informasi geografis/GIS, perencanaan dan manajemen transportasi, kebijakan perencanaan, perencanaan partisipatif dan pengembangan komunitas.

Dalam mewujudkan visi dan misi PWK ITS untuk inovatif dalam bidang perencanaan wilayah dan kota, maka dilakukan kegiatan penelitian. PWK ITS juga mendapat bantuan dana seperti Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Penelitian Pemula/BOPTN, Penelitian Jurusan/PNBP, Penelitian SIDA/ BOPTN, Penelitian Dosen Pemula/PNBP ITS, Penelitian Laboratorium/PNBP ITS, Bappeko Surabaya – APBD, dan APBN.  Fokus Riset di PWK ITS , meliputi :

  • Ekologi Perkotaan : Sebagai pemecahan masalah kota yang berkelanjutan, keseimbangan lingkungan dan daya muat. Topik penelitian dapat mencakup gas rumah kaca perkotaan , konservasi lingkungan , fasilitas perkotaan dan infrastruktur ramah lingkungan.
  • Sosiologi Perkotaan : Sebagai pemecehan masalah mengenai partisipasi masyarakat, pemberdayaan, persepsi dan preferensi serta kejahatan perkotaan. Topik penelitian dapat mencakup perbaikan lingkungan, degradasi lingkungan sosial, Defensible space area, urban sprawl, industri kreatif, identitas kota.
  • Perencanaan Penggunaan Lahan :  Sebagai pemecahan masalah terhadap kontrol dan pengembangan penggunaan lahan. Topik penelitian dapat mencakup konservasi penggunaan lahan, spatial segregation of land use, urban sprawl, urban periphery.
  • Ekonomi Perkotaan : Sebagai pemecahan masalah kemiskinan dan perumahan di perkotaan. Topik penelitian dapat mencakup area kumuh di perkotaan, nilai tanah, urban sprawl, pemasaran kota, pengembangan ekonomi lokal dan pemukiman kembali.
  • Urban Form : Sebagai pemecahan masalah morfologi perkotaan, transportasi dan infrastruktur. Topik penelitian dapat mencakup mobilitas permukiman, distribusi infrastruktur, kota terpadu, pengembangan transit oriented, pengelolaan transportasi umum/publik.
  • Heritage Planning : Sebagai pemecahan masalah konservasi. Topik penelitian dapat mencakup konservasi, rehabilitasi , rekonstruksi dan revitalisasi.

PWK ITS juga menyediakan sarana laboratorium untuk mendukung kegiatan penelitian, yang terdiri dari :

  • Pengembangan dan Perancangan Perkotaan : topik penelitian mencakup ekologi perkotaan, sosilogi perkotaan dan tata guna lahan.
  • Pengembangan Wilayah, Pesisir dan Lingkungan : topik penelitian mencakup regional disparities, daya saing dan kolaborasi lokal, Pengelolaan bencana, Kapasitas daya tampung ekologi, Pengembangan daerah pesisir yang berkelanjutan.
  • Komputasi dan Analisis Perencanaan Keruangan : topik penelitian mencakup pemodelan alih fungsi lahan, pemodelan sistem transportasi perkotaan, Participatory Planning berbasis WebGIS

Kolaborasi dengan berbagai akan terus dikembangan untuk meningkatkan program studi di lingkungan PWK ITS dan mencapai visinya. Instansi yang telah melakukan kolaborasi dengan PWK ITS antara lain :

  1. Bidang Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kota Mojokerto,     Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banyuwangi.
  2. Bidang Pengembangan Kawasan Wisata : Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata Kab. Kolaka, Bappeda  Kota Batu dan BOPTN.
  3. Perguruan Tinggi Luar Negeri : Saxion University – Netherlands, Monash University Australia, Radboud University Netherland, RMIT Australia, Universiti Utara Malaysia, Mexico University, National Cheng Kung University Taiwan, National Central University Taiwan, Tokyo University Jepang, Dankook University Korea, Shibaura University Jepang, Massachusetts Institute of Technology USA, University Santo Thomas Philipina, International Islamic University Malaysia. Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah program double degree sarjana/master/doktoral, pertukaran mahasiswa dan dosen, kuliah tamu, penelitian, pengembangan metode pengajaran, pengembangan lisensi, kerjasama jurnal penelitian, partisipasi dalam seminar/simposium.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS.

PWK yang Berorientasi pada Sumber Daya Alam

Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki visi untuk menjadi institusi yang berintegritas, berkompetensi tinggi, dan inovatif dalam bidang perencanaan wilayah dan kota secara berkelanjutan.

Image
Image
Image
Image