Desain Interior

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Desain yang Melestarikan Lingkungan dan Budaya Nasional

Dalam Departemen desain Interior mahasiswa akan belajar merancang interior maupun furniture yang ada untuk mewujudkan interior yang estetik, nyaman, dan aman untuk pemilik hunian maupun pengguna fasilitas publik. Mahasiswa juga akan belajar untuk memahami kebutuhan manusia terhadap suatu ruangan, peka terhadap elemen desain, dan memiliki kemampuan organisasi yang baik. Nantinya dalam masa perkuliahan mahasiswa dapat memilih keilmuan sesuai dengan minat dan bakat, diantaranya Lingkungan dan Perilaku Manusia di Dalam Bangunan, Ilmu Bangunan dan Teknologi, dan Desain Bangunan dan Budaya.

Untuk dapat menjadi mahasiswa Departemen Desain Interior ITS, haruslah melalui tes Perguruan Tinggi Negeri dan tes kemampuan visual. Karena itulah mahasiswa Departemen Desain Interior ITS memiliki kemampuan sangat baik dalam hal visual dan cerdas dalam menyelesaikan permasalahan. Hal itu menjadikan mahasiswa Departemen Desain Interior ITS kerap memenangkan berbagai penghargaan dan kompetisi desain.

Kemampuan mahasiswa tersebut tidak lepas dari peran pengajar ITS yang berkualitas dan juga fasilitas yang ada di gedung Desain Interior. Selain memiliki prestasi akademik yang baik, mahasiswa juga digembleng untuk siap menjadi lulusan yang profesional dalam bekerja. Hal tersebut diupayakan lewat adanya mata kuliah Kerja Praktik atau KP. Pada mata kuliah tersebut, mahasiswa Desain Interior akan magang di studio-studio desain interior di Surabaya maupun di luar Surabaya.

Lulusan dari Desain Interior mampu memasuki berbagai macam bidang pekerjaan yang berhubungan dengan Desain Interior. Sebagian besar lulusannya bekerja sebagai konsultan desain interior, baik secara mandiri ataupun bergabung dengan konsultan lainnya. Selain itu, lulusan Departemen Desain Interior juga diminati oleh perusahaan industri manufaktur yang berfokus terhadap komponen (elemen) interior dan pengembang hunian. Lulusannya juga memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang lain seperti menjadi akademisi, perbankan, hotel, pertelevisian, dan lain-lain.

Program Studi Sarjana (S1) Desain Interior

Mahasiswa program ini akan diberikan pembelajaran dengan sistem Laboratorium Based Education dengan sistem studio. Pendalaman obyek desain selama bekerja di studio serta kerja praktek pada perusahaan desainer besar berskala nasional akan menambah kesiapan mahasiswa Departemen Desain Interior untuk berkarya di lapangan pekerjaannya.

Misi departemen desain interior dalam bidang penelitian adalah berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu desain interior terutama di bidang eco interior, desain interior transportasi dan desain interior nusantara melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional. Program riset di Departemen Desain Interior meliputi bidang sains interior, perilaku dan kepuasan pengguna interior, konsep dan estetika, serta pasca penggunaan interior.

Program kolaborasi juga dilakukan oleh Departemen Desain Interior , antara lain bergabung dengan asosiasi profesi desain interior, kuliah tamu, komunitas desain, masyarakat, dan lainnya.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Desain Interior ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Desain Interior ITS.

Pengembangan Ilmu Desain Interior dan Penerapannya

Departemen Desain Interior memiliki visi untuk menjadi program studi dengan reputasi internasional dalam bidang desain interior terutama yang menunjang industri kreatif berwawasan lingkungan dan budaya nasional.

Image
Image
Image
Image