Arsitektur

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

ARSITEKTUR

Departemen Arsitektur ITS mencetak mahasiswa yang siap membangun infrastruktur terbaik untuk memajukan Indonesia. Departemen Arsitektur merupakan tempat bagi calon mahasiswa yang ingin menjadi ahli dan seorang profesional dalam bidang arsitektur dan pembangunan serta mereka yang ingin mengambil jenjang pendidikan lebih tinggi. Lulusan Departemen Arsitektur dididik untuk memiliki kemampuan yang baik dalam meneliti, mengkaji, dan menyelesaikan masalah seputar arsitektur serta digembleng untuk memiliki sikap profesional dalam bekerja. Nantinya, mahasiswa dapat memilih program studi atau konsentrasi sesuai bakat dan kemampuan. Program studi tersebut diantaranya Perumahan dan Permukiman, Teori, Sejarah dan Kritik Arsitektur, Perancangan Kota, Arsitektur Lingkungan, Manajemen Pembangunan Kota, Studi Pembangunan, Perancangan Arsitektur, Pendidikan Profesi Arsitektur (PPArs)

Departemen Asitektur memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi karena telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selama 39 tahun berjaya di ITS, Departemen Arsitektur telah memiliki pengajar yang berkualitas dan siap mencetak calon arsitek terbaik Indonesia.

Mahasiswa Arsitektur ITS berasal dari berbagai kota bahkan negara yang telah berhasil melalui serangkaian tes masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga tidak mengejutkan bahwa mereka memiliki semangat yang tinggi dalam belajar dan berprestasi. Terhitung hingga saat ini banyak kompetisi yang telah diikuti dan dimenangkan oleh mahasiswa Arsitektur ITS. Dalam perkuliahannya mereka diasah untuk memiliki kemampuan mumpuni dalam hal penelitian maupun praktik.

Hingga saat ini Departemen Arsitektur ITS telah berhasil mencetak alumni yang bekerja di berbagai perusahan besar di Indonesia. Mereka turut meningkatkan pembangunan serta inrastruktur.

Program Sarjana (S1)

Program ini menawarkan sembilan bidang kompetensi yaitu Architecture Theory, History & Criticism, Architecture Design , Architectural Technology/Engineering , Professional and Social Practice , Visual Arts and Design Computing , Urban Design/Planning , Housing and Human Settlement Studies , Landscape Architecture , Environment and Behaviour Studies/Environmental Design. Lulusan prorgam ini diharapkan mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, Arsitektur Nusantara dan Perancangan berbasis IT.

Program Pascasarjana (S2)

Program ini menghasilkan lulusan dengan kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara; memecahkan permasalahan di bidang keahliannya; dan mengembangkan kinerja profesionalnya melalui penelitian dan kegiatan akademik lainnya. Pada Program ini ditawarkan lima bidang ilmu keahlian, yaitu Pemukiman Kota dan Lingkungan, Perancangan dan Kritik Arsitektur, Perancangan Kota, Arsitektur Lingkungan, Manajemen Pembangunan Kota.

Program Doktoral (S3)

Program ini menghasilkan lulusan dengan kemampuan mengembangkan konsep dan teori ilmu, teknologi, dan/atau kesenian baru di dalam bidang arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, dan Arsitektur Nusantara, melalui penelitian; Kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian; serta kemampuan mengaplikasikan pendekatan interdisiplin dalam berkarya di bidang keahliannya. Pada Program ini ditawarkan lima bidang ilmu keahlian, yaitu Perumahan dan Permukiman , Lansekap , dan Arsitektur Lingkungan.

Salah satu misi Departemen Arsitektur dalam bidang penelitian yaitu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan desain, dalam bidang Arsitektur Tropis  yang memiliki keunggulan dalam pemecahan masalah lingkungan, budaya dan kemanusiaan,  yang berkualitas internasional. Penelitian di departemen arsitektur ini didukung oleh sarana laboratorium yang dibagi sesuai dengan bidang kompetensi , yaitu :

  1. Laboratorium Perumahan dan Pemukiman : Pelatihan, Penelitiandan Pengembangan di Bidang Isu-isu Perumahan dan Pemukiman Utamanya yang Terkait dengan Masalah Masyarakat Lapis Bawah.
  2. Laboratorium Perkembangan Arsitektur : Sejarah, Teori serta Asas dan Metode Perancangan Arsitektur.
  3. Laboratorium Pemodelan dan Komputasi Arsitektur : Arsitektur-pemodelan dan appearance ruang dan bentuk
  4. Laboratorium Perancangan Arsitektur : Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
  5. Laboratorium Lansekap Arsitektur : Penataan Lingkungan Binaan secara umum dari aspek: Fung-sional, Tipologikal dan Estetika; dan Ruang Luar secara lebih spesifik.
  6. Laboratorium Sains Arsitektur dan Teknologi : Menanggapi dan memecahkan isu kompleks dalam arsitektur yang berkaitan dengan lingkungan alam dan buatan, Menelaah nilai keberlanjutan desain arsitektur pada konteks lingkungan alam dan buatan.
  7. Laboratorium Struktur dan Konstruksi : Tridarma di bidang struktur dan konstruksi arsitektur ditinjau dari segi estetika, logika struktur dan kekuatan bahan finishing.
  8. Laboratorium Perancangan Kota : Menciptakan Arsitektur Kota yang tanggap kebutuhan fisik-fisiologis dan sosio psi-kologis, secara berkelanjutan.

Departemen Arsitektur mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi seperti Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) , University of Technology Belanda, Dept of Planning School of Public Affairs, UCLA, Bapeprov Jawa Timur, Departemen Pekerjaan Umum, Dinas Permukiman Bapeprov Jatim , Asia Development Bank, Pemerintah Kota Pasuruan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya , Gedung Darmo Trade Centre Wonokromo Surabaya.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Arsitektur ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Arsitektur ITS.

Arsitektur yang Berorientasi pada Pemecahan Masalah Masyarakat

Departemen Arsitektur memiliki visi untuk menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Arsitektur berbasis riset, yang mengangkat keunggulan lokal dan kompetitif di tingkat Internasional.

Image
Image
Image
Image