Toggle navigation
Prospective Students
Current Students
Lecturer and Staff
Alumni
Download
en
Bahasa Indonesia
English
myITS
Academic
Study Program
Regulation and Information
Facilities
Laboratories
Classrooms
Auditorium Room
Prayer Room
Parking Area
Toilet
Research and Collaborations
Research Focus
Scientific Publications
Research Results
Collaborations
Conferences
Researches
Department Activities
Community Services
Outbound Mobility
Inbound Mobility
About Us
Vision and Mission
History
Greeting from Head of Department
Accreditation
Brochure of Computer Engineering Department
Poster of Computer Engineering Department
Logo of Computer Engineering Department
ASIIN Documents
Supeno Mardi Susiki Nugroho
Name : Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho,S.T.,M.T.
State Employee Number
: 19700313199512 1 001
Email : mardi@its.ac.id
Education Background
Bachelor – Electrical Engineering (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Magister – Informatics Engineering (Institut Teknologi Bandung)
Doctor – Electrical Engineering (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Course
EC184305
Operating Systems
EC184911
Game Design
EC184913
Computational Intelligence for Game
EC184401
Systems Design and Engineering
Final Project
Stocks Prices Prediction Using Markov Chain Monte Carlo Based on Apache Spark
Rekayasa Permainan Edukasi Pendidikan Sejarah Indonesia “Prehistoria” Untuk Anak SMA Kelas X
MedCap , Sistem Self-Physical Rehabilitation Melalui Pengukuran Kesesuaian Gerakan Berbasis Motion Capture Menggunakan Microsoft Kinect
Pengembangan Platform Pemantauan Pertumbuhan Ternak pada Peternakan Berbasis Komputerisasi Awan
Life of Patogen, Casual Game dengan Unsur Edukatif sebagai Pembelajaran Siklus Hidup Bakteri Salmonella di Pelajaran Biologi
Game Komposisi Tarian Tradisional dengan Memanfaatkan Data Motion Capture
Real-Time Database Management System pada Game Action Tower Defense : Saga Legacy
Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Klasifikasi Jenis Penyakit pada Peternakan Sapi
Skenario Permainan Multiple Ending Menggunakan Rulebased System untuk Menyesuaikan Tingkat Kemampuan Player dengan Materi Pembelajaran Matematika
Project One Virtual Reality Overseer : Gamifikasi Manajemen Massa Berbasis Virtual Reality untuk Program Summer School Curiousu
Integrasi Leap Motion pada MedCap untuk Rehabilitasi Pasca Stroke Gerakan Jari Tangan Secara Online
Pengembangan Aplikasi Penentu Posisi Sapi Menggunakan Metode Triangulasi Berbasis Cubeacon
Pengembangan Simulasi Lalu Lintas Menggunakan Graf Berbobot Berdasarkan Waktu Tempuh
Pengembangan Game Edukasi Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMA Kelas X
Pengaturan Waktu Lampu Penyebrangan Adaptif Berdasarkan Deteksi Objek Pedestrian Berbasis Convolutional Neural Network (CNN)
Prediksi Harga Saham Menggunakan Markov Chain Monte Carlo berbasis Apache Spark
Pembuatan Game Edukasi Gejala Stroke dan Pencegahannya Berbasis Android
Perbandingan Metode Scale Invariant Feature Transform (SIFT) dan Speeded-Up Robust Feature (SURF) Dalam Mendeteksi Kepalsuan Citra Dermoscopic yang Terserang Copy-Move
Sistem Informasi Geografis Berbasis Google Earth API Untuk Pengelompokan Data Spasial Geografis Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors
Deteksi Penggunaan Helm pada Pengendara Bermotor berbasis Deep Learning
Procedural Environment Generation untuk Model 3D Gua Menggunakan OpenSimplex Noise dan Marching Cube
Pengukur Suhu Badan Secara Optik Berbasis Raspberry PI
Pengembangan Skenario Casual Game “Diabetes Type 1” pada Perangkat Android untuk Membantu Pengobatan Pasien Anak-Anak Penyakit Diabetes Type 1
Simulasi Deteksi dan Intersepsi Misil Balistik menggunakan Virtual Reality
Sistem Percakapan Chatbot Berbasis Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Krama Lugu Pada Bahasa Jawa
Pembuatan Game Puzzle-Adventure dengan Topik Trigonometri untuk Siswa SMA
Citations
Google Scholar :
https://scholar.google.co.id/citations?user=dBFDIUQAAAAJ&hl=en
Sinta :
https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=29729&view=overview
Scopus :
https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=55441028000
Research Experiences
No.
Year
Research Subject
Funding Source
1.
2011
Magic Book Buku Cerita Ajaib: Media Pembelajaran
dan Bercerita Interaktif Multimedia Mixed Reality
Berbasis kearifan Budaya Lokal
Domestic Government
Applied Research
2.
2012
Pelatihan Pemakaian Motion Capture McGegas dan
Open Source 3D Engine untuk Siswa-siswi SMK dan
Tenaga Desain dari Industri Kreati
Domestic Government
Applied Research
3.
2012
Perilaku Kelompok NPC Dalam Pertempuran dengan
Metode Fuzzy Coordinator yang dioptimalkan
dengan Metode Simulated Anneling dan Harmony
Search
Domestic Government
Applied Research
4.
2013
Pengembangan Sistem Peringatan Dini Berbasis
Sistem Pakar untuk Ketahanan Pangan
Domestic Government
Applied Research
5.
2013-2014
Simulasi Pertempuran pada Kelompok NPC
menggunakan Metode Fuzzy Coordinator yang
dioptimalkan dengan Metode Simulated Annealing
dan Harmony Search
PTUPT DIKTI
6.
2015
Dijitalisasi Koleksi Arca Museum Berbasis
Pemodelan 3D yang Terintegrasi Secara Nasional
untuk Revitalisasi Museum
PSN Institution DIKTI
7.
2015
Platform Kecerdasan Buatan NPC berbasis Dynamic
Challenging Level Adapter (DCA) untuk Simulasi
Permainan Action Real-Time Strategy (ARTS)
Basic Research on Other
Fund Sources - Domestic
8.
2016
Dwipayudha: Game komputer dengan karakter etnis
Jawa-Bali-Madura berbasis Kecerdasan
Komputasional
Basic Domestic
Government Research
9.
2016
Pembuatan Perangkat Monitoring Vital Sign Pasien
Rawat Inap yang Terintegrasi Pada Ruang Dokter
Jaga
PTUPT DIKTI
10.
2016
Pengembangan Intelligent Maritime Transportation
System untuk Penegakan Kedaulatan Maritim
Indonesia
PSN Institution DIKTI
11.
2016-2017
MOVABLE DATA CENTER UNTUK DAERAH MARITIM
YANG TERDEPAN, TERLUAR DAN TERPENCIL
PSN Institution DIKTI
12.
2016-2018
Dwipayudha: Game komputer dengan karakter etnis
Jawa-Bali-Madura berbasis Kecerdasan
Komputasional
IRPI DIKTI
13.
2017
Kajian Kelayakan Bisnis dan HKI Medcap : Perangkat
Self- Physical Rehabilitation Berbasis Motion
Capture
Internal Basic Research
College-Domestic
14.
2017
Pengembangan Intelligent Maritime Transportation
System untuk Penegakan Kedaulatan Maritim
Indonesia
PSN Institution DIKTI
15.
2017
Pengembangan Prototipe MedCap Perangkat Self
Physical Rehabilitation Berbasis Motion Capture
Internal Basic Research
College-Domestic
16.
2017-2018
Sistem Cerdas Monitoring Kinerja Jantung pada
Manula menggunakan Wireless e-Health sensors
PTUPT DIKTI
17.
2018
DIENEN: Robot asisten dan pemantau data vital sign
untuk lansia
PTUPT DIKTI
18.
2018
Pengembangan Prototipe Skala Industri dari
Medcap : Perangkat Rehabilitasi Mandiri untuk
Terapi Penderita Stroke
Internal Applied Research
College-Domestic
19.
2018-2020
RANCANGAN PENGEMBANGAN SISTEM
PEMBELAJARAN ONLINE UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
Internal Applied Research
College-Domestic
20.
2019
Difusi Perangkat Intelligent Maritime Transportation
System untuk Penegakan Kedaulatan Maritim
Indonesia
PP DIKTI
21.
2019
Analisa Cluster Profil Mahasiswa Sebagai Dasar
Pertimbangan Dalam Pemilihan Jurusan di
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Malang Menggunakan Algoritma Som (SelfOrganizing Map)
Internal Basic Research
College-Domestic
22.
2019
Optimasi penempatan bangunan pada game
Civilization VI menggunakan NSGA-II
Internal Basic Research
College-Domestic
23.
2019
Pengembangan Sistem Penganalisa Kerumunan
Manusia (Crowd Analysis) Berbasis Citra Dengan
Menggunakan Convolutional Neural Network
Internal Basic Research
College-Domestic
24.
2019
Peningkatan skalabilitas dan availabilitas sifars
menggunakan microservice dan horizontal scaling
Internal Basic Research
College-Domestic
25.
2019
Performance enhancement pencarian posisi tarakhir
kapal untuk intelligent maritime transportation
system menggunakan Geohash
Internal Basic Research
College-Domestic
26.
2019
Pewarnaan citra keabuan secara automatis berbasis
intensitas dan varian dengan menggunakan kmeans
Internal Basic Research
College-Domestic
27.
2019
Rekontruksi Citra Panorama Berbasis Data
Geospasial Menggunakan Sift (Scale Invariant
Transform)
Internal Basic Research
College-Domestic
28.
2019-2020
Analisa hubungan kekerabatan manusia berbasis
citra wajah menggunakan teknologi deep learning
PDUPT DIKTI
29.
2019-2021
Intelligent Teledermatology System untuk Smart
Hospital
KRU-PT DIKTI
30.
2020-2022
Re-identifikasi Orang Pada Video Surveillance
Menggunakan Teknologi Deep Learning Untuk
Pengembangan Smart-Surveillance Security System
PDUPT DIKTI
Scientific Article Writing Experiences in Journals
No.
Scientific Article Subject
Year
Journal Name
1.
Fuzzy Coordinator based Intelligent Agents For Team
Coordination Behavior in close combat games
2013
Journal of Theoritical and
applied Information
Technology
2.
NPCs multi enemy attack formation using bee colony algorithm
2016
International Review on
Computers and Software
3.
Virtual camera control based on cinematographic rules of
camera shot and camera angle
2016
International Review on
Computers and Software
4.
Ubiquitous learning model using interactive internet
messenger group (IIMG) to improve engagement and behavior
for smart campus
2017
Journal of Physics:
Conference Series
5.
Internet messenger based smart virtual class learning using
ubiquitous computing
2017
Journal of Physics:
Conference Series
6.
Perilaku Taktis untuk Non-Player Characters di Game
Peperangan Meniru Strategi Manusia Menggunakan Fuzzy
Logic dan Hierarchical Finite State Machine
2017
Kursor Scientific Journal
7.
Smart City Priority Correlation Using Differential Equation
2018
Computing in Science and
Engineering
8.
Development of Learning Media "Solar System" Multiplayer
Virtual Reality Using Samsung Gear VR
2019
ITS Engineering Journal
Seminar Experiences
No.
Summit Name
Scientific Article Subject
Year
1.
CENIM 2019
Deploying Scalable Face Recognition Pipeline Using
Distributed Microservices
2019
2.
CENIM 2019
Pelican Crossing Adaptive Time Arrangement using
Convolutional Neural Network
2019
3.
ISITIA 2019
Wood Strength Classification Based on RGB Color
and Image Texture Using KNN Method
2019
4.
ICTS 2019
NSGA-II for City Building Placement Optimization in
the Turn-based Game Civilization VI
2019
5.
ICAIIT 2019
Fuzzy Coordinator based AI for Dynamic Difficulty
Adjustment in Starcraft 2
2019
6.
ISITIA 2018
Crowds Evacuation Simulation on Heterogeneous
Agent Using Agent-Based Reciprocal Velocity
Obstacle
2018
7.
International
Conference on
Information
Technology and
Electrical Engineering
(ICITEE)
An Information Retrieval Approach to Finding
Similar Questions in Question-Answering of
Indonesian Government e-Procurement Services
using TF*IDF and LSI Model
2018
8.
Quality in Research
(QiR) : International
Symposium on
Electrical and
Computer Engineering
Predicting daily consumer price index using support
vector regression method
2017
9.
International
Conference on New
Media Studies
(CONMEDIA)
Crowd evacuation using multi-agent system with
leader-following behaviour
2017
10.
International
Symposium on
Electronics and Smart
Devices (ISESD)
Crowd navigation using leader-follower algorithm
based Reciprocal Velocity Obstacles
2016
11.
International Seminar
on Application for
Technology of
Information and
Communication
(SEMANTIC)
Simulation Multi Behavior NPCs in Fire Evacuation
using Emotional Behavior Tree
2016
12.
International Seminar
on Intelligent
Technology and Its
Applications, ISITIA
Multi behavior NPC coordination using fuzzy
coordinator and Gaussian distribution
2015
13.
International Seminar
on Intelligent
Technology and Its
Applications, ISITIA
Smart Agent for Multi Behaviour NPC Coordination
Using Fuzzy Coordinator
2014
Lecturer
Ahmad Zaini
Arief Kurniawan
Arta Kusuma Hernanda
Diah Puspito Wulandari
Dion Hayu Fandiantoro
Eko Mulyanto Yuniarno
Eko Pramunanto
Hany Boedinugroho
I Ketut Eddy Purnama
Mauridhi Hery Purnomo
Mochamad Hariadi
Muhtadin
Reza Fuad Rachmadi
Supeno Mardi Susiki Nugroho
Surya Sumpeno
Susi Juniastuti
Yoyon Kusnendar Suprapto
Management
Staff
Need Help?
Please contact us here:
Call Us
Home >
Lecturer and Staff
>
Lecturer
>
Supeno Mardi Susiki Nugroho