Supeno Mardi Susiki Nugroho

Name : Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho,S.T.,M.T.
State Employee Number : 19700313199512 1 001
Email : mardi@its.ac.id

Education Background

  • Bachelor – Electrical Engineering (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  • Magister – Informatics Engineering (Institut Teknologi Bandung)
  • Doctor – Electrical Engineering (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Final Project

  • Stocks Prices Prediction Using Markov Chain Monte Carlo Based on Apache Spark
  • Rekayasa Permainan Edukasi Pendidikan Sejarah Indonesia “Prehistoria” Untuk Anak SMA Kelas X
  • MedCap , Sistem Self-Physical Rehabilitation Melalui Pengukuran Kesesuaian Gerakan Berbasis Motion Capture Menggunakan Microsoft Kinect
  • Pengembangan Platform Pemantauan Pertumbuhan Ternak pada Peternakan Berbasis Komputerisasi Awan
  • Life of Patogen, Casual Game dengan Unsur Edukatif sebagai Pembelajaran Siklus Hidup Bakteri Salmonella di Pelajaran Biologi
  • Game Komposisi Tarian Tradisional dengan Memanfaatkan Data Motion Capture
  • Real-Time Database Management System pada Game Action Tower Defense : Saga Legacy
  • Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Klasifikasi Jenis Penyakit pada Peternakan Sapi
  • Skenario Permainan Multiple Ending Menggunakan Rulebased System untuk Menyesuaikan Tingkat Kemampuan Player dengan Materi Pembelajaran Matematika
  • Project One Virtual Reality Overseer : Gamifikasi Manajemen Massa Berbasis Virtual Reality untuk Program Summer School Curiousu
  • Integrasi Leap Motion pada MedCap untuk Rehabilitasi Pasca Stroke Gerakan Jari Tangan Secara Online
  • Pengembangan Aplikasi Penentu Posisi Sapi Menggunakan Metode Triangulasi Berbasis Cubeacon
  • Pengembangan Simulasi Lalu Lintas Menggunakan Graf Berbobot Berdasarkan Waktu Tempuh
  • Pengembangan Game Edukasi Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMA Kelas X
  • Pengaturan Waktu Lampu Penyebrangan Adaptif Berdasarkan Deteksi Objek Pedestrian Berbasis Convolutional Neural Network (CNN)
  • Prediksi Harga Saham Menggunakan Markov Chain Monte Carlo berbasis Apache Spark
  • Pembuatan Game Edukasi Gejala Stroke dan Pencegahannya Berbasis Android
  • Perbandingan Metode Scale Invariant Feature Transform (SIFT) dan Speeded-Up Robust Feature (SURF) Dalam Mendeteksi Kepalsuan Citra Dermoscopic yang Terserang Copy-Move
  • Sistem Informasi Geografis Berbasis Google Earth API Untuk Pengelompokan Data Spasial Geografis Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors
  • Deteksi Penggunaan Helm pada Pengendara Bermotor berbasis Deep Learning
  • Procedural Environment Generation untuk Model 3D Gua Menggunakan OpenSimplex Noise dan Marching Cube
  • Pengukur Suhu Badan Secara Optik Berbasis Raspberry PI
  • Pengembangan Skenario Casual Game “Diabetes Type 1” pada Perangkat Android untuk Membantu Pengobatan Pasien Anak-Anak Penyakit Diabetes Type 1
  • Simulasi Deteksi dan Intersepsi Misil Balistik menggunakan Virtual Reality
  • Sistem Percakapan Chatbot Berbasis Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Krama Lugu Pada Bahasa Jawa
  • Pembuatan Game Puzzle-Adventure dengan Topik Trigonometri untuk Siswa SMA

Research Experiences

No.YearResearch SubjectFunding Source
1.2011Magic Book Buku Cerita Ajaib: Media Pembelajaran
dan Bercerita Interaktif Multimedia Mixed Reality
Berbasis kearifan Budaya Lokal
Domestic Government
Applied Research
2.2012Pelatihan Pemakaian Motion Capture McGegas dan
Open Source 3D Engine untuk Siswa-siswi SMK dan
Tenaga Desain dari Industri Kreati
Domestic Government
Applied Research
3.2012Perilaku Kelompok NPC Dalam Pertempuran dengan
Metode Fuzzy Coordinator yang dioptimalkan
dengan Metode Simulated Anneling dan Harmony
Search
Domestic Government
Applied Research
4.2013Pengembangan Sistem Peringatan Dini Berbasis
Sistem Pakar untuk Ketahanan Pangan
Domestic Government
Applied Research
5.2013-2014Simulasi Pertempuran pada Kelompok NPC
menggunakan Metode Fuzzy Coordinator yang
dioptimalkan dengan Metode Simulated Annealing
dan Harmony Search
PTUPT DIKTI
6.2015
Dijitalisasi Koleksi Arca Museum Berbasis
Pemodelan 3D yang Terintegrasi Secara Nasional
untuk Revitalisasi Museum
PSN Institution DIKTI
7.2015Platform Kecerdasan Buatan NPC berbasis Dynamic
Challenging Level Adapter (DCA) untuk Simulasi
Permainan Action Real-Time Strategy (ARTS)
Basic Research on Other
Fund Sources - Domestic
8.2016Dwipayudha: Game komputer dengan karakter etnis
Jawa-Bali-Madura berbasis Kecerdasan
Komputasional
Basic Domestic
Government Research
9.2016Pembuatan Perangkat Monitoring Vital Sign Pasien
Rawat Inap yang Terintegrasi Pada Ruang Dokter
Jaga
PTUPT DIKTI
10.2016
Pengembangan Intelligent Maritime Transportation
System untuk Penegakan Kedaulatan Maritim
Indonesia
PSN Institution DIKTI
11.2016-2017MOVABLE DATA CENTER UNTUK DAERAH MARITIM
YANG TERDEPAN, TERLUAR DAN TERPENCIL
PSN Institution DIKTI
12.2016-2018Dwipayudha: Game komputer dengan karakter etnis
Jawa-Bali-Madura berbasis Kecerdasan
Komputasional
IRPI DIKTI
13.2017Kajian Kelayakan Bisnis dan HKI Medcap : Perangkat
Self- Physical Rehabilitation Berbasis Motion
Capture
Internal Basic Research
College-Domestic
14.2017Pengembangan Intelligent Maritime Transportation
System untuk Penegakan Kedaulatan Maritim
Indonesia
PSN Institution DIKTI
15.2017Pengembangan Prototipe MedCap Perangkat Self
Physical Rehabilitation Berbasis Motion Capture
Internal Basic Research
College-Domestic
16.2017-2018Sistem Cerdas Monitoring Kinerja Jantung pada
Manula menggunakan Wireless e-Health sensors
PTUPT DIKTI
17.2018DIENEN: Robot asisten dan pemantau data vital sign
untuk lansia
PTUPT DIKTI
18.2018Pengembangan Prototipe Skala Industri dari
Medcap : Perangkat Rehabilitasi Mandiri untuk
Terapi Penderita Stroke
Internal Applied Research
College-Domestic
19.2018-2020RANCANGAN PENGEMBANGAN SISTEM
PEMBELAJARAN ONLINE UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
Internal Applied Research
College-Domestic
20.2019Difusi Perangkat Intelligent Maritime Transportation
System untuk Penegakan Kedaulatan Maritim
Indonesia
PP DIKTI
21.2019Analisa Cluster Profil Mahasiswa Sebagai Dasar
Pertimbangan Dalam Pemilihan Jurusan di
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Malang Menggunakan Algoritma Som (SelfOrganizing Map)
Internal Basic Research
College-Domestic
22.2019Optimasi penempatan bangunan pada game
Civilization VI menggunakan NSGA-II
Internal Basic Research
College-Domestic
23.2019Pengembangan Sistem Penganalisa Kerumunan
Manusia (Crowd Analysis) Berbasis Citra Dengan
Menggunakan Convolutional Neural Network
Internal Basic Research
College-Domestic
24.2019Peningkatan skalabilitas dan availabilitas sifars
menggunakan microservice dan horizontal scaling
Internal Basic Research
College-Domestic
25.2019Performance enhancement pencarian posisi tarakhir
kapal untuk intelligent maritime transportation
system menggunakan Geohash
Internal Basic Research
College-Domestic
26.2019Pewarnaan citra keabuan secara automatis berbasis
intensitas dan varian dengan menggunakan kmeans
Internal Basic Research
College-Domestic
27.2019Rekontruksi Citra Panorama Berbasis Data
Geospasial Menggunakan Sift (Scale Invariant
Transform)
Internal Basic Research
College-Domestic
28.2019-2020Analisa hubungan kekerabatan manusia berbasis
citra wajah menggunakan teknologi deep learning
PDUPT DIKTI
29.2019-2021Intelligent Teledermatology System untuk Smart
Hospital
KRU-PT DIKTI
30.2020-2022Re-identifikasi Orang Pada Video Surveillance
Menggunakan Teknologi Deep Learning Untuk
Pengembangan Smart-Surveillance Security System
PDUPT DIKTI

Scientific Article Writing Experiences in Journals

No.Scientific Article Subject
YearJournal Name
1.Fuzzy Coordinator based Intelligent Agents For Team
Coordination Behavior in close combat games
2013Journal of Theoritical and
applied Information
Technology
2.NPCs multi enemy attack formation using bee colony algorithm2016International Review on
Computers and Software
3.Virtual camera control based on cinematographic rules of
camera shot and camera angle
2016International Review on
Computers and Software
4.Ubiquitous learning model using interactive internet
messenger group (IIMG) to improve engagement and behavior
for smart campus
2017Journal of Physics:
Conference Series
5.Internet messenger based smart virtual class learning using
ubiquitous computing
2017Journal of Physics:
Conference Series
6.Perilaku Taktis untuk Non-Player Characters di Game
Peperangan Meniru Strategi Manusia Menggunakan Fuzzy
Logic dan Hierarchical Finite State Machine
2017Kursor Scientific Journal
7.Smart City Priority Correlation Using Differential Equation2018Computing in Science and
Engineering
8.Development of Learning Media "Solar System" Multiplayer
Virtual Reality Using Samsung Gear VR
2019ITS Engineering Journal

Seminar Experiences

No.Summit NameScientific Article SubjectYear
1.CENIM 2019Deploying Scalable Face Recognition Pipeline Using
Distributed Microservices
2019
2.CENIM 2019Pelican Crossing Adaptive Time Arrangement using
Convolutional Neural Network
2019
3.ISITIA 2019Wood Strength Classification Based on RGB Color
and Image Texture Using KNN Method
2019
4.ICTS 2019NSGA-II for City Building Placement Optimization in
the Turn-based Game Civilization VI
2019
5.ICAIIT 2019
Fuzzy Coordinator based AI for Dynamic Difficulty
Adjustment in Starcraft 2
2019
6.ISITIA 2018Crowds Evacuation Simulation on Heterogeneous
Agent Using Agent-Based Reciprocal Velocity
Obstacle
2018
7.International
Conference on
Information
Technology and
Electrical Engineering
(ICITEE)
An Information Retrieval Approach to Finding
Similar Questions in Question-Answering of
Indonesian Government e-Procurement Services
using TF*IDF and LSI Model
2018
8.Quality in Research
(QiR) : International
Symposium on
Electrical and
Computer Engineering
Predicting daily consumer price index using support
vector regression method
2017
9.International
Conference on New
Media Studies
(CONMEDIA)
Crowd evacuation using multi-agent system with
leader-following behaviour
2017
10.International
Symposium on
Electronics and Smart
Devices (ISESD)
Crowd navigation using leader-follower algorithm
based Reciprocal Velocity Obstacles
2016
11.International Seminar
on Application for
Technology of
Information and
Communication
(SEMANTIC)
Simulation Multi Behavior NPCs in Fire Evacuation
using Emotional Behavior Tree
2016
12.International Seminar
on Intelligent
Technology and Its
Applications, ISITIA
Multi behavior NPC coordination using fuzzy
coordinator and Gaussian distribution
2015
13.International Seminar
on Intelligent
Technology and Its
Applications, ISITIA
Smart Agent for Multi Behaviour NPC Coordination
Using Fuzzy Coordinator
2014

Open chat
Butuh bantuan?
Selamat datang di Teknik Komputer ITS