News

PENTINGNYA MEMATUHI STANDAR ISO DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

Jum, 13 Jan 2023
2:51 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin-Kimia   |

source : emsregistrars.co.id/definisi-sertifikasi-iso-mengapa-itu-penting-di-dunia-bisnis/

HIMKA ITS – Ketika memproduksi segala jenis produk, kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting. Jaminan kualitas dapat menjadi lebih rumit ketika komponen dan rakitan untuk produk akhir diproduksi di pabrik yang berbeda di seluruh dunia. Karena barang-barang ini sangat terlihat dan digunakan setiap hari oleh pelanggan, desain yang kuat dan fabrikasi yang tepat sangat penting. ISO dan standar lainnya adalah aturan dasar perusahaan untuk terus mengukur, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem yang memastikan kualitas dan keandalan produk secara keseluruhan. Akibatnya, produsen ditantang untuk memverifikasi bahwa semua produk cocok bersama dengan baik dan berfungsi dengan sempurna setiap waktu.

Bagi yang belum mengetahui pengertian ISO, ISO adalah kependekan dari The International Organization for Standardization. Ini adalah badan non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi. Meskipun tidak ada perusahaan yang dipaksa untuk mematuhi standar ISO, memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa pemasok Anda mengelola bisnis mereka dengan standar yang konsisten yang mendorong pemborosan dan biaya dan mendorong kualitas produk dan pengiriman. Dengan adanya organisasi ini akan membuat ISO memberikan spesifikasi untuk kelas dunia dalam berbagai macam hal.

Pada umumnya ISO memiliki berbagai jenis standar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan persaingan global. Adapun beberapa jenis ISO yang sudah digunakan oleh banyak produk di Indonesia seperti, ISO 9001, ISO / IEC 17025, ISO 28000, ISO 50001, ISO 14001, ISO 22000, ISO/IEC 27001, dan ISO TS 16949.

Dengan memahami beberapa jenis ISO yang sudah digunakan di Indonesia, sebagai perusahaan yang akan bersaing global dapat mempersiapkan dan memperhatikan apa yang seharusnya dilakukan. Setiap bidang akan memiliki jenis ISO yang berbeda karena semua standar terhadap perusahaan tidak sama.

Sesuai dengan standar, ISO 9001 memiliki banyak manfaat bagi industri manufaktur dimana membantu perusahaan untuk menyelesaikan terkait biaya sembari menemukan cara untuk melampaui persyaratan yang ditentukan pelanggan. ISO/IEC 17025 dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki persyaratan lembaga pengujian misalnya laboratorium dengan jenis yang standar. ISO 28000 dapat digunakan bagi perusahaan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang persyaratan Sistem Manajemen Keamanan untuk rantai pasok atau Manajemen Keamanan terkait dengan aspek lain dari manajemen bisnis. ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi atau perusahaan untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan meningkatkan Sistem Manajemen Energi. ISO 14001 menetapkan persyaratan untuk organisasi atau perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka. ISO 22000 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan bagi organisasi atau perusahaan yang membutuhkan. ISO/IEC 27001 dapat digunakan oleh perusahaan dalam menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi. ISO TS 16949 adalah persyaratan sistem kualitas umum yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas dan memastikan integritas pasokan ke industri, dimana berlaku untuk organisasi atau perusahaan yang memproduksi komponen, rakitan, dan suku cadang untuk pasokan ke industri otomotif.

Dari sini kita tahu bahwa memiliki standar ISO dalam sebuah perusahaan sangat penting digunakan dan memiliki tujuan yang baik dalam pengelolaan bisnis. Diantara tujuan dan pentingnya ISO ialah untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan, mengoptimalkan kinerja karyawan, meningkatkan goodwill perusahaan, dan mencegah pemborosan. Dengan begitu, suatu bisnis akan mendapatkan banyak keuntungan sehingga perusahaan tersebut dapat bersaing secara global. Pada akhirnya, persaingan tersebut akan membuat konsumen lebih percaya dan meningkatkan keuntungan pada perusahaan.

 

Disusun Oleh : Muhammad Rajwasabiq Syarifudin

Latest News

  • WISUDA KE – 126 ITS KEMBALI MEMBERIKAN SUKACITA KEPADA WARGA DEPARTEMEN KIMIA

    HIMKA ITS – Wisuda merupakan acara yang ditunggu-tunggu para mahasiswa dan orang tua mahasiswa. Wisuda merupakan puncak acara yang

    13 Jan 2023
  • ESKALASI KARYA HADIR DENGAN SUASANA BARU

    HIMKA ITS – Pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022 Himpunan Mahasiswa Kimia ITS (HIMKA ITS) secara resmi melalui

    13 Jan 2023
  • PENTINGNYA MEMATUHI STANDAR ISO DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

    HIMKA ITS – Ketika memproduksi segala jenis produk, kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting. Jaminan kualitas dapat menjadi

    13 Jan 2023