Unit Kerja ITS

Unit Kerja ITS
05 Oktober 2016, 09:10

Cara Enable Windows Script Host

Oleh : itskai | | Source : -

Memperbaiki : “Windows Script Host access is disabled on this machine”

Jika Anda menerima pesan “Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details” pada windows 10/8/7 di komputer Anda, maka untuk mengaktifkan atau mengnonaktifkan Windows Script Host.

WSH-1

Windows Script Host atau WSH, adalah teknologi Microsoft yang menyediakan kemampuan scripting seperti file batch, tetapi mencakup lebih banyak fitur. Script tersebut dapat dijalankan langsung dari desktop dengan mengklik dua kali file script, atau dari command prompt. Hal ini dapat dijalankan baik dari wscript.exe protected-mode Windows-based host, atau cscript.exe real-mode command shell-based host.

Beberapa “HTML malware” telah dilaporkan karena menggunakan objek WSH, orang-orang yang tidak memerlukan fitur ini, cenderung untuk menonaktifkannya. Tapi menonaktifkan WSH, akan mencegah pengguna menjalankan script, termasuk VBScript dan JScript script, yang mengandalkan teknologi ini – dan beberapa perangkat lunak mungkin memerlukan fitur ini harus diaktifkan.

Enable, disable Windows Script Host

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host, ketik regedit.exe dalam kotak Run dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.

Arahkan ke kata kunci berikut:

“HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings”

WSH-2

Pada panel sebelah kanan, Anda akan melihat Enable. Jika Anda melihat entri 0, itu berarti bahwa akses Windows Script Host dinonaktifkan pada Windows Anda.

Double Klik  dan pada Value Data  ketik 1 untuk mengaktifkannya.

  • Nilai 1 akan mengaktifkan Windows Script Host
  • Nilai 0 akan menonaktifkan Windows Script Host.

Klik OK dan keluar dari registry editor. Jika Anda tidak melihat registry editor ini, maka Anda perlu untuk membuatnya karena tidak ada secara default pada Windows.

Dan sekarang Anda tidak lagi menerima pesan “Windows Script Host access is disabled on this machine”. Dengan cara ini Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host.

Sumber: http://www.thewindowsclub.com/windows-script-host-access-is-disabled-on-this-machine

Berita Terkait