News

Demo Penembakan Hasil Inovasi Proyektil Frangible antara PT Pindad, ITS & LPDP

Jum, 16 Des 2022
7:46 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminiottp   |

Gambar 1. Para Tamu Undangan dalam Demo Penembakan

PT Pindad melaksanakan kegiatan demo penembakan munisi frangible kaliber 9×19 mm (MU-1F) pada Kamis, 28 Juli 2022 di Lapangan Tembak PT Pindad, Bandung. Munisi Frangible merupakan hasil penelitian PT Pindad dan ITS didukung oleh LPDP yang merupakan inovasi terbaru pada produk munisi. Kegiatan uji dilaksanakan dengan menerapkan standar dan tolok ukur pengujian produk munisi. Pengujian dihadiri oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa, Sops Paspampres, Kopassus, Kopasgat, Marinir, Subditbinmu Puspalad, Baglog Korbrimob, Bagren Korbrimob, Satlat Brimob, Bagrenlog Slog Polri, Baginvent Slog Polri, LPDP, serta delegasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Gambar 2. Proses Penembakan Proyektil Franginble Bullet

Munisi frangible kaliber 9×19 mm merupakan inovasi terbaru pada produk munisi, dengan proyektil didesain khusus untuk mudah pecah saat mengenai target. Karakteristik munisi frangible (MU-1F) adalah Reduced Ricochet, Limited Penetration dimana proyektil peluru akan hancur menjadi partikel yang lebih kecil seperti serbuk ketika terjadi benturan.

Gambar 3. Partikel Serbuk Hasil Penembakan Proyektil ketika Mengalami Benturan

Sebelumnya peluru ini pun sudah dilakukan pengujian berulang antara Pindad dan ITS dengan target seperti plat baja, dinding bata, dan gel dengan hasil akhir peluru ketika mengenai sasaran menjadi serbuk. Yang mana hal ini dijadikan sebagai evaluasi untuk proses penelitian dan pembuatan peluru lebih lanjut. Peluru ini juga cocok untuk latihan tembak dalam ruangan dan untuk operasi khusus di lingkungan padat penduduk, pesawat dan area yang mudah terbakar.

Penelitian ini sebelumnya merupakan hasil riset peneliti ITS yang diketuai oleh Bu Widyastuti (Wakil Kepala Puslit IoTTP) yang bekerja sama dengan PT Pindad Pesero yang sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Proyektil frangible ini diharapkan mampu menjadi penguat daya dukung pertahanan dan kemanan negara republik Indonesia.

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.