Training dan Program

Training dan Program

ITS menyadari apabila reputasi internasional dimulai dari bagian internal kampus, untuk itu, ITS terus melakukan berbagai inovasi dan menggalakan program untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas civitasnya dalam dunia global. Tidak hanya dalam bidang akademik, ITS juga terus melakukan bimbingan secara berkelanjutan kepada mahasiswa, staff, dan dosen mengenai pengembangan perspektif global, pentingnya mengetahui cara menjadi masyarakat dunia serta terus berkontribusi untuk meningkatkan diversitas di kampus ITS. Berikut ialah program inisiatif ITS untuk menjemput datangnya era global

Staff Mobility Program

Staff Mobility Program merupakan sebuah program inisiatif International Office ITS  yang memberi kesempatan magang untuk tenaga kependidikan (tendik) ITS di beberapa universitas luar negeri. Program ini dimulai pada tahun 2013 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Dalam program ini, tendi akan di ajak  belajar mengenai bidangnya secara spesifik selama 4-5 hari. Hal ini sebagai usaha ITS untuk memperluas wawasan dan pengalaman mengenai bidang pekerjaannya di level internasional serta dapat menggali hal-hal yang inovatif agar bisa diterapkan di ITS. Saat ini, program ini telah menggaet beberapa partner universitas di Thailand seperti Chulalongkorn University dan King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT) dan bahkan tahun 2017 ITS juga menerima staff dari kedua universitas tersebut yang juga melakukan pertukaran staff di ITS selama satu minggu.

Program ini terbuka bagi tenaga pendidikan dengan dua jalur, yakni struktural dan reguler. Jalur struktural terbuka bagi kepala biro, kepala bagian, kepala sub dan kepala UPT sebagai usaha meningkatkan kapabilitas kepemimpinan dan perspektif global. Sedangkan jalur reguler terbuka bagi seluruh tendik baik PNS, CPNS, Honorer atau Tenaga Harian lepas (THL) yang berdedikasi di ITS untuk meningkatkan kompetensi globalnya.

Untuk mempersiapkan tendik ITS dalam mengikuti program tersebut, International Office ITS juga mengadakan program  Staff Upgrading berupa pelatihan bahasa Inggris yang disampaikan oleh relawan pengajar profesional. Staff Upgrading akan diadakan selama 5 minggu dan menjadi salah satu tahapan seleksi dan prasyarat untuk mengikuti Staff Mobility Program 2017. Hal ini juga menjadi cara bagi ITS untuk meningkatkan kompetensi staffnya dalam dunia global, membangun jaringan dengan partner universitas luar negeri serta memberikan kesempatan menggali inovasi dan kreativitas staff ITS.

anda juga bisa terus mengikuti perkembangan program ini di halaman Direktorat Hubungan Internasional ITS

Global Competence Workshop

Untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi masyarakat global dan membantu untuk menyiapkanrencana studi lanjutan, Global Competence Workshop (GCW) hadir dengan berbagai konsep baru dan berbagai pembaharuan. Workshop ini akan dibagi menjadi tiga courses. Terdapat basic GCW, exploring non-degree program, dan persuing degree program.

Basic GCW

Langkah pertama bagi mahasiswa untuk meningkatkan skill dan pengetahuan untuk mewujudkan mimpi mereka untuk dapat mencapai kesempatan global. Kurikulum basic GCW diformulasikan berdasarkan pengetahuan dasar dan material yang dibutuhkan untuk menghadapi peluang global dan tantangan. Workshop ini akan memberikan informasi tentang pentingnya melangkah ke dunia global, mencapai kesempatan global, dan banyak hal lain.

GCW : Exploring Non-Degree Program

Courses selanjutnya diformulasikan untuk menyiapkan mahasiswa yang ingin mendaftar ke non-degree program seperti short course, summer/winter program dan beberapa program lain. Workshop ini akan memberikan kamu informasi mendetail tentang apa saja yang harus disiapkan untuk meningkatkan peliang bergabung dalam non-degree program. Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang bagaimana cara membuat motivation letter, bagaima cara lobbying dan bernegosiasi dan bagaimana cara membangun kepercayaan diri selama proses interview.

GCW : Pursuing Degree Program

Course terakhir ini merupakan persiapan tingkat lanjut untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di level sarjana maupun pascasarjana. Workshop ini akan memberimu informasi yang jelas dan detail serta penjelasan tentang bagaimana cara menulis artikel ilmiah, bagaimana cara mendapatkan koneksi ke supervisor dan bagaimana membangun profesionalisme di tempat kerja dan banyak kesempatan lainnya.