ITS Smart Eco Campus

ITS Smart Eco Campus

ITS Smart Eco Campus: Selaras Teknologi dan Alam

ITS Smart Eco Campus merupakan inisiatif ITS dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan di lingkungan kampus dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan dalam kampus. Hal ini karena ITS percaya apabila perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mampu berjalan selaras dengan alam. Untuk itu, ITS berinisiatif untuk menjadi pionir dalam pengembangan smart eco campus dan memanfaatkan setiap elemen kampus untuk menciptakan pembangunan yang ramah lingkungan.

ITS meluncurkan program ITS Smart Eco-Campus sejak tahun 2011 lalu. Program insiatif ini merupakan komitmen pihak perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta penerapan gaya hidup yang berwawasan lingkungan. ITS Smart Eco-campus nerupakan bagian dari perencanaan strategis pembangunan kampus ITS dan secara konsisten terus dilaksanakan dan dikembangkan.

Profil Kampus ITS

Kawasan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya mempunyai luas sebesar 180 hektar dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Sebagian besar dari kawasan ini telah diperuntukan sebagai gedung-gedung, kantin, koperasi, klinik, bank, kantor, masjid, fasilitas olahraga, serta sarana pendukung perkuliahan lainnya. Sisa dari luas bangunan tersebut masih berupa jalan kampus, dan ruang terbuka hijau (RTH) yaitu taman dan juga lahan yang belum dimanfaatkan berupa ekosistem awal seperti lahan basah atau rawa-rawa maupun yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat berupa sawah.

Dari sini, wilayah kampus ITS yang luas ini memiliki suatu kebermanfaatan lain selain untuk kegiatan pendidikan berlangsung, yakni sebagai tempat dimana tersimpan cadangan karbon (carbon pool) melalui inventaris pohon yang beragam. ITS juga menjadi rumah bagi berbagai biodiversitas baik flora dan fauna mulai dari beraneka spesies pohon, bunga, serangga, reptil, hingga berbagai jenis tipe burung yang dilindungi dan diteliti di ITS.