Program Studi Sarjana (S1)

Service Desk

Silahkan menghubungi ServiceDesk ITS, apabila ada permasalahan mengenai email, hosting, domain, maupun permasalahan yang terkait kepegawaian / sdmo.

Program Studi Sarjana (S1)

Pada program Sarjana (S1), mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun). Akan tetapi, mahasiswa dimungkinkan dapat lulus lebih cepat dengan mengikuti mata kuliah melebihi beban standar yang ada sesuai dengan kapasitas masing-masing mahasiswa pada tiap semester.

Pada semester ke-6, mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minat yang diinginkan. Mata kuliah pilihan dapat berasal dari satu kelompok bidang minat saja untuk lebih memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam bidang tertentu, atau dapat berasal dari kelompok bidang minat yang berbeda untuk memperluas wawasan yang diperoleh.

Kurikulum untuk program pendidikan S1 yang sekarang digunakan di Jurusan Teknik informatika merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akedemik 2018/2019 hingga tahun akademik 2022/2023. Dalam kurikulum ini, total Satuan Kredit Semester (SKS) normal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 144 SKS. Beban perkuliahan sebesar 144 SKS ini dapat diselesaikan selama delapan semester. Total 144 SKS tersebut dikelompokkan menjadi 2 kelompok mata kuliah, yaitu:

Mata Kuliah Wajib

:

129 SKS (89%)

Mata Kuliah Bidang Keahlian

:

15 SKS (11%)

Kurikulum dan Silabus Program Studi Sarjana (S1) dapat dilihat disini.

Program Studi Sarjana Teknik Informatika (PSTI) telah merancang susunan mata kuliah per semester. PSTI menawarkan delapan bidang keahlian, yang terhimpun dalam Rumpun Mata Kuliah (RMK) yaitu

Dalam kurikulum 2018-2022 ini, tidak ada pemisahan antara mata kuliah dan praktikum.  Kegiatan perkuliahan dan kegiatan praktikum dilakukan dalam satu mata kuliah dengan bobot 3 – 4 sks. Kegiatan dapat berlangsung di kelas maupun di laboratorium. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan untuk membekali mahasiwa dengan pemahaman konsep pengetahuan/teknologi. Kegiatan praktikum digunakan untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis.

Pengalaman praktis lainnya yang wajib diikuti oleh mahasiswa adalah Kerja Praktek di industri selama satu s.d. tiga bulan dengan beban 2 sks.Kegiatan ini untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang penerapan teori yang diperoleh dari perkuliahan. Pada tahap akhir, mahasiswa menempuh Tugas Akhir dengan bobot 4 sks. Tugas Akhir  ditujukan untuk memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan topik permasalahan tertentu sesuai bidang keahlian dan menyusun laporan ilmiah. Tugas akhir ini bersifat komprehensif, ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan harus dipertanggungjawabkan pada ujian tugas akhir yang bersifat tertutup di hadapan tim penguji

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Sarjana (S1):

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
  12. Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional
  11. Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan
  12. Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya
  1. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip sistem cerdas meliputi teknik representasi dan penalaran, teknik pencarian, agent, penggalian data, dan pembelajaran mesin, serta pengembangan aplikasi cerdas pada berbagai bidang, serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip ilmu komputasi meliputi pengelolaan informasi, pengolahan data multimedia, dan analisis numerik
  2. Menguasai konsep dan prinsip arsitektur, sistem dan dasar – dasar jaringan komputer berbasis sistem logika
  3. Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip tentang komputasi berbasis jaringan dan teknologi terkini yang terkait dengannya, di bidang komputasi terdistribusi dan komputasi bergerak, komputasi multimedia, komputasi berkinerja tinggi serta keamanan informasi dan jaringan
  4. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip: perancangan dan pembangunan perangkat lunak dengan metode perencanaan, rekayasa kebutuhan, perancangan, pengimplementasian, pengujian, dan peluncuran yang baku dan ilmiah, dan menghasilkan produk perangkat lunak yang memenuhi berbagai parameter kualitas secara teknis maupun manajerial, dan berdaya guna serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip: pembuatan program sederhana dalam bahasa pemrograman umum maupun bahasa pemrograman berorientasi objek, pembuatan aplikasi web dan aplikasi desktop, pembuatan basisdata sederhana untuk menyelesaikan permasalahan dalam konteks pengembangan perangkat lunak secara umum
  5. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, rendering, animasi dan visualisasi, serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer
  6. Menguasai prinsip dan teknik penyelesaian permasalahan dengan menggunakan: kalkulus, matriks, statistika, aproksimasi, optimasi liner, pemodelan dan simulasi
  7. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penangkapan, pengolahan dan penyimpanan informasi dalam berbagai bentuk format
  1. Mampu merancang dan membangun aplikasi dengan menerapkan prinsip-prinsip sistem cerdas dan ilmu komputasi untuk menghasilkan produk aplikasi cerdas pada berbagai bidang
  2. Mampu menerapkan arsitektur komputer, prinsip-prinsip kerja sistem operasi untuk merancang, mengimplementasikan dan mengelola sistem jaringan yang mempunyai kinerja tinggi, aman, dan efisien
  3. Mampu menerapkan konsep komputasi berbasis jaringan, komputasi paralel, komputasi terdistribusi untuk menganalisa dan merancang algoritma penyelesaian masalah komputasi di dalam berbagai bidang
  4. Mampu menganalisa, merancang dan membangun perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip proses rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan perangkat lunak yang memenuhi kualitas baik secara teknis dan manajerial
  5. Mampu membangun aplikasi menggunakan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, rendering, animasi dan visualisasi, serta menerapkan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer serta melakukan evaluasi ketepatgunaan untuk membangun aplikasi dengan antarmuka yang sesuai
  6. Mampu menyelesaikan persoalan komputasi dan pemodelan matematis melalui pendekatan eksak, stokastik, probabilistik dan numerik secara efektif dan efisien
  7. Mampu mengumpulkan, mendigitalisasi, dan memproses data menjadi informasi baru yang bermanfaat dengan menggunakan pemodelan dan penyimpanan data yang efektif dan efisien
  8. Mampu merancang dan menganalisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien berdasarkan kaidah-kaidah pemrograman yang kuat, serta mampu mengaplikasikan model-model pemrograman yang mendasari berbagai bahasa pemgrogram yang ada, serta mampu memilih bahasa pemrograman untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai