Energi

Energi

Menabung Energi di Masa Depan

Ancaman Kelangkaan energi di masa depan dan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bahan bakar fosil membuat ITS terus berinovasi mengembangkan energi baru dan terbarukan. Inovasi ITS pada energi ramah lingkungan dituangkan melalui riset yang dinaungi oleh Pusat Studi Energi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Pusat Studi Energi ITS berkomitmen mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan energi dan keberlanjutan energi di Indoensia. Tujuan ini sesuai dengan Kebjakan Energi Nasional yang tertuang dalam Buku Putih Kebijakan Energi Tahun 2005-2025 maupun dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang tertuang dalam PP. No. 22 Tahun 2017 tentang Kebijakan Energi Tahun 2016-2050.

Dalam pengelolaan energi, Pusat Studi Energi ITS mengedepankan prinsip berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan. Hal ini dilakukan agar kemandirian energi dan ketahanan energi nasional dapat terwujud. Pilar utama yang dilakukan oleh Pusat Studi Energi ITS adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan: Intensifikasi Energi, Diversifikasi Energi dan Konservasi Energi.

Pusat Studi Energi ITS turut berkontribusi mempercepat pengembangan energi terbarukan di Indonesia, di antaranya adalah mendirikan Pusat Konservasi Energi, menaikkan harga BBM dan listrik atau mengurangi subsidinya, serta memperkuat kapasitas institusi dan sumberdaya manusia terkait pembangunan energi. Inovasi ITS pada energi ramah lingkungan berasal dari air, bayu, panas bumi, arus dan gelombang laut, solar cell, hingga biomassa.

Topik Riset

1. Energi baru dan terbarukan
2. Pembangkit listrik

Galeri Inovasi ITS

Tidak ada batas dalam inovasi di bidang energi di ITS. ITS berkomitmen dalam terus membangun potensi penelitian Indonesia dan membawanya ke dalam level internasional. Terus pantau inovasi terbaru ITS dalam mengembangkan dunia energi masa depan.

Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Temukan Inovasi lainnya

Tidak ada batas dalam inovasi riset otomotif di ITS
[/vc_column][/vc_row]

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Dukung kami!

Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.