Pusat Robotika

Pusat Robotika

Menjelang revolusi industri 4.0 teknologi robotika yang berkembang pesat beberapa dekade terakhir. Automasi dan penggunaan robot di dalam industri dan bidang-bidang lain diprediksi akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Automasi dan penggunaan robot akan sangat membantu di dalam meningkatkan efisiensi suatu proses sehingga proses tersebut akan semakin ekonomis. Oleh karena itu, ITS melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) membentuk Laboratorium Pusat Robotika demi memajukan riset seputar teknologi robotik untuk menghadapi revolusi industri.

Laboratorium Pusat Robotika berdiri akhir tahun 2009 dan mulai beroperasi aktif pada tanggal 14 Desember 2010 seusai diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Hingga saat ini ada empat laboratorium yang beroperasi, yaitu :• Laboratorium Robot Cerdas• Laboratorium Robot Produksi• Laboratorium Sensor Industri• Laboratorium Kontrol Robot.

Dalam hal Robotika, ITS telah mempelopori penelitian, pengembangan, dan pendidikan robot nasional. Hal ini ditandai dengan keberhasilan ITS menjuarai kontes-kontes robot nasional (KRI), regional, maupun internasional. Selain itu beberapa penelitian, kajian, dan aplikasi juga telah digunakan untuk membantu kesejahteraan masyarakat secara umum.

ITS Robotics Center

Kepala Laboratorium : Hendro Nurhadi, Dipl.-Ing.,Ph.D

Jalan Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo

Surabaya 60111

Telp. : (+62 3) 1 5994251-54, Ext. 1478

Faks: (+ 62 3) 1 58253565