Selamat Datang di Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi

    Butuh Bantuan?

    Silakan hubungi kami di sini:

    Sambutan Dekan

    SELAMAT DATANG

    DI WEBSITE FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ITS

     

    Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala berkah dan anugerahNya, sehingga Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) ITS dapat berkarya, berinovasi, dan memberikan kontribusi terbaiknya kepada bangsa dan Negara Indonesia. Memasuki usia ITS yang ke-59 dan FTIK yang ke-17, kami semakin berupaya untuk memberikan kontribusi dan inovasi pada dunia akademik dan masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional. Visi FTIK adalah menjadikan Fakultas Teknologi Informasidan Komunikasi ITS bereputasi internasional pada tahun 2020 dalam bidang pendidikan,  riset,  dan  penerapan  teknologi  informasi serta mampu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat mengikuti akselerasi perkembangan teknologi informasi.

    Kinerja FTIK ITS dalam melakukan pengembangan sedang mencapai tahap akhir yakni selain mendapatkan sertifikasi Akreditasi dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada 2015 – 2019 FTIK ITS telah Go Internasional. Hal ini ditandai dengan Akreditasi tingkat ASEAN oleh AUN (ASEAN University Network) dan telah berhasil mencapai nilai yang baik pada tanggal 12 Maret 2015 (untuk Departemen Informatika) dan 27 Oktober 2017 (untuk Departemen sistem Informasi).

    Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada para pendidik, tenaga kependidikan, dan segenap civitas akademik FTIK ITS atas segala upayanya menyusun website ini.

    Selamat belajar dan selamat berjuang kepada para mahasiswa di kampus perjuangan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

     

    Surabaya, 1 April 2019

    Dekan

    Dr. Agus Zainal Arifin, S. Kom., M. Kom

    Struktur Organisasi Fakultas Teknologi informasi dan komunikasi

    Tentang Fakultas Teknologi informasi dan komunikasi

    Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) adalah fakultas yang didirikan atas inisiatif Presiden Indonesia K.H. Abdurrahman Wahid (2001) mendukung pengembangan bidang komputer di Indonesia, terutama di bagian timur Indonesia.

    Sejarah perkembangan fakultas ini dimulai sejak berdirinya Departemen Teknik Komputer (1985) yang kemudian berubah nama menjadi Departemen Informatika (1992). Penentuan sebagai fakultas dilakukan pada tahun 2001, bersama dengan pembentukan Departemen Sistem Informasi.

    Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) menyatakan bahwa Program Studi Sarjana di Departemen Informatika dan Departemen Sistem Informasi terakreditasi A. Keduanya juga berhasil mendapatkan pengakuan setelah penilaian oleh AUN QA (ASEAN Jaminan Kualitas Jaringan Universitas) masing-masing pada tahun 2015 dan 2017. Selanjutnya, pada tahun 2018 departemen baru, yaitu Departemen Teknologi Informasi telah didirikan oleh Rektor ITS dan menerima akreditasi dari BAN-PT.

    Di lingkungan ITS, semua Departemen dalam TIK adalah di antara departemen yang sangat menarik bagi calon siswa, baik jalur SNMPTN, SBMPTN, PKM (Program Kemitraan dan Independen), Bidik Misi, dan program kerjasama khusus lainnya.

    Sementara itu, sejak 2019 FTIK telah meningkatkan kapasitas mahasiswa dan menerima sekitar 450 mahasiswa baru. Ini akan terdiri dari Departemen Informatika (250), Departemen Sistem Informasi (150), dan Departemen Teknologi Informasi (50).

    Angka-angka akan dihasilkan dari beberapa jalur masuk termasuk

    SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri;
    SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri;
    PKM (Program Kemitraan dan Mandiri).