Tentang Fakultas

    Butuh Bantuan?

    Silakan hubungi kami di sini:

    Sambutan Dekan

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat datang di website resmi Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK). FTSPK merupakan hasil dari perampingan  fakultas  berdasar penyesuaian rumpun ilmu dan bidang ilmu yang ada di ITS. FTSPK terdiri dari enam Departemen, yaitu Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah Kota, Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika. Seluruh departemen mempunyai kompetensi yang menunjang target ITS dalam mencapai World Class University dan peningkatan Kontribusi Nasional .  FTSPK juga merupakan wadah dari Departemen yang menghasilkan lulusan yang terbaik dan memiliki kompetensi sesuai dengan bidang ilmunya  dengan keunikannya masing-masing.

    Akhir kata kami mengucapkan selamat mencari informasi di web resmi FTSPK ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kami yakin bahwa masih ada kekurangan dalam informasi umum mengenai FTSPK di website ini, maka kami mohon dengan hormat untuk dapat memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun kepada kami. Terima kasih.

    Dekan

    Murni Rachmawati

    Struktur Organisasi Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian

    Image

    Sejarah Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian

    FTSPK merupakan hasil dari perampingan  fakultas  berdasar penyesuaian rumpun ilmu dan bidang ilmu yang ada di ITS. FTSPK terdiri dari enam Departemen, yaitu Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah Kota, Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika.

    • 1957
      10 November 1957 – Peresmian yayasan oleh Presiden Soekarno dengan menandatangani Piagam Perguruan Teknik 10 Nopember Surabaya. Dua departemen yang dibuka, yaitu Departemen Teknik Sipil dan Departemen Teknik Mesin.
    • 1960
      3 November 1960 – Perubahan nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan status sebagai Perguruan Tinggi Negeri berdasar SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 93367/UU.
    • 1961
      Dies natalis pertama berdasar SK Menteri no. 9 tahun 1961 jatuh pada tanggal 10 November. Perubahan status  disertai penambahan menjadi lima fakultas, yaitu Fakultas Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Perkapalan
    • 1965
      Pembukaan dua fakultas baru yaitu Fakultas Teknik Arsitektur dan Fakultas Ilmu Pasti dan Alam sesuai SK Mendikbud no. 72 tahun 1965
    • 1983
      Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki lima fakultas yaitu Fakultas Teknik Industri, Fakultas Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Non-Gelar Teknologi.
    • 1991
      Perubahan jumlah fakultas menjadi empat fakultas saja yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), dan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK).
    • 2017
      Pengelolaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) PTNBH secara penuh dengan SOTK baru disertai perubahan jumlah fakultas dari lima fakultas menjadi delapan fakultas pada Januari dan sepuluh fakultas pada September 2017.
    • 2020
      Terjadi perampingan Fakultas menjadi  7 Fakultas. FTSPK hadir membawahi 6 Departemen: Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perancangan Wilayah Kota, Teknik Geomatika, Teknik Geofisika