Studi Pembangunan

Studi Pembangunan

Siap Berkompetisi Demi Kemajuan Infrastruktur Indonesia

Departemen Studi Pembangunan, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Manajemen  (FDKBD),  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan departemen yang secara spesifik mengkaji pembangunan manusia dan masyarakat dengan mengintegrasikan pendekatan keilmuan sosial humaniora dan teknologi. Pembangunan tidak dalam perspektif pertumbuhan ekonomi semata, akan tetapi merupakan proses humanisasi yang utuh untuk mencapai kesejahteraan sosial, serta menjaga keberlanjutan lingkungan.Departemen Studi Pembangunan mempunyai 12 tenaga pengajar dengan kompetensi pendidikan 2 professor,  6 doktoral dan 4 master.  Mahasiswa akan diberikan kurikulum pendidikan berbasis kompetensi dan diharapkan menjadi lulusan yang berkualitas, beretos kerja unggul dan berkarakter luhur. Peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa meliputi: Pembangunan lingkungan dan sumberdaya berkelanjutan, Globalisasi dan perkembangan ekononomi, Pengembangan potensi daerah dan pariwista, serta Pembangunan berwawasan maritim. Kemampuan yang akan diajarkan kepada mahasiswa yaitu kemampuan memahami, menganalisa dan mengaplikasikan teori dan isu-isu pengembangan manusia dan masyarakat, merencanakan dan melaksanakan Pemberdayaan masyarakat (Community Development) dan Tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), mengkaji dampak globalisasi dan pembangunan (Development Impact Assessment), serta mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan, serta mengembangkan paradigma pembangunan berwawasan maritim.Profil lulusan Departemen Studi Pembangunan dapat dikelompokkan menjadi Akademisi, Praktisi dan Entrepreneur. Lapangan pekerjaannya antara lain Peneliti dan pemerhati isu-isu pembangunan , Analis dan perencana, Tenaga ahli kajian dampak teknologi, Tenaga ahli berwawasan maritim, Pemrakarsa dan pendamping program-program pembangunan, Konsultan dan pekerja sosial, Pendamping dan pemberdayaan masyarakat, Tenaga ahli Comdev, Tenaga ahli CSR, Pelaku Sosiopreneurship.

Program Studi Sarjana S1Program Studi Sarjana Studi Pembangunan, Fakultas Bisnis Manajemen dan Teknologi (FBMT),  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan program studi yang secara spesifik mengkaji  pembangunan manusia dan masyarakat dengan mengintegrasikan pendekatan keilmuan sosial humaniora dan teknologi.

Riset yang dikembangkan berdasarkan 5 bidang kajian utama yakni Manajemen Sumber Daya, Lingkungan dan Pariwisata; Globalisasi, Ekonomi Makro dan Pemberdayaan Masyarakat; Teknologi, Perubahan Sosial dan Tanggung jawab Sosial Perusahaan; Pengembangan Potensi Daerah dan Jiwa Kewirausahaan; dan Pengembangan Budaya Maritim.

Departemen Studi Pembangunan FDKBD ITS akan bekerjasama dengan berbagai stakeholder pembangunan meliputi lembaga pemerintahan, swasta, lembaga internasional,  LSM maupun masyarakat. Pengembangan riset dan akademik departemen ini akan menjalin kerjasama dengan Departemen Development Studies di The University of New Castle Australia. Kerjasama riset dan akademik di lingkungan ITS bekerjasama dengan Departemen Statistik, Departemen Teknik Lingkungan, Departemen Teknik Kelautan, Departemen Perencanaan Wilayah dan Perkotaan, serta Pusat Studi Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat DRPM ITS.

Studi Pembangunan

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Studi Pembangunan ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Studi Pembangunan ITS.

Image
Image
Image
Image