Inovasi Bidang Industri Kreatif

Inovasi Bidang Industri Kreatif

Berbagai produk inovasi kreatif telah diciptakan oleh civitas akademika ITS. Mulai dari inovasi bahan material hingga permainan antara estetika dan kecanggihan teknologi masa kini. Pembuatan produk kreatif ini melalui beberapa tahapan seperti proses desain produk, prototyping, pengadaan komponen, komponen perakitan, finishing, branding, dan pengemasan. Saat ini, berbagai produk industri kreatif yang dibina dan dikembangkan di sektor ini mulai menarik perhatian investor nasional dan internasional serta siap diproduksi secara massal. Pelajari macam inovasi di bidang kreatif di ITS

Eksplor berbagai produk inovasi ITS dalam bidang Industri Kreatif

Game Siji: Simulasi Haji Sebagai Inovasi Belajar Tatacara Pelaksanaan Ibadah Haji dengan Benar

Ibadah haji adalah salah satu ibadah umat Islam yang dilaksanakan setahun sekali di Mekkah, Arab Saudi. Semakin tingginya minat untuk belajar berhaji tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang inovatif. Game dapat menyentuh dan mempengaruhi faktor emosional individu yang dapat membuat individu tersebut menyerap lebih banyak pengetahuan baru melalui game.

Souvenir Cetak Logam 3 Dimensi Berbasis Teknologi CAD/CAM

Suvenir juga mempunyai fungsi strategis sebagai media pendukung program branding agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Jenis souvenir yang diminati pasar adalah souvenir berbahan logam berbentuk 3 Dimensi (3D), seperti: gantungan kunci, plakat atau piringan, dan magnet kulkas. Penggabungan metode teknologi tinggi dan craftsmanship ini diasumsikan akan menjadi nilai pembeda dan keunggulan apabila dibandingkan dengan souvenir yang secara keseluruhan dibuat dengan teknik produksi massal maupun souvenir yang secara keseluruhan dibuat dengan tangan (tradisional).

Hi-Craft Innovation Product: Gitar Rotan dengan Teknologi Bambu atau Rotan Laminasi

Produk inovasi ini merupakan instrumen musik gitar elektrik dengan ciri keunikan bertubuh tipis sehingga mempunyai beban yang ringan. Tujuan pembuatan produk ini adalah menghasilkan produk baru dengan bentuk yang sudah dikenal oleh konsumen, riset rancang bangun material baru dan menghasilkan nilai tambah ekonomi yang tinggi. Bagian tubuh gitar menggunakan bahan papan rotan laminasi yang memiliki karakteristik yang kuat.

Hi-Craft Innovation Product: Amplifier Speaker dengan Teknologi Bambuatau Rotan Laminasi

Tekstur rotan alam memberikan kesan alami pada amplifier ini. Laminasi rotan memiliki keunggulan lebih ringan dari bahan sintetis, dan rotan laminasi memiliki akustik yang baik untuk amplifier seperti produk berbahan kayu. Pada speaker depan dibalut dengan rotan anyaman, teknik tenun dibentuk oktogonal yang tidak menutupi suara dan membuat amplifier ini tampil lebih cantik.

Sepeda Tandem Dua Fungsi

Sebuah sepeda yang dapat difungsikan selain sebagai sepeda tandem juga dapat dipergunakan sebagai sepeda tunggal tergantung pada kebutuhan saat dipergunakan.  Sepeda tandem ini dibuat dan didesain dengan tujuan seseorang dapat meningkatkan kebugaran fisiknya dengan menggunakannya sebagai sepeda (tunggal) dimana disisi lain pada saat/waktu yang berbeda juga dapat dimanfaatkan sebagai sepeda (tandem) yang dapat dipergunakan secara berdua/berpasangan.

Hi-Craft Innovation Product: Gramaphone dengan Kombinasi Teknologi Bambu Laminasi dan Tembaga

Speaker gramaphone ini merupakan perpaduan estetika masa lalu dengan kecanggihan teknologi masa kini, menggunakan komponen elektronik Mp3 player. Enclosure terbuat dari papan laminasi bambu dan corong suaranya terbuat dari tembaga yang di olah khusus dengan teknik hammertone. Pengatur volume yang unik menyerupai piringan dan terbuat dari material tembaga yang sama, menambahkan kesan dan pengalaman yang menarik dalam menggunakannya

Hi-Craft Innovation Product: Edison Lamp dengan Teknologi Bambu Laminasi

Lampu LED dengan bohlam pijar LED yang menyerupai lampu pertama oleh edison,konsep perpaduan yang sesuai antara masa lalu dan masa kini. Rumah lampu berbentuk lampu minyak menyatakan ketegasan di era-era awal industrialisasi. Produk ini cocok diletakkan di setiap ruangan, dengan kenob pengatur (dimmer) sehingga tingkat cahanyanya dapat diatur sesuai suasana dan selera.

.google {left:100%;display:inline-block;position:fixed}

займ с плохой историей