Agenda

Seminar Senin 28 Desember 2020 : Teleportasi Kuantum

Sun, 27 Dec 2020
07:50
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Fisika-Edo   |

Perkembangan penelitian mengenai teleportasi kuantum secara teoritik maupun eksperimen terus berlanjut hingga saat ini. Penelitian-penelitian teleportasi kuantum diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi yang selanjutnya dapat dijadikan rujukan pengembangan sistem komunikasi berbasis teleportasi kuantum. Penelitian ini merupakan hasil kajian dan analisa secara teoritik dan numerik mengenai komponen pokok dari teleportasi kuantum, yaitu kanal kuantum dalam bentuk matriks kanal kuantum (quantum channel matrix).

Di dalam penelitian ini telah disusun algoritma serta pemrogramannya untuk menganalisa pengaruh rank dari matriks densitas tereduksi terhadap klasifikasi keadaan terbelit dan terpisah dari multipartit. Pertama, dilakukan dengan menyusun formulasi umum untuk menentukan kriteria keterbelitan dan keadaan terpisah dari suatu multipartit. Selanjutnya, kriteria keadaan terpisah dan terbelit ditentukan dengan menghitung rank-rank matriks densitas tereduksi. Lebih lanjut, metode yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengurangi langkah perhitungan dari metode yang telah diusulkan dalam penelitian sebelumnya untuk menentukan keadaan terpisah dari multipartit.

Dari algoritma tersebut, ditransformasi ke dalam pemrograman Phyton agar perhitungan dapat dilakukan secara komputasi. Lebih lanjut, perhitungan untuk membedakan keadaan multipartit berdasarkan pada keempat kriteria dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yaitu keadaan: terbelit keseluruhan, terpisah keseluruhan, dan keadaan gabungan, yang terdiri atas keadaan sub-terbelit dan keadaan sub-terbelit-terpisah. Sebagai tambahan, dalam penelitian ini akan diperlihatkan penerapan atau implementasi klasifikasi keadaan keterbelitan tersebut untuk mengidentifikasi pola keterbelitan beberapa keadaan multipartit yang akan digunakan sebagai kanal kuantum dalam bentuk matriks kanal kuantum (quantum channel matrix).

 

Seminar Senin “Teleportasi Kuantum : Pengkarakteristik Keterbelitian Matriks Kanal Quantum (Quantum Channel Matrix) pada Teleportasi Kuantum Menggunakan Pemrograman Python”

 

 

Hari/Tanggal : Senin, 28 Desember 2020

Waktu : Pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB

Secara daring melalui Aplikasi ZOOM Meeting

https://zoom.us/j/97922904216

Meeting ID: 979 2290 4216

Narasumber : Dr. Lila Yuwana, M.Si. (staf pengajar bidang Fisika Teori; Kepala Laboratorium Fisika Teori dan Filsafat Alam, Departemen Fisika FSAD ITS)

Latest Agenda

  • Ujian/Sidang Tesis – Semester Gasal T.A. 2020/2021 – Gelombang II - 22 Feb

    Program Studi Magister Fisika, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember akan menyelenggarakan Ujian/Sidang Tesis

    15 Feb 2021
  • Ujian/Sidang Tugas Akhir – Semester Gasal T.A. 2020/2021 – Gelombang II - 17 Feb

    Program Studi Sarjana Fisika, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember akan menyelenggarakan Ujian/Sidang Tugas

    15 Feb 2021
  • Sosialisasi Program Magang Mahasiswa ITS – Sesi Fakultas Sains dan Analitika Data - 02 Feb

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Subdirektorat Pengelolaan Magang Industri akan menyelenggarakan “Sosialisasi Program Magang Mahasiswa”

    01 Feb 2021