Agenda

Seminar Senin 23 November 2020 : “Implementasi Ilmu Fisika Dalam Meningkatkan Keselamatan Penerbangan”

Sat, 21 Nov 2020
08:50
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Fisika-Edo   |

Transportasi udara merupakan salah satu moda transportasi yang sesuai untuk wilayah Nusantara. Keselamatan dalam transportasi udara menjadi salah satu faktor penting dan terus diupayakan performancenya. Dalam keselamatan penerbangan ada 2 faktor penentu yaitu kondisi pesawat beserta crewnya dan kondisi bandar udara beserta sarana prasarananya.

Keselamatan penerbangan yang paling menentukan di area bandara adalah tentang kondisi landas pacu(runway), kondisi lingkungan bandara, berbagai teknologi penyebaran informasi, serta sistem pengendalian dalam penerbangan. Menurut aturan internasional (FAA dan ICAO) saat ini ada 117 detektor yang harus dipasang di sebuah bandar udara untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan penerbangan. Namun ternyata, kebanyakan bandar udara belum dapat memenuhi aturan yang sesuai kriteria karena berbagai sebab.

Sesungguhnya, Ilmu fisika memegang peranan penting dalam meningkatkan keselamatan penerbangan, sebagai contoh dalam pengembangan berbagai detector, analisis dan algoritma untuk Foreign Object Debris, profil runway, LLWSD, SWD, bird track system, kondisi aspal runway, dan lain-lain.

Pada saat ini Laboratorium Instrumentasi sedang melaksanakan penelitian kerjasama dua detector yaitu Lowlevel Winshear Detector (LLWSD) dan Standing Water detector (SWD). Dari pengembangan dua detector ini, selain pengetahuan tentang elektronika dan instrumentasi, implementasi ilmu fisika seperti hukum Newton, analisis vektor, kontinyuitas, perambatan panas, mekanika fluida, pengolahan sinyal , dan lain-lain sangat mempengaruhi detektor yang dihasilkan.

 

Seminar Senin 23 November 2020 : “Implementasi Ilmu Fisika Dalam Meningkatkan Keselamatan Penerbangan”

 

 

Hari/Tanggal : Senin, 23 November 2020

Waktu : Pukul 13.00 s.d. selesai

Secara virtual melalui Zoom Meeting

https://zoom.us/j/92753419324
Meeting ID: 927 5341 9324

Narasumber : Dr. Melania Suweni Muntini, M.T., (staf pengajar bidang Fisika Instrumentasi, Departemen Fisika FSAD ITS; Wakil Kepala Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS)

Latest Agenda

  • Evaluasi Progress Report Disertasi Untuk Mahasiswa Program Studi Ilmu Doktor Fisika Periode Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021 - 11 Jan

    Program Studi Doktor Ilmu Fisika akan menyelenggarakan Evaluasi Progress Report Disertasi Untuk Periode Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021. Jadwal

    06 Jan 2021
  • Seminar Senin 28 Desember 2020 : Teleportasi Kuantum - 28 Dec

    Perkembangan penelitian mengenai teleportasi kuantum secara teoritik maupun eksperimen terus berlanjut hingga saat ini. Penelitian-penelitian teleportasi kuantum diharapkan dapat

    27 Dec 2020
  • Evaluasi Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021 Departemen Fisika FSAD ITS (Program Studi Sarjana dan Magister) - 04 Jan

    Berikut jadwal lengkap Evaluasi Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021 Departemen Fisika FSAD ITS (Program Studi Sarjana dan Magister)  

    25 Dec 2020