Agenda

Pengukuhan Guru Besar Baru : Prof. Agus Purwanto, D.Sc., dan Prof. Dr.rer.nat. Triwikantoro, M.Sc.

Tue, 24 Nov 2020
15:51
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Fisika-Edo   |

Kabar gembira datang dari Departemen Fisika FSAD ITS. Kali ini 2 orang staf pengajar dari Departemen Fisika, yakni Agus Purwanto, D.Sc., yang saat ini sedang menjabat sebagai Kepala Program Studi Pascasarjana Departemen Fisika ITS, dan Dr.rer.nat. Triwikantoro, M.Sc., yang juga merupakan Kepala Laboratorium Material Maju Departemen Fisika ITS, akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember, pada 25 November 2020.

 

Prof. Agus Purwanto, D.Sc.

Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Teori

Judul Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar : “Teori Kuantum : Dari Al-Ghazali Hingga Einstein, Dari Kehendak Bebas Tuhan Hingga Teleportasi Multi-Qubit”

 

Mengingat masih adanya wabah Covid-19 ini, acara pengukuhan dan orasi ilmiah akan dilaksanakan secara semi-daring di Auditorium ITS, tepatnya di Gedung Pusat Riset ITS lantai 11, bersamaan dengan 6 orang calon Guru Besar dari beberapa departemen lain di ITS.

Perjuangan untuk mencapai jabatan fungsional Guru Besar ini tidaklah mudah. Kedua calon Guru Besar telah melalui serangkaian penilaian dan kualifikasi yang dilakukan secara ketat oleh ITS dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Setelah resmi menjadi Guru Besar nantinya, Agus Purwanto, D.Sc. dan Dr.rer.nat. Triwikantoro, M.Sc. akan menjadi anggota dari Dewan Profesor ITS.

 

Prof. Dr.rer.nat. Triwikantoro, M.Sc.

Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Logam

Judul Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar : “Pengembangan Struktur dan Kinerja Material Logam – Paduannya Serta Peluang Pemanfaatannya”

 

Dengan bertambahnya 2 Guru Besar tersebut, secara resmi kini Departemen Fisika total memiliki 10 orang Guru Besar, sebelumnya yakni Prof. Dr. Suasmoro (dikukuhkan 1 Juni 2002), Prof. Dr.rer.nat. Agus Rubiyanto, M.Eng.Sc. (dikukuhkan 1 Juni  2007), Prof. Dr.rer.nat. Bagus Jaya Santosa, SU. (dikukuhkan 1 Mei 2009), Prof. Dr. Darminto, M.Sc. (dikukuhkan 1 Mei 2011), dan Prof. Suminar Pratapa, M.Sc., Ph.D. (dikukuhkan 7 Mei 2014), melengkapi 3 orang Guru Besar yang telah purna tugas; (Alm.) Prof. Mahmud Zaki, M.Sc., Prof. Drs. Sugimin Wahyu Winata, serta (Alm.) Prof. Dr. Ir. Eddy Yahya, M.Sc.

Semoga dengan bertambahnya 2 orang Buru Besar ini, akan semakin mendorong kemajuan dan nama baik bagi Departemen Fisika ITS, baik di level regional, nasional, dan internasional.

Sekali lagi kami ucapkan selamat dan sukses kepada Prof. Agus Purwanto, D.Sc., dan Prof. Dr.rer.nat. Triwikantoro, M.Sc.

Latest Agenda

  • Evaluasi Progress Report Disertasi Untuk Mahasiswa Program Studi Ilmu Doktor Fisika Periode Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021 - 11 Jan

    Program Studi Doktor Ilmu Fisika akan menyelenggarakan Evaluasi Progress Report Disertasi Untuk Periode Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021. Jadwal

    06 Jan 2021
  • Seminar Senin 28 Desember 2020 : Teleportasi Kuantum - 28 Dec

    Perkembangan penelitian mengenai teleportasi kuantum secara teoritik maupun eksperimen terus berlanjut hingga saat ini. Penelitian-penelitian teleportasi kuantum diharapkan dapat

    27 Dec 2020
  • Evaluasi Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021 Departemen Fisika FSAD ITS (Program Studi Sarjana dan Magister) - 04 Jan

    Berikut jadwal lengkap Evaluasi Akhir Semester Gasal TA. 2020/2021 Departemen Fisika FSAD ITS (Program Studi Sarjana dan Magister)  

    25 Dec 2020