DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
25 Januari 2021, 15:01

PDPM ITS kerjasama Bappeda Tuban dalam Penyusunan Indikator Makro 2021: Kick off meeting

Oleh : itslppm | | Source : -

Pada tanggal 22 Januari 2021, PDPM ITS melakukan koordinasi awal dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Tuban untuk membahas kegiatan penyusunan indicator kinerja makro di Kabupaten Tuban tahun 2021. Rapat koordinasi dilaksanakan secara daring melalui zoom. Diskusi ini dihadiri oleh kepala dan wakil kepala Pusat Kajian PDPM ITS, Bapak Dr. Sutikno, M.Si dan Bapak Dr. Soedarso, M.Hum. Sementara Bappeda Tuban diwakilkan oleh Ibu Siti Umi Hanik, S.T., M.T. selaku kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian & Evaluasi Pembangunan Daerah dan Bapak Danang Tri Nohandono, S.T sebagai Kasubbid. Pengendalian, Evaluasi & Pelaporan.

Ibu Siti Umi Hanik, S.T., M.T menyampaikan bahwa berkaitan dengan kebijakan yang sudah ada, Bappeda Tuban meminta tim PDPM ITS untuk kembali bekerjasama dengan Bappeda Tuban seperti tahun sebelumnya, yaitu melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi untuk 6 indikator kinerja makro di Kabupaten Tuban. Keenam indikator berdasarkan Permendagri No. 18 tahun 2020 adalah Indeks Pembangunan Manusia, Angka Kemiskinan, Angka Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Per kapita dan Ketimpangan Pendapatan. Bappeda Tuban berharap PDPM ITS bisa memberikan masukan secara prioritas, faktor apa yang paling mempengaruhi kinerja indikator utama.

Bapak Dr. Sutikno, M.Si berterimakasih atas kepercayaan Bappeda Tuban terhadap tim PDPM ITS. Bapak Sutikno menambahkan selain keenam indikator kinerja makro tersebut, ada satu pekerjaan lagi yang tahun sebelumnya dikerjakan oleh PDPM ITS, yaitu Nilai Tukar Petani (NTP). Dari ketujuh pekerjaan tersebut, hanya NTP yang pembahasannya menggunakan tahun berjalan. Sementara keenam indicator lainnya menganalisis kondisi tahun sebelumnya.

Bappeda Tuban sepakat dengan Bapak Dr, Sutikno. Menurut Bapak Danang Tri Nohandono, S.T, “NTP bukan termasuk indikator daerah, Tapi NTP menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan di bidang pertanian. Bidang pertanian di Kabupaten Tuban merupakan bidang yang paling banyak menyerap tenaga kerja” Namun karena dikhawatirkan ada mekanisme perubahan di bulan Oktober tahun 2021, akhirnya disepakati bahwa Kerjasama untuk pekerjaan NTP diputuskan pada bulan Oktober.

Sebagai evaluasi atas pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya, tim PDPM ITS berharap Bappeda Tuban akan memberikan RPJMD dan evaluasi kondisi eksisting Kabupaten Tuban tahun sebelumnya agar tim ITS bisa memberikan rekomendasi yang sesuai. Di akhir diskusi, disepakati bahwa tiga pekerjaan utama seperti Analisis Pengangguran, Analisis Kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia akan segera dilakukan analisisnya sementara sisanya akan dilakukan analisis setelah pengambilan data primer di lapangan usai.

Berita Terkait