DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
21 Januari 2021, 09:01

PDPM ITS Menyelenggarakan Rapat Perdana Kegiatan Penghitungan Inflasi Kota Gresik dengan Bappeda dan BPS Kota Gresik

Oleh : itslppm | | Source : -

Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) – DRPM ITS melaksanakan rapat perdana Kegiatan Penghitungan Inflasi Kota Gresik pada hari Selasa, 19 Januari 2021. Diskusi dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19 yang belum usai. Rapat perdana ini membahas rencana kegiatan penghitungan inflasi kota Gresik yang akan dilakukan oleh PDPM ITS. Nilai inflasi biasanya dikerjakan oleh BPS. Namun karena ada peraturan pemerintah yang menyebabkan Bappeda tidak bisa bekerjasama langsung dengan BPS, Bappeda akhirnya menggandeng PDPM ITS untuk membantu menganalisa penghitungan yang dikeluarkan oleh BPS.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh kepala Pusat Kajian PDPM, Dr. Sutikno, M.Si, perwakilan Bappeda Gresik, Bapak Miko Herlambang dan Bapak Hidayat serta perwakilan bps Gresik, Bapak Satriyo Wibowo dan Ibu Indarwati. BPS menyampaikan bahwa penghitungan inflasi tahun 2021 akan menggunakan tahun dasar 2018. Pengelompokan pengeluaran berubah menjadi 18 kelompok. Saat ini, BPS sedang menyiapkan kuisioner dan selanjutnya turun ke lapangan untuk mendapatkan data bulanan.  Survei dan perhitungan inflasi rencananya akan dilakukan oleh BPS, sedangkan dashboard dan analisa dilakukan oleh PDPM ITS. Data inflasi rencananya akan dirilis tiap bulan.

Bappeda Gresik menyampaikan bahwa yang diperlukan adalah data dinamis yang dapat dilihat langsung per bulan dalam bentuk dashboard serta laporan terkait kondisi inflasi Gresik tiap bulannya. Nantinya, Bappeda Gresik akan membantu memintakan kebutuhan data untuk penghitungan inflasi kepada OPD terkait. Setiap bulan akan diselenggarakan rapat koordinasi antara ITS, BPS dan Bappeda sebelum angka inflasi rilis. Sementara setiap triwulan, Bappeda, BPS dan ITS akan menyelenggarakan rapat per triwulanan dengan DPRD untuk membahas nilai inflasi per 3 bulan dan menentukan kebijakan apa yang harus diambil setelah angka inflasi keluar.

Berita Terkait