DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
10 Desember 2020, 14:12

PDPM ITS Memberikan Pemaparan Hasil Kajian Indeks Pembangunan Masyarakat Kabupaten Tulungagung tahun 2020

Oleh : itslppm | | Source : -

Pada tanggal 30 november 2020, PDPM ITS melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung. Tujuan kunjungan ini adalah memberikan presentasi penghitungan Indeks Pembangunan Masyarakat Kabupaten Tulungagung. Pemaparan kajian ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah setempat dan para Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Sementara PDPM ITS diwakilkan oleh Pak Soedarso selaku wakil kepala PDPM dan Pak Imam Safawi, selaku tenaga ahli penyusun kegiatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPMas) Kabupaten Tulungagung tahun 2020.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dari perwakilan Pemerintah Kabupaten Tulungagung kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil penghitungan Indeks Pembangunan Masyarakat tahun 2020 yang dilakukan oleh PDPM ITS. Selanjutnya diadakan tanya jawab antar peserta OPD dan tim dosen ITS. Diskusi berjalan dengan menarik dan efektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Masyarakat Kabupaten Tulungagung mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya begitupun dengan ketiga dimensinya dimensi Gotong Royong, dimensi Toleransi, dan dimensi Rasa Aman.

Menurut wakil kepala PDPM ITS, Dr. Soedarso, M.S, “Semakin tahun semakin berkembang kesadaran masyarakat kabupaten Tulungagung untuk bersikap gotong royong terhadap sesama. Hal ini dibuktikan dengan nilai dimensi gotong royong yang jauh di atas dimensi rasa aman”

Ke depannya baik Pemerintah Kabupaten Tulungagung maupun PDPM ITS selaku penyusun kajian IPMas tahun 2020 berharap bahwa penghitungan angka IPMas rutin dilakukan agar dapat dilihat perubahan keadaan sosial masyarakat, sehingga kebijakan yang diambil akan sesuai kondisi yang terjadi.

Berita Terkait