DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
30 November 2020, 10:11

PDPM DRPM ITS Menyusun Indeks Pembangunan Masyarakat Kabupaten Tulungagung

Oleh : itslppm | | Source : -

Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tulungagung menyusun Indeks Pembangunan Masyarakat (IPMas) Kabupaten Tulungagung. Tujuan penyusunan IPMas ini adalah mengukur dan mengetahui hasil hitung Indeks Pembangunan Masyarakat yang merupakan indikator komposit atas indeks gotong royong, indeks toleransi, dan indeks rasa aman di Kabupaten Tulungagung Tahun 2020. Kegiatan ini meliputi persiapan, pengumpulan data (primer dan sekunder), pengolahan dan analisa data serta penyusunan laporan dan presentasi.

Kegiatan penyusunan IPMas Kabupaten Tulungagung 2020 ini melibatkan dosen dan mahasiswa ITS, dosen dan mahasiswa Universitas Bhineka PGRI Tulungagung. Kegiatan ini dimulai sejak Oktober 2020 sampai awal Desember 2020. Pengumpulan data primer dilaksanakan di 122 kecamatan dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data primer, validasi dan entri dilaksanakan oleh mahasiswa ITS dan UBP. Desain sampling, analisa dan laporan dilaksanakan oleh dosen ITS. Dimensi yang diukur dalam IPMas ini adalah gotong-royong, toleransi dan rasa aman.

Pada tanggal 22 Oktober 2020 dilaksanakan briefing surveyor di Kantor Dinas Kominfo Tulungagung. Tujuan briefing adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai penyusunan IPMas Kabupaten Tulungagung dan menyamakan persepsi tenaga ahli dengan surveyor. Briefing dihadiri oleh Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso, Bapak Haryono Kabid Statistik Dinas Kominfo Tulungagung, tenaga ahli ITS, tim pendukung dan surveyor IPMas.

Dalam sambutannya, Pak Haryono menyampaikan terima kasih kepada surveyor, validator dan petugas entri IPMas yang bersedia menjadi bagian kegiatan penyusunan IPMas Tulungagung. Secara tidak langsung, surveyor telah berkontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Tulungagung. Apalagi sebagian besar adalah mahasiswa dari Tulungagung. Pak Haryono berpesan kepada surveyor agar melaksanakan survei dengan penuh tanggung jawab dan suka cita. Karena lokasi survei di hampir semua kecamatan.

Dr. Soedarso dalam sambutannya menyampaikan agar surveyor melaksanakan survei dengan penuh tanggung jawab. Apabila ada tantangan dan kendala di lapangan bisa menyampaikan kepada koordinator survei untuk dicarikan solusinya. Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, surveyor harus mematuhi protokol kesehatan. Surveyor harus memakai masker, membawa masker cadangan dan handsanitizer. Semoga survei IPMas ini bisa lancar dan selesai tepat waktu. Tenaga ahli ITS Pak Imam Safawi memberikan materi penjelasan umum penyusunan IPMas Kabupaten Tulungagung 2020, pembahasan kuesioner dan jadwal kegiatan.

Kepala Dinas Kominfo Tulungagung Drs. Tranggono Dibjoharsono, MM. (2 dari kiri) dan Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso (3 dari kanan) berfoto bersama dengan tim ITS dan UBP

Berita Terkait