DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Tujuan dari program hibah Penelitian Dana Lokal ITS adalah mendorong tercapainya visi dan misi ITS di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya:

  1. Meningkatkan peranan laboratorium sebagai ujung tombak kegiatan penelitian di ITS.
  2. Meningkatkan kapasitas, peran, dan partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian di laboratorium, terutama untuk membuat dan mengembangkan rekam jejak yang cukup dan sesuai dengan kompetensi dosen ITS.
  3. Meningkatkan jejaring penelitian dengan institusi penelitian baik di dalam dan di luar negeri.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas riset beserta luarannya yang terdiseminasi dengan baik, berupa publikasi ilmiah maupun paten, Produk teknologi, kebijakan (pedoman, regulasi), model, dan rekayasa sosial serta memberikan manfaat yang tinggi bagi industri atau kelompok masyarakat yang membutuhkan.

 

Untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis penelitian di ITS, maka pelaksanaan penelitian dibagi menjadi 2 (dua) kategori yaitu penelitian strategis ITS dan Penelitian Pendukung Strategis ITS. Penelitian strategis ITS terbagi menjadi 5 (lima) skema penelitian, yaitu:

  1. Penelitian Unggulan ITS : Penelitian Unggulan terdiri dari 2 Skema yakni Penelitian Unggulan Dasar (multi-disiplin TKT 1-3)dan Penelitian Unggulan Terapan (multi-disiplin TKT 4-6)
  2. Penelitian High Impact : Skema penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas publikasi artikel ilmiah peneliti ITS pada jurnal internasional bereputasi, dan menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul, melalui peranan Pusat Penelitian dan PUI.
  3. Penelitian Kemitraan : Skema penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peranan Pusat Penelitian dan PUI dalam membangun kemitraan Academic, Bussiness, Government, and Community di dalam negeri maupun luar negeri pada topik penelitian multidisiplin, dengan melibatkan mahasiswa baru pascasarjana dalam kemitraan tersebut, guna mendapatkan produk unggul yang bermanfaat bagi mitra tersebut
  4. Penelitian Doktor Baru : Skema penelitian ini bertujuan untuk membina dan memfasilitasi penelitian para peneliti yang telah menyelesaikan program studi doktornya maksimal 2 tahun setelahnya, dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional bereputasi
  5. Penelitian Prototipe : Skema penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peneliti untuk menghasilkan produk ilmu pengetahuan ataupun teknologi yang didaftarkan sebagai kepemilikan paten.

Sedangkan pada Penelitian Pendukung Strategis ITS, akan terbagi menjadi 6 (delapan) skema penelitian, yaitu:

  1. Penelitian Laboratorium : Skema penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peranan laboratorium di Departemen sebagai ujung tombak kegiatan penelitian di ITS dalam meningkatkan kapasitas, peran, dan partisipasi dosen dan mahasiswanya untuk menghasilkan produk penelitian yang dapat dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi dan/atau produk/prototipe berpaten
  2. Penelitian Pascasarjana : Skema penelitian ini bertujuan untuk mempercepat penyelesaian studi pascasarjana sehingga dapat meningkatkan jumlah dan kompetensi lulusan program pascasarjana, melalui peningkatan jumlah dan mutu publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi.
  3. Penelitian Pemula : Skema penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas publikasi artikel ilmiah dosen tetap ITS yang masih aktif dan bergelar minimum S-2, baik PNS dan atau non PNS, pada jurnal internasional bereputasi, guna mempercepat pengajuan dan/atau kenaikan jabatan fungsional dosen bersangkutan
  4. Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi dan Progam Penelitian Kolaborasi Indonesia : Program ini bertujuan pula untuk membangun kerja sama penelitian antar perguruan tinggi di Indonesia.
  5. Penelitian Tenaga Kependidikan : Skema penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi tenaga kependidikan di lingkungan ITS, untuk melakukan kegiatan studi dan pengkajian yang diperlukan, dalam rangka mencari solusi permasalahan, melakukan kajian dalam mendapatkan rekomendasi kebijakan, ataupun melakukan pengembangan instrumen pelaksanaan kebijakan di bidang perpustakaan, laboratorium, akademik, kemahasiswaan, alumni, keuangan, sumber daya, riset, inovasi, dan kerjasama yang relevan dengan asal Tendik pengusul.
  6. Penelitian Kajian Kebijakan : Skema penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan solusi terhadap permasalahan yang dipandang penting dan mendesak untuk mendukung kinerja unit-unit kerja di lingkungan ITS, melalui kajian akademik yang kuat dalam menetapkan kebijakan strategis

 

Untuk menjadi peneliti dana lokal ITS, Dosen/Peneliti harus mempunyai akun di SIMPEL ITS. SIMPEL ITS merupakan sistem informasi yang di bangun oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) untuk mempermudah menyampaikan informasi tentang kegiatan peneliti, baik yang berbentuk penelitian maupun pengabdian masyarakat, mulai dari proses pendaftaran, seleksi, hingga laporan.

Berikut adalah beberapa Penelitian Dana Eksternal ITS, yaitu :

a. Dana penelitian dari Kemenristekdikti

Program Penelitian yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) untuk Dosen di Perguruan Tinggi meliputi 3 kategori yaitu Penelitian Kompetitif Nasional, Penelitian Desentralisasi, dan Penelitian Penugasan.

b. Insentif riset Insinas dari Kemenristekdikti
c. Dana riset dari kementrian yang lain
d. LPDP
e. USAID, AUSAID, JICA, ILO, Toray Foundation, L’Oreal, dan sumber luar negeri yang lain.
f. KNIU-Kemendikbud
g. Sumber lain