DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
16 Mei 2021, 10:05

Webinar Metode Pembelajaran The HyFlex Model bersama Blackboard

Oleh : ernis | | Source : -

Pada hari Kamis, 15 April 2021, beberapa team DPTSI mendapat kesempatan untuk menghadiri webinar pengenalan The HyFlex Model. Pada kesempatan tersebut Nick Benwell dari Blackboard APAC memberikan sharing mengenai penjelasan metode The HyFlex Model, di mana metode ini merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan face to face dan online untuk menghadapi tahun ajaran baru di tahun 2021.

Berikut ini adalah informasi mengenai webinar HyFlex Model disupport oleh Blackboard APAC. Adaptasi terhadap perubahan metode pembelajaran dengan sangat cepat. Ketika kelas harus sepenuhnya online, institusi pendidikan beserta tenaga pengajar, staf I.T, dan administrator sistem bekerja tanpa lelah untuk memberikan metode pembelajaran alternatif bagi siswa. Hal ini dilakukan untuk memastikan siswa dapat melanjutkan studi mereka, meskipun dari rumah mereka.

Saat ini dengan melihat kondisi pandemik Indonesia yang sudah membaik, di mana beberapa siswa mulai kembali untuk masuk ke metode pembelajaran tatap muka di kelas, institusi pendidikan ataupun tenaga pengajar mendapatkan tekanan untuk dapat memberikan kombinasi pembelajaran secara daring dan tatap muka. Metode pembelajaran HyFlex memberikan level flexibilitas baru untuk blended learning, di mana metode pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat memilih apakah mereka dapat menghadiri pembelajaran secara daring, menghadiri kelas untuk tatap muka, ataupun keduanya.

 

Adapun harapan yang dapat dicapai melalui metode pembelajaran HyFlex dibagi menjadi 3 point pertimbangan sebagai berikut :

  • Tingkat pengetahuan teknis yang dibutuhkan
  • Tingkat keterlibatan siswa yang diinginkan
  • Berbagai jenis pelajaran yang dapat disampaikan

Berita Terkait