DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
20 Juli 2020, 07:07

UTBK-SBMPTN Gelombang II ITS 2020

Oleh : ernis | | Source : -

UTBK-SBMPTN Gelombang II diselenggarakan serentak mulai tanggal 20-23 Juli 2020 dan 25 Juli 2020. UTBK-SBMPTN di ITS dilaksanakan selama 5 hari, yaitu pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu.

Protokol kesehatan masih tetap dijalankan selama pelaksanaan ujian. Peserta masih diwajibkan untuk mengenakan masker, memakai sarung tangan dan faceshield selama melaksanakan ujian, dan membawa kelengkapan data seperti kartu peserta dan ijazah/fotocopy ijazah.

Waktu pelaksanaan UTBK dalam sehari dibagi menjadi 2 sesi, sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.15 WIB. Pukul 09.00 peserta sudah diharuskan memasuki ruangan. Selanjutnya pengawas akan memeriksa satu persatu peserta mulai dari kelengkapan masker, sarung tangan, dan faceshield, hingga validasi data. Untuk menjalankan protokol kesehatan, peserta diminta berbaris dengan jarak minimal 1 meter, sesuai dengan urutan nomor meja peserta. Saat memasuki ruangan, peserta diminta untuk mengeluarkan ijazah/fotocopy ijazah dan kartu peserta untuk penyesuaian data, selain kedua barang tersebut, peserta diminta memasukkan barang bawaan lainnya ke dalam tas termasuk alat komunikasi maupun minuman, dan meletakkan tas di tempat yang telah diarahkan oleh petugas. Selama ujian berlangsung, peserta tidak diperbolehkan mengaktifkan alat komunikasi maupun meninggalkan ruangan, sehingga sebelum ujian dimulai, peserta masih diijinkan untuk pergi ke toilet.

Ujian pada sesi pagi dimulai pukul 09.30 WIB, sebelum login ke aplikasi ujian, pengawas akan terlebih dahulu memberikan arahan serta aturan yang perlu dipatuhi oleh peserta selama ujian berlangsung. Selama ujian berlangsung, terdapat admin ruang dan petugas PJL TIK di masing-masing ruangan yang akan siap menangani hal-hal teknis terkait aplikasi maupun pc. Terdapat pc cadangan juga yang dapat digunakan, apabila komputer yang digunakan oleh peserta terdapat gangguan.

Dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang II di ITS tidak begitu banyak gangguan teknis yang terjadi, sehingga peserta dapat melaksanakan kegiatan ujian dengan lancar.

Ujian pada sesi siang dimulai pukul 14.30 WIB, namun peserta sudah diminta untuk memasuki ruangan pada pukul 14.00 WIB. Sama seperti pada sesi lain, peserta akan diperiksa kelengkapannya sebelum memasuki ruangan. Sebelum duduk peserta akan diberikan tisu basah dengan hand sanitizer untuk mengelap bagian-bagian yang sering tersentuh oleh peserta sebelumnya, seperti meja, kursi, keyboard, maupun mouse. Hal ini dilakukan untuk keamanan peserta di tengah pandemik seperti saat ini.

Ketika ujian selesai, peserta akan diminta untuk keluar ruangan satu-persatu dimulai dari peserta yang paling dekat dengan pintu keluar untuk memberlakukan social distancing. Kegiatan ini dilakukan hingga UTBK hari terakhir.

Berita Terkait