DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
13 Juni 2020, 21:06

Tips Pengamanan Zoom untuk Admin/Host Webinar [Updated]

Oleh : ernis | | Source : -

Bapak/Ibu ysh.

Ada beberapa hal yang perlu kita pahami dalam menggunakan aplikasi Zoom, di antaranya bagaimana menjaga Keamanan Data saat atau sebelum melakukan Webinar. Terutama bagi Admin/Host Webinar hal ini merupakan persiapan penting yang harus dilakukan untuk menjaga informasi-informasi penting di dalamnya. Berikut merupakan Tips Pengamanan Zoom untuk Admin/Host Webinar:

  • Sebelum Webinar:
    1. Create dan Start Meeting dari myITS Classroom dilakukan dari akun yang sama.
    2. Selalu Enable Waiting Room (by Default : Yes untuk Akun ITS), dengan syarat peserta wajib menggunakan nama asli.
    3. Tidak membagi link Zoom langsung di poster publikasi. Gunakan fasilitas seperti Microsoft Form atau Google Forms dan kirim link via email beberapa jam sebelum webinar dimulai.
  • Saat Webinar:
    1. Pastikan akun Anda menjadi Host. Cek di Participants dan pastikan nama Anda menjadi “Host”.
    2. Disable fitur share screen bagi peserta.
    3. Make Co-Host panelis/pembicara saat akan memulai share screen atau presentasi. Dan Withdraw Co-Host Permissions sesaat setelah panelis/pembicara mengakhiri presentasi.
    4. Mute All Participants dan hilangkan centang pada allow participant to unmute themselves.
    5. Set beberapa panitia webinar untuk membantu sebagai Co-Host.
    6. Disable participant annotations.

 

Berita Terkait