DKPU

Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha

Kerjasama Profesional

Sarana Pendukung Kerjasama Profesional

DKPU-ITS bekerjasama dengan lembaga-lembaga Pusat Unggulan IPTEK (PUI), Pusat Kajian, dan Pusat Penelitian yang tersedia di ITS untuk memenuhi kebutuhan mitra dalam hal kerjasama profesional

Image

PUI-Sistem Kontrol Otomotif (SKO)

SKO memiliki layanan yang meliputi: fasilitas desain teknik dan reverse engineering, uji coba sistem kontrol dan sistem komputer mobil terintegrasi, peralatan uji mobil dan motor listrik konvensional hingga modern, composite fabrication, 3-D scanner serta 3-D photogravimetry

Image

Pusat Kajian

Terdapat 5 (Lima) Pusat Kajian yang merupakan unit dibawah DRPM yang melaksanakan dan mengelola kegiatan pengabdian kepada masyarakat ITS sesuai dengan bidang-bidang yang tertulis dalam Organisasi dan Tata Kerja ITS.

Image

Pusat Penelitian

Terdapat 10 (Sepuluh) Pusat Penelitian yang merupakan unit dibawah DRPM yang melaksanakan dan mengelola penelitian/riset ITS sesuai dengan bidang-bidang yang tertulis dalam Organisasi dan Tata Kerja ITS.

DKPU-ITS juga menyediakan sarana pendukung kerjasama profesional berupa laboratorium dan pusat pengujian untuk keperluan mitra, yang didukung dengan tenaga profesional dan terpercaya.

Image

Laboratorium Konstruksi dan Kekuatan Kapal

Laboratorium ini memegang peranan penting dalam penelitian konstruksi dan kekuatan kapal, terutama pengujian material yang akan digunakan dalam pembangunan kapal.

Image

Laboratorium Beton Material Maju dan Komputasi Mekanik

Laboratorium ini memiliki motto menekankan pada layanan untuk kepuasan pelanggan, dan untuk tujuan ke arah laboratorium standar internasional.

Image

Laboratorium Transportasi dan Material Jalan

Laboratorium ini dianugrahi sebagai laboratorium terbaik ke dua di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun 2007.

Image

Laboratorium Struktur

Laboratorium ini didukung oleh tenaga ahli dan teknisi yang memenuhi syarat dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup modern untuk memenuhi kebutuhan mitra.

Image

Laboratorium Mekanika Tanah

Laboratorium ini dianggap sebagai salah satu terbaik di Fasilitas untuk Laboratorium Mekanika Tanah di Indonesia Bagian Timur.

Image

Laboratorium Pengolahan Mineral dan Material

Didirikan pada tahun 2010, Laboratorium Pengolahan Mineral dan Material telah terlibat dalam penelitian dan pengembangan di beberapa bidang metalurgi ekstraktif

Image

Laboratorium Vibrasi dan Akustik

Laboratorium Vibrasi dan Akustik, Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember mempelajari fenomena suara dan getaran, termasuk pemrosesan pendengaran pada manusia dan penerapannya, seperti speech synthesis, noise mapping, analisa getaran, dan banyak lagi untuk industri dan kemanusiaan.

Image

Laboratorium Transportasi dan Geoteknik

Laboratorium ini terdiri dari laboratorium untuk uji bahan jalan dan uji tanah

Image

Laboratorium Material dan Struktur Gedung

Laboratorium ini memiliki 4 konsentrasi utama, yaitu: laboratorium beton, laboratorium kerja baja, laboratorium kerja kayu, dan laboratorium kerja batu

Informasi