News

Syukriatun Niamah Alumni Despro ITS Terima Apresiasi Women of The Year

Jum, 18 Agu 2023
1:17 pm
informasi
Share :
Oleh : Admin-Desain Produk Industri   |
Pandemi dalam dua tahun terakhir meninggalkan kisah dan trauma tersendiri yang nyatanya lebih dalam efeknya bagi perempuan, sehingga memperdalam ketimpangan yang sudah terjadi sebelumnya.
Beberapa survei dan data menunjukkan bahwa perempuan terdampak jauh lebih buruk dibandingkan laki-laki. Data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA) menyatakan, meskipun di tengah berbagai kesulitan, nyatanya peran perempuan tetap penting dalam pemulihan COVID-19. Dari sumber yang sama, didapatkan pernyataan dari PBB yang mengatakan bahwa perempuan merupakan tulang punggung dari proses pemulihan di dalam komunitas.
Sejalan dengan kondisi pemulihan ini, Her World Indonesia berhasil mengkurasi 10 sosok perempuan hebat yang tidak berhenti menginspirasi orang-orang di sekitarnya, dengan kembali menggelar Women of The Year 2022 (WOTY).
“Women Of The Year diselenggarakan secara rutin oleh Her World Indonesia dan Her World Singapura, untuk memberi apresiasi kepada para perempuan yang telah sukses mewujudkan cita-citanya dan karya mereka telah memberikan dampak baik bagi masyarakat,” kata Mita Soedarjo, selaku Editor in Chief Her World Indonesia.
Mita juga berharap acara ini bisa menjadi penyemangat untuk perempuan-perempuan lain untuk terpacu melakukan hal yang serupa. Semua perempuan hebat yang telah terpilih dari tahun demi tahun juga tergabung dalam komunitas WOTY.

Sosok perempuan penerima Women of The Year (WOTY) 2022

Berikut ini adalah 10 perempuan hebat yang berhasil dipilih sebagai Women Of The Year 2022:

1. Niniek Febriany

Niniek Febriany seorang arsitek asal Yogyakarta yang menjadi salah satu pendiri komunitas Book For Mountain. Book For Mountain adalah sebuah komunitas peduli pendidikan yang berfokus untuk mendirikan perpustakaan di pelosok-pelosok Indonesia.

2. Intan Anggita

Intan Anggita merupakan Co-Founder dari Setali Indonesia, sebuah perusahaan di bidang sosial yang mengusung semangat fashion berkelanjutan atau sustainable fashion.
Intan adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung, yang kemudian meraih gelar Master di bidang seni pertunjukan dari Institut Musik Daya Indonesia. Intan juga berhasil mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation Award pada tahun 2014 dari Menteri Peranan Wanita?-dulu namanya ini? kalau iya kasih keterangan bahwa sekarang berganti nama dan Menkominfo di bidang Arts and Culture.

3. Marthella Sirait

Marthella Sirait, Founder dari Konekin yang sebelumnya telah meraih penghargaan People and Inspiration Awards 2022 dari Berita Satu. Marthella merupakan lulusan University of Birmingham jurusan Social Policy dan pernah menjadi Disability Specialist di BAPPENAS dalam penyusunan UU Disabilitas Pasal 8 Tahun 2016 sekaligus mengkaji Rencana Aksi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia.

4. Syukriatun Niamah

Syukriatun Niamah, Founder dari Robries. Robries merupakan perusahaan yang berfokus pada pengelolaan limbah sampah (upcycle) yang kemudian diubah menjadi furnitur. Niam terinspirasi dari negara-negara maju lainnya seperti Italia, Belanda, Jerman, dan Australia, yang sudah lebih peduli akan isu limbah sampah.

5. Sharlini Eriza Putri

Sharlini Eriza Putri sebagai Co-Founder dari Nusantics, di mana Nusantara Genetics (Nusantics) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang bioteknologi yang berfokus pada teknologi genome (genome adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki oleh suatu sel atau organisme). Sharlini Eriza Putri yang merupakan lulusan Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung juga menghasilkan produk yang bernama Bio Saliva bersama Nusantics dan Bio Farma. Bio Saliva merupakan alat test kit PCR yang menggunakan air liur yang dihasilkan dari penggunaan obat kumur, yang nantinya akan diperiksa di laboratorium.

6. Yura Yunita

Yura Yunita merupakan seorang penyanyi yang memiliki beberapa lagu yang berhasil menjadi hit di berbagai radio Indonesia, yang pada tahun 2021 lalu merilis album terbarunya yaitu “Tutur Batin”. “Tutur Batin” mengisahkan tentang proses perjalanan batin, penyembuhan, dan penerimaan diri yang telah dijalani Yura selama tiga tahun terakhir. Beberapa video klipnya berhasil membangun percakapan seputar pentingnya kesehatan mental.

7. Kamila Andini

Kamila Andini adalah seorang sutradara yang mengawali kariernya di tahun 2002. Kamila Andini berhasil menyutradarai film “Laut Bercermin” karyanya meraih penghargaan sebagai Film Cerita Anak-Anak terbaik di ajang Asia Pacific Screen Awards Australia dan mendapatkan tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia 2011.
Film lainnya yang berhasil memenangkan penghargaan adalah Yuni. Yuni berhasil menjadi pemenang Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021. Film dari kawasan Asia Tenggara pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Sosok perempuan juga menjadi salah satu fokus bagi Kamila Andini yang terus berprestasi di dunia film.

8. Martcellia Liunic

Martcellia Liunic, yang merupakan lulusan LaSalle College Jakarta, yang memiliki profesi sebagai Illustrator dan Art Director. Karya yang dihasilkan Cella identik dengan binatang, tumbuhan, makhluk hidup, hingga berbagai bentuk lainnya dengan menggunakan warna-warna yang cerah. Sebagai Illustrator dan Art Director, Cella telah berhasil mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan beberapa merek ternama seperti Dove dan H&M.

9. Aryenda Atma

Aryenda Atma sebagai Founder dari Pable. Pable adalah perusahaan pengolah limbah tekstil yang hadir sejak awal tahun 2020. Aryenda mendirikan Pable dengan harapan bisa menawarkan alternatif baru dalam memproduksi dan mengkonsumsi suatu produk. Pable mengolah limbah tekstil menjadikan benang daur ulang serta memprosesnya kembali menjadi barang baru seperti pouch, keset, serbet, karpet, dan alas piknik.

10. Lintang Kusuma Pratiwi

Lintang Kusuma Pratiwi adalah Co-Founder dari Elevarm, sebuah perusahaan start-up di bidang agrikultur untuk membawa perubahan di industri pertanian. Salah satu inovasi yang diluncurkan adalah aplikasi “Dr. Tania” sebagai solusi bagi petani. Lewat aplikasi ini, Lintang dan Elevarm berhasil menjangkau hampir 4000 petani di 257 kota di Indonesia. Jadi, itu tadi sosok-sosok perempuan penerima Women of The Year (WOTY) 2022, Ladies. Malam penganugerahan WOTY 2022 yang mengusung tema Enhance Your Potential. WOTY 2022 telah diselenggarakan di Ballroom Hotel Sultan Jakarta pada Rabu (26/10). Ajang ini juga menghadirkan para alumni WOTY.

Her World Indonesia WOTY 2022 didukung oleh UOB Lady’s Account, Klamby, Sultan Hotel & Residences, Hanna Glow, Avoskin, G-Shock, Wacoal, Nars, Esier, Nutriville, Houzcall, Party with Carla, AYANA Resort Bali, AYANA Komodo Resort Waecicu Beach, InterContinental Jakarta Pondok Indah, Mercure Hotel Gatot Subroto, Pullman Thamrin Jakarta, Raffles Hotel, Shangri-La Jakarta, dan Vasa Hotel.

Sumber: https://kumparan.com/kumparanwoman/10-perempuan-terima-apresiasi-women-of-the-year-ada-yura-yunita-and-kamila-andini-1zBIpclTGQH/full

Latest News

  • Susunan Acara Verifikasi Portofolio Calon Mahasiswa Departemen Desain Produk Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jalur Mandiri

    Berikut susunan acara Verifikasi Portofolio Calon Mahasiswa Departemen Desain Produk Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Institut Teknologi Sepuluh

    15 Jul 2024
  • Pemberitahuan Pengunduran Jadwal Penyerahan Nilai Semester Genap 2023/2024 dan Pembayaran UKT

    DOWNLOAD FILE Post Views: 74

    12 Jul 2024
  • Informasi Perpustakaan Departemen Desain Produk ITS lewat Website

    Post Views: 46

    10 Jul 2024