News

ITS Kembangkan Alat Deteksi Dini Covid-19 Melalui Batuk

Rab, 19 Jan 2022
9:25 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Desain Produk Industri   |

📆 Hari/Tanggal: Rabu, 19 Januari 2022
Surabaya, 18 Januari 2022
Melakukan deteksi dini terhadap pasien yang terinfeksi Covid-19 akan mampu memutus rantai penyebaran virus dengan cepat. Sadar akan hal ini, tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menginovasikan alat diagnosis kesehatan elBicare Cough Analyzer yang dapat melakukan pemetaan penyakit menular Covid-19 melalui batuk berdasarkan suara paru-paru.

Tim yang diketuai oleh Dr Dhany Arifianto ST MEng ini berhasil merancang alat kesehatan yang mampu mendeteksi penderita Covid-19 tanpa harus melakukan kontak langsung. Menurutnya, elBicare Cough Analyzer yang diimplementasikan di rumah sakit mampu memberikan perlindungan awal bagi tenaga kesehatan yang rentan tertular Covid-19 dari pasien. “Inovasi ini tak hanya dikembangkan untuk menangani pandemi saat ini, namun juga ditujukan untuk penyakit pernapasan yang menular lainnya,” ujar dosen Departemen Teknik Fisika ITS ini.

Dhany menjelaskan bahwa elBicare Cough Analyzer dilengkapi dengan mikrofon bersensor tipis dan kecil yang berguna untuk menangkap suara di sekitar alat. Suara yang masuk selanjutnya akan dianalisis, apakah termasuk suara batuk atau bukan oleh algoritma pada prosesor alat yang telah dirangkai tim peneliti. “Daya jangkau tangkapan suara oleh alat ini mencapai 10 meter,” tambah Kepala Pusat Penelitian Internet of Things dan Teknologi Pertahanan ITS ini.

 

Simak berita selengkapnya di its.ac.id/news

Latest News

  • Pelepasan Wisuda 126 Despro ITS

    24-25 September 2022 Pada tanggal 25 september kemarin adalah hari yang ditunggu dan dinanti oleh para mahasiswa yang sudah

    26 Sep 2022
  • Kunjungan Direktur Umum SDM dan Direktur BPJS Ketenagakerjaan Ke ITS

    Berlokasi di Gedung Pusat Robotika ITS, kunjungan kali ini dihadiri oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia SE MM,

    26 Sep 2022
  • Kunjungan SMA Trensains Ke Desain Produk ITS

    Post Views: 30

    13 Sep 2022