DESAIN SARANA BELAJAR ANAK USIA 6-9 TAHUN PENDERITA ADHD

Attention-Deficit / Hyperactiviy Disorder (ADHD) merupakan salah satu gangguan neurobiologi berupa ketidakmampuan memusatkan perhatian, mudah teralih, impulsif, dan hiperaktif. Anak dengan ADHD biasa bersifat agresif, penuh semangat, tidak dapat tenang, sulit diajar, dan tidak tahan lama atau susah fokus saat melakukan suatu aktivitas. Dengan ini anak ADHD membutuhkan perlakuan, penanganan khusus, serta sarana dan prasarana yang sesuai dengan anak penyandang ADHD. Salah satu sarana khusus yang terlihat signifikan dengan sarana normal lain yaitu bangku belajar yang dirancang untuk anak ADHD. Bangku belajar sendiri merupakan sarana yang perlu diperhatikan karena merupakan furniture yang sering berinteraksi dengan anak ADHD dalam jangka waktu yang lama. Pertimbangan baiknya suatu desain yaitu terpenuhinya kebutuhan yang dapat menyesuaikan kondisi pengguna. Untuk mendapatkan solusi dilakukan wawancara dengan ahli, calon pengguna berupa anak ADHD usia 6-9 tahun, studi tentang ADHD, active seating, fidgeting, ergonomi, warna, benchmarking terhadap eksisting, dan analisa pengguna.