BURB

BIRO UMUM DAN REFORMASI BIROKRASI
14 Oktober 2022, 08:10

MEMBANGUN TEAMWORK YANG SOLID DALAM MEMBERIKAN LAYANAN KEPADA CUSTOMER

Oleh : itsedo | | Source : -

Jum’at , 14 Oktober 2022 Pusat Layanan Terpadu BURB menyelenggarakan pelatihan softskill layanan prima dengan tema Perubahan Mindset Layanan di Era Digital yang bertempat di Samator Novotel Hotel & Resort Surabaya. Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan staf layanan administrasi dari unit pengelola yang terintegrasi dengan Pusat Layanan Terpadu antara lain Direktorat Pendidikan, Fakultas dan SIMT.

 

Pesan yang disampaikan oleh Kepala Biro Umum dan Reformasi Birokrasi yaitu bapak Drs. Ec., Murtriyono, M.Si pada waktu sambutan dan arahan bahwa kelancaran dalam memberikan layanan prima tidak lepas dari hasil kerja teamwork yang solid dan saling melengkapi yang ibaratnya rumah makan bahwa Pusat Layanan Terpadu adalah pelayan di depan sedangkan unit pengelola adalah juru masaknya. Jika rasa masakannya tidak sesuai dari ekpektasi pengunjung rumah makan maka yang berdampak mendapatkan komplin adalah pelayan yang didepan. Hal ini mengisyaratkan bahwa komunikasi, persamaan persepsi dan sinergi antar teamwork perlu dibangun dengan baik sehingga keinginan pengguna untuk kembali lagi kerumah makan tersebut dapat dilakukan karena mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan

Selain teamwork, perubahan midset layanan di era digital merupakan tema yang sangat menarik karena di masa transformasi digital perlu adanya perubahan budaya dan adaptasi baru bagi pengelola layanan. Menurut Bapak Dian Saputra, S.T., M.T selaku coach Sinergi Corpora Indonesia memberikan sharing ilmunya bahwa segala hal yang baru perlu adaptasi meskipun awalnya merasa kurang nyaman namun dikarenakan adanya kebutuhan pengguna yang semakin tinggi menuntut layanan yang cepat, tepat, efektif dan efisien maka kita harus mampu berubah. Memberikan contoh kasus seperti halnya Nokia yang telah tertinggal secara tidak sadar dengan semakin banyaknya kompetitor dalam bidang produk komunikasi.  Peserta mendapatkan banyak manfaat dari hasil  pelatihan  tersebut dengan harapan setelah mendapatkan pelatihan, produktivitas semakin meningkat dan bersinergi memberikan layanan yang tebaik bagi customer.

 

Berita Terkait