Departemen Fisika Konsisten Pertahankan Akreditasi A

image
Setelah mantap menjajakan kaki pada akreditasi tingkat Asean, AUN-QA, Departemen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak melupakan akreditasi nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tepat setelah lima tahun menggenggam akreditasi A, kali ini Fisika positif untuk kembali mendapat akreditasi A.

"Setelah kedatangan Assesor dari AUN-QA, jelang beberapa hari kami kedatangan Assesor dari BAN-PT," ungkap Dr Yono Hadi Pramono M Eng, Kepala Departemen Fisika. Sehingga bagi Yono, persiapan untuk memperbarui akreditasi BAN-PT bisa sekaligus masuk ke dalam persiapan akreditasi AUN-QA.


Kebetulan Assesor yang datang untuk akreditasi BAN-PT sudah pernah mengassesori Departemen Fisika untuk periode lalu, sehingga pekembangan yang terjadi di Fisika dapat terlihat jelas. "Kalau ada nilai A+ sudah saya beri A+," ungkap Yono menirukan salah satu Assesor.

Untuk areditasi BAN-PT dari program sarjana hingga masternya, Fisika telah memegang akreditasi A. "Sebenarnya yang paling penting akreditasi S1, untuk S2 dan S3 bisa menyesuaikan," ungkap Yono sumringah.

Dirinya menekankan bahwa pentingnya akreditasi departemen akan kembali kepada mahasiswa baik saat mencari pekerjaan maupun saat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. "Semua mahasiswa harus menyadari pentingnya akreditasi dan pada akhirnya saling bekerja sama," ujar alumni Fisika ITS tersebut.

Di akhir wawancara, Yono berharap agar Fisika ITS terus konsisten untuk mempertahankan akreditasi triple A-nya. "Kami optimis bahwa Departemen Fisika tidak kalah dengan departemen lain yang ada di ITS," pungkasnya. (id/hil)