Tingkatkan Persiapan, Tim PKM ITS Ikuti Monev

image
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ITS yang terdanai, hari ini tengah mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) eksternal dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Monev tersebut berlangsung dua hari terhitung sejak Rabu (12/7) di Grha Sepuluh Nopember.

Pada monev kali ini, tim kawal PKM ITS membagi keseluruhan tim menjadi empat kelas dengan masing-masing kelas diisi oleh dua reviewer. Reviewer tersebut terdiri dari internal yang berasal dari ITS dan eksternal, dari kampus lain.


"Reviewer internal antara lain Dr Ing Doty Dewi Risanti ST MT, Widyaastuti, S Si, Dr Dra Ismaini Zain M Si dan Endarko M Si P hd. Sedangkan reviewer eksternal berasal dari UPN Jatim, ITB, Universitas Brawijaya dan LIPI," ujar Mohammad Rizal Afif, Plt Tim Kawal PKM ITS 2017 

Afif, Sapaannya menjelaskan, ada 219 tim yang akan mengikuti monev dua hari ini. 187 tim merupakan tim ITS dan 32 tim lainnya adalah tim dari PPNS dan Stikom Surabaya. Hari pertama terdiri dari 120 tim yang akan maju untuk presentasi sedangkan sisa tim lainnya akan maju pada hari Kamis. Monev sendiri diadakan sejak pagi hingga pukul 20.00 WIB. 

Kepada ITS Online, Afif mengatakan terdapat perbedaan pada gelaran Monev tahun ini. "Terlihat dari jadwal monev yang dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pagi, siang dan sore. Hal ini untuk mempermudah dan memperlancar jalannya presentasi tiap tim. Pembagian ini juga mempermudah dalam mengecek kesiapan tim," jelas mahasiswa Departemen Teknik Material dan Metalurgi tersebut. 

Diakui Afif, hampir semua tim ITS beserta para pembimbingnya antusias mengikuti monev hari pertama. "Saya lihat dosen tahun ini lebih banyak yang menyempatkan diri untuk menghadiri monev dan tampak antusias. Adanya pendampingan dosen ini termasuk salah satu penilaian dari Dikti," ucap mahasiswa angkatan 2015 tersebut.

Meskipun acara monev terbilang cukup lancar, Afif dan tim kawal merasa masih memiliki sedikit kendala dalam hal penjadwalan. " Masih banyak jadwal presentasi yang sedikit mundur dari waktu seharusnya namun masih bisa diatasi oleh panitia,"ujarnya. 

Kegiatan monev ini menunjukkan bahwa kesiapan ITS menuju Pimnas ke-30 tinggal selangkah lagi. "Setelah kegiatan ini berakhir, tidak ada lagi pemantauan pada tim PKM. Mereka tinggal menunggu hasil pengumuman untuk mengetahui tim mana saja yang berhak berangkat menuju gelaran Pimnas. Prediksi ITS sendiri, pengumuman pimnas kemungkinan jatuh pada minggu kedua bulan Agustus," pungkas Afif. (jel/hil)